Memperbaiki Citra Diri: Langkah-Langkah Praktis

Sekalipun tidak begitu penting, citra diri perlu dijaga.

Beberapa langkah praktis untuk mengangkat harga diri telah saya sajikan pada topik lain. Namun, harga diri adalah sesuatu yang ada di dalam diri, yang tidak dapat dilihat orang lain.

Yang dapat dilihat atau diperhatikan orang lain dari diri kita adalah kata-kata, tindakan dan penampilan kita sehari-hari.

Bila kata dan tindakan merupakan pancaran dari diri yang sesungguhnya, penampilan kita, sekalipun tidak mutlak, bisa juga memberikan gambaran tentang diri kita.

Ada kaitan antara yang di dalam dan di luar. Jadi, ada baiknya citra diri (imej) mendapat perhatian kita juga.

Berikut adalah tips untuk memperbaiki imej Anda di depan orang lain.

Pertama, peliharalah tubuh Anda. Entah apa yang melatar-belakangi seseorang merusaki tubuhnya. Tatto dibuat di tubuh- tangan, dada, punggung, leher dan bagian-bagian tubuh yang lain- dengan berbagai tampilan mulai dari bentuk yang sopan seperti bentuk hati sampai ke bentuk yang menyeramkan seperti ular atau kalajengking.

Lihat misalnya para pemain sepak bola professional di Eropah. Hampir setiap pemain memiliki tatto. Saya menyarankan agar Anda tidak mengikuti gaya hidup seperti ini. Bayi yang baru lahir memiliki tubuh yang relatif bersih. Kulitnya mulus tanpa tatto.

Peliharalah tubuh Anda dan jagalah agar tidak ada tatto di tubuh Anda.

Kedua, bersihkanlah mulut Anda. Noda-noda kuning di gigi dan bau mulut bisa merusak imej diri Anda. Bau mulut yang tidak sedap membuat orang lain menjaga jarak dengan Anda.

Gosoklah gigi Anda tiap hari. Pergilah ke dokter gigi secara teratur agar noda-noda kuning atau noda berwarna lain disingkirkan dari gigi Anda. Bila merasa perlu, Anda bisa mengkonsumsi permin yang bisa menyegarkan bau mulut Anda.

Anda sebagai suami atau isteri sebaiknya memberi nasihat kepada pasangannya kalau ada indikasi bau mulut yang tidka sedap atau muncul noda-noda kuning di gigi; orang lain yang sungkan memberikan nasihat karena itu bisa menggangu perasaan yang dinasihati.

Ketiga, perhatikan apa yang Anda makan. Ada perkataan, 'Anda adalah apa yang Anda makan.' Walaupun perkataan ini tidak sepenuhnya benar, tapi perkataan ini memberikan satu pengertian bahwa makanan bisa mempengaruhi tubuh dan kondisi tubuh bisa mempengaruhi citra diri.

Bila Anda mengkonsumsi makanan yang baik, tubuh Anda bisa sehat dan itu bisa terlihat dari wajah Anda. Bila Anda mengkonsumsi makanan yang tidak baik seperti lemak berlebihan misalnya, tubuh Anda bisa gemuk. Tampilan diri Anda bisa kurang menarik.

Selain itu, makanan yang tidak baik, dalam kurun waktu yang panjang, bisa mengakibatkan penyakit yang mengganggu kesehatan Anda. Oleh karena itu perhatikanlah apa yang Anda makan.

Keempat, perhatikanlah bagaimana Anda makan. Apakah Anda makan di rumah atau di restoran, milikilah tata cara makan yang baik. Ini bisa memperbaiki citra diri Anda.

Anda bisa mencontoh tata cara makan di restoran atau di hotel untuk Anda terapkan di rumah. Di restoran atau hotel, alas piring, gelas, sendok makan, sendok garpu, sendok sup, pisau dan lap tangan diletakkan sedemikian rupa. Di toko buku, selalu ada buku yang menyajikan tata cara makan. Belilah satu buku untuk menolong Anda memahami etika pada waktu makan.

Kelima, berpakaianlah dengan rapi dan pantas ke pertemuan yang Anda ikuti. Bila Anda ke pesta, pakailah pakaian pesta. Bila Anda pergi menonton pagelaran musik klasik, pakailah pakaian yang pantas ke konser hall. Bila Anda ke pertemuan yang tidak resmi, pakailah pakaian yang tidak resmi, tetapi usahakanlah tetap rapi.

Perhatikanlah agar pakaian Anda tidak lusuh atau warna pakaian Anda tidak berubah banyak. Sedapat mungkin, usahakanlah agar warna pakaian baju dengan celana atau rok Anda 'matching'. Namun, hindarilah pengeluaran yang berlebihan untuk membeli pakaian demi menjaga citra diri Anda.

Keenam, tatalah rumah Anda dengan baik. Benahilah rumah Anda. Catlah rumah Anda secara teratur sehingga tampilan rumah Anda tetap baik dan sekaligus menjaga rumah Anda agar tetap kelihatan menarik.

Letakkanlah lukisan atau gambar pada tempatnya sehingga rumah Anda tetap menarik buat orang yang berkunjung. Bila Anda punya taman, tatalah agar tanaman diletakkan mengikuti nilai-nilai keindahan. Anda bisa menggunakan jasa ahli taman untuk mengatur taman Anda. Bila Anda tidak
mau mengeluarkan uang untuk membayar ahli taman, Anda bisa mengatur taman Anda sendiri.

Semoga tips ini berguna buat Anda untuk memperbaiki citra diri Anda.

Link Terkait

Mengenal Diri: Langkah Awal Pengembangan Diri

Manusia Terdiri dari Tubuh dan Jiwa

Nilai Diri Anda Kekal

Harga Diri Harus Diperjuangkan

Tips Mengangkat Harga Diri


Memperbaiki Citra Diri: Langkah-Langkah Praktis

Asal-Usul Orang Indonesia

Dicari Pribadi yang Berintegritas di Republik Ini

Liang Kubur: Tempat Terakhir Perjalanan Sejarah Hidup Kita



Copyright 2009-2016 putra-putri-indonesia.com


Berlangganan
Putra-Putri-Indonesia.com (Free)

Enter Your E-mail Address
Enter Your First Name (optional)
Then

Don't worry — your e-mail address is totally secure.
I promise to use it only to send you Putra-Putri-Indonesia.com.

SEMINAR

Habits of the Mind

Thinking with Six Hats

Corporate Culture & Performance

KONTAK SEMINAR

0813-1141-8800  021-8430-3041