Apa Dampak Stress terhadap Tubuh?

Dampak Stress

Sudah tentu Anda dan saya stress. Tingkat stress-nya berbeda-beda, tergantung kepada persoalan yang kita hadapi masing-masing. Bila Anda sedang menghadapi masalah yang cukup serius seperti suami/isteri mau cerai, selingkuh- ini bisa menimbulkan stress besar. Pikiran Anda bisa tersita banyak untuk memikirkannya.

Dampak Stress, Pertama, adalah di Otak

Ada relasi yang dekat antara pikiran dan tubuh dan keduanya tidak dapat dipisahkan. Seluruh proses yang terjadi dalam pikiran bermuara ke suatu tempat. Anda tahu ke mana ia pergi? Tidak ada tempat lain selain tubuh dan yang pertama kali diserang adalah otak. Otak dan bagian tubuh yang lain akan menerima dampak dari apapun yang terjadi dalam pikiran.
 
Ketika Anda stress, marah besar, mengeluh yang tak kunjung berhenti, atau hampir putus asa akibat berpikir negatif yang ekstrim, otak akan mengeluarkan hormon noradrenalin, yang menurut para ahli merupakan hormon yang daya rusaknya satu level di bawah bisa ular. Anda tahu bagaimana daya rusak bisa ular; sangat mematikan. 

"Ketika Anda stress, marah besar, mengeluh yang tak kunjung berhenti, atau hampir putus asa akibat berpikir negatif yang ekstrim, otak akan mengeluarkan hormon noradrenalin, yang menurut para ahli merupakan hormon yang daya rusaknya satu level di bawah bisa ular. ......

Bila otak mengeluarkan hormon noradrenalin begitu banyak, ini akan disebarkan ke seluruh tubuh termasuk ke wajah. Wajah akan kelihatan masam,  murung atau makin lama akan kelihatan makin tua. Bila ini terus-menerus terjadi dalam tubuh, sudah dapat dipastikan bahwa tubuh lama-kelamaan akan lemah. Sistem kekebalan tubuh menurun dan  akan mudah diserang penyakit.

Bukan hanya itu saja, sel-sel akan banyak mati dan kita bisa lebih cepat masuk ke liang kubur. Jadi bila Anda membiarkan diri Anda stress terus menerus, berpikir negatif dan tidak melakukan apa-apa terhadap masalah Anda, ini akan berakibat pada tubuh Anda. Anda mudah terserang penyakit dan pada titik ekstrimnya, Anda akan cepat mati. Anda tentu tidak mau dan kalaupun mau, Anda belum tentu siap, bukan?

Apa Solusinya?

Oleh karena itu, bila Anda mengalami stress yang tidak normal, cobalah Anda pikirkan kembali apa yang membuat Anda stress. Tuliskan masalah Anda dan apa subtansi permasalahan Anda. Apakah itu masalah keluarga, uang atau pekerjaan? Anda harus mengidentifikasi permasalahan sebelum Anda memikirkan solusi-solusinya. Anda tidak bisa terus menerus berpikir seperti 'kenapa ini terjadi, mengapa saya membuat kesalahan ini dan itu atau seandainya ini tidak saya lakukan, ini tidak akan terjadi.' Anda tidak dapat mengulang peristiwa yang sudah terjadi. It's gone forever. Yang dapat Anda lakukan adalah bangkit, berdiri tegak dan memikirkan kembali jalan hidup Anda berikutnya.

Ambillah pelajaran dari pengalaman-pengalaman pahit Anda. Selalu ada hikmah dari peristiwa-peristiwa yang lampau yang membuat Anda stress, yang bisa jadi bekal bagi perjalanan hidup Anda selanjutnya.

Tetaplah Anda bersabar sebab semuanya toh akan berlalu. Dan apabila Anda punya pengharapan yang teguh akan kehidupan yang akan datang, Anda seharusnya tidak perlu kuatir. Toh hidup di dunia ini hanyalah sementara. Ibarat orang yang sedang 'camping' di gunung, tinggal di dunia ini hanya beberapa puluh tahun saja. Setelah itu, Anda akan masuk ke dunia yang sama sekali baru. Ada yang menyebutnya 'nirwana.' Ada yang menyebutnya, 'life after death.'(JM)


SEMINAR: HABITS OF THE MIND
08.00-17.00; Jakarta, Surabaya & Yogyakarta
0813-1141-8800 (WA); 0813-1122-1148
nfo@business-excellence-luminance.co.id


LINK YANG RELEVAN

Tips Mencegah Stress yang Berlebihan

Apa Tujuan Hidup Anda?

Dari Dampak Stress terhadap Tubuh ke Halaman Depan



Copyright 2009-2017 putra-putri-indonesia.com


Berlangganan
Putra-Putri-Indonesia.com (Free)

Enter Your E-mail Address
Enter Your First Name (optional)
Then

Don't worry — your e-mail address is totally secure.
I promise to use it only to send you Putra-Putri-Indonesia.com.

KONTAK
0813-1141-8800
0813-1122-1144

JADWAL SEMINAR

Mental Revolution

Start Your Own Business

Corporate Culture Transformation


KURSUS JAHIT CIBUBUR

0813-1144-9940


Bagaimana Pola Pikir Berubah?