Benturan Budaya Lokal dengan Budaya Luar Tidak dapat Dihindari

Pengaruh budaya luar sangat terasa dalam kehidupan. Benturan budaya tidak terelakkan. Internet, Facebook, Twitter, Blackberry, handphone, dan berbagai produk dari budaya luar misalnya telah mewarnai kehidupan kita.

Masih ada buku, mass media asing atau interaksi langsung dengan orang Barat. Informasi terbuka dan sulit membendung nilai-nilai dari budaya luar. Apakah itu nilai yang baik seperti kebebebasan berpikir ataupun nilai yang buruk seperti film porno- ini bersentuhan dengan kehidupan kita.

Di dalam negeri sendiri budaya lokal bersentuhan dengan budaya lokal lainnya. Mahasiswa yang pindah dari satu daerah ke daerah lain atau dari kota yang satu ke kota lain membawa nilai-nilai budaya lokalnya. Ia harus menghadapi budaya yang ditemui di daerah atau kota yang baru.

Pertemuan antara dua atau beberapa budaya akan menghasilkan benturan budaya. Benturan tidak selalu dalam bentuk phisik. Ada benturan nilai, yang bisa berbuntut benturan phisik.

Bagaimana putra-putri Indonesia menghadapi hal ni? Apakah Anda lari atau menutup diri seolah-olah pengaruh budaya luar ini tidak ada? Ataukah Anda berdiam diri dan merelakan budaya lokal kita hanyut?

Bagaimanapun, Anda dan saya harus waspada terhadap nilai-nilai dari budaya luar. Anda dan saya perlu menilai budaya yang masuk ke dalam masyarakat; nilai-nilai manakah yang harus diambil dan nilai mana yang harus ditolak.

Anda juga harus lapang dada bila nilai-nilai dari budaya yang tinggi memenangkan pertarungan. Anda atau saya sendiri mungkin akan meninggalkan nilai-nilai budaya lokal dan merangkul nilai-nilai budaya luar yang dianggap lebih baik.

Hadirnya Aula Simfonia Jakarta, Concert Hall yang bertaraf internasional di Kemayoran, Jakarta adalah contoh benturan budaya. Concert Hall ini sudah menggairahkan dunia seni, khususnya musik klasik.

Bangsa kita, khususnya penduduk yang tingggal di Jakarta sekarang bisa menikmati pagelaran musik klasik di Concert Hall setiap bulan. Anda tidak perlu pergi ke luar negeri untuk bisa menikmati keindahan karya-karya klasik seperti karya Johan Sebastian Bach, Mozart, Beethoven, Strauss, Mendellson, dan komposer besar lainnya. Keindahan musik-musik klasik tidak dapat ditolak. Ini menjadi tantangan bagi penggemar musik-musik tradisionil. Minat terhadap musik tradisional bisa menurun di masa-masa mendatang.

Itulah salah satu dampak positif kehadiran budaya luar dalam kehidupan kita. Ada benturan budaya. Nilai-nilai budaya yang lebih tinggi makin dikenal.

Eksistensi kemanusiaan kita memang dirancang untuk mengagumi hal-hal yang bermutu dan indah. Apresiasi terhadap hal-hal yang baik dan menawan tidak akan tergusur dari diri manusia.

Begitu juga dengan nilai-nilai lain seperti bekerja keras, menghargai waktu, bekerja secara rasional dan sitematis dan bekerja efisien yang
datang dari budaya luar- ini semua dirindukan oleh masyarakat.

Sebaliknya, nilai-nilai ini berbenturan dengan etos kerja yang disodorkan budaya-budaya lokal. Ini memang bisa menggugah hati sanubari kita; apakah kita akan menolak nilai-nilai yang baik dari budaya luar?

Renungan:

  • Nilai-nilai budaya lokal manakah yang masih kita miliki?
  • Bagaimana budaya lokal bisa bertahan di tengah-tengah hadirnya budaya luar seperti budaya Barat, Cina atau India?

Bila Anda membutuhkan pelatihan tentang Corporate Culture di organisasi Anda, silahkan menghubungi kami di 0813-1141-8800 atau 021-290-66777

Link Terkait

Mengenal Unsur Budaya

Benturan Budaya Lokal dan Budaya Luar Tidak Dapat Dihindari

Bagaimana Masa Depan Budaya Lokal dalam Dinamika Perubahan
Zaman?

Bagaimana Menilai Budaya Lokal?

Memutus Tradisi Berumur 800-Tahun

Berakhirnya Tradisi Ribuan-Tahun

Training: Reshaping your Corporate Culture

Pagelaran Musik Klasik di Aula Simfonia Jakarta

Etika Menonton di Aula Simfonia Jakarta


Copyright 2009-2016 putra-putri-indonesia.com


Berlangganan
Putra-Putri-Indonesia.com (Free)

Enter Your E-mail Address
Enter Your First Name (optional)
Then

Don't worry — your e-mail address is totally secure.
I promise to use it only to send you Putra-Putri-Indonesia.com.