Seminar Berpikir Sistematis
untuk Professional

 "Thinking with Six Hats"

Apa itu berpikir sistematis? Secara umum, Anda berpikir secara holistik. Anda melihat sesuatu dari berbagai sudut dan menemukan hubungan antara bagian yang satu dengan lainnya. Bisa juga dikatakan bahwa berpikir holistik (sistematis), Anda memulai dengan metode yang rasional dan mengikuti tahap demi tahap langkah yang telah ditetapkan. Ibarat mengikuti SOP (Standard Operating Procedure), Anda mengikuti langkah demi langkah sampai Anda mencapai langkah terakhir.

Dalam pemecahan masalah, tidak semua permasalahan harus dipecahkan dengan berpikir holistik (sistematis). Persoalan-persoalan sederhana yang hanya membutuhkan beberapa langkah tindakan tidak membutuhkan pemecahan yang sistematis. Ada juga masalah yang membutuhkan lebih banyak langkah (tindakan), tetapi tidak harus memerlukan metode pemecahan yang sistemik. Bisa saja permasalahan muncul karena prosedur yang sedang berlaku tidak lagi relevan. Dengan membuat perubahan minor pada 'Standard Operating Procedure (SOP)', persoalan tersebut sudah dapat dipecahkan dengan mengikuti SOP yang baru.

"Pemecahan masalah berskala besar pantas menggunakan metode berpikir sitematis."

Namun, kalau ada persoalan yang besar dan persoalan itu berdampak pada keseluruhan organisasi misalnya- ini membutuhkan metode berpikir holistik. Pemecahan yang bersifat analitis tidak cukup. Ibarat Anda mau menggali sumur dan Anda tidak menemukan air yang bagus, Anda mencoba menggali di tempat lain. Ini disebut berpikir lateral. Bila Anda terus menggali di lobang yang sama, ini sering disebut berpikir vertikal. Jadi, bila Anda mau berpikir sistematis, pada prinsipnya Anda menerapkan metode berpikir lateral. Anda memecahkan masalah dengan cara yang berbeda, bukan dengan teknik yang sama. Anda mencoba cara baru untuk memecahkan masalah-masalah yang sistemik.

Solusi permasalahan yang membutuhkan metode sistematis umumnya memperhatikan ide awal dari sebuah ruang lingkup permasalahan, apa tujuan awal dari pendirian organisasi yang ada, bagaimana bagian-bagian dari organisasi itu berkaitan dengan ide awal tersebut, bagaimana struktur organisasi didisain untuk mencapai sasaran organisasi, budaya perusahaan seperti apa yang diharapkan untuk mencapai sasaran organisasi dan sarana dan prasarana apa yang harus dimiliki perusahaan agar tetap dapat berkompetisi dengan perusahaan lain pada bisnis yang sama. Menjawab isu-isu seperti ini dibutuhkan proses berpikir sistemik.

"Berpikir sistematis berarti Anda mencoba berpikir dengan cara baru untuk memecahkan masalah yang Anda hadapi. Anda melihat masalah dari berbagai sudut." 

Dalam konteks organisasi, berpikir holistik berarti mengumpulkan informasi tentang organisasi sebanyak mungkin, khususnya informasi yang berkaitan dengan masalah organisasi. Dengan terkumpulnya informasi-informasi mengenai organisasi tersebut, dicarilah pendekatan baru untuk memecahkan masalah. Dengan kata lain, metode berpikir lateral diterapkan untuk menemukan opsi solusi pemecahan masalah.

Salah satu metode untuk berpikir sistematis adalah dengan memakai "Six Hats."

Salah satu pelatihan yang dapat membantu Anda untuk memecahkan masalah dengan metode sistematis adalah pelatihan Thinking with Six Hats. Metode ini ditemukan oleh Edward de Bono dengan judul Six Thinking Hats.  Dengan metode ini, Anda berlatih memikirkan solusi baru dengan metode yang tidak biasa Anda lakukan. Dan yang membuat metode ini menarik, adalah bahwa Anda berpikir setahap demi setahap tanpa banyak melewati perdebatan. Selain itu, Anda  menghemat banyak waktu untuk menemukan solusi permasalahan organisasi Anda tanpa harus menguras banyak energi.

Bila Anda ingin mendapatkan informasi lebih banyak tentang pelatihan Thinking with Six hat, silahkan menghubungi kami di

0813-1141-8800 atau 0813-1122-1148
atau menghubungi kami via email di

info@business-excellence-luminance.co.id

Dari Seminar Berpikir Sistematis ke Jadwal Training



Copyright 2009-2016 putra-putri-indonesia.com


Berlangganan
Putra-Putri-Indonesia.com (Free)

Enter Your E-mail Address
Enter Your First Name (optional)
Then

Don't worry — your e-mail address is totally secure.
I promise to use it only to send you Putra-Putri-Indonesia.com.


Kontak

0813-1141-8800
0813-1122-1148

PIN BB: 550778a9


JADWAL SEMINAR

Habits of the Mind

Thinking with Six Hats

Effective Leadership & Corporate Culture

Business Ethics & Decision Making