Bagaimana Mengelola Dana Pesangon Anda?

Dana Pesangon

Seorang Ibu teman sekerja saya tiba-tiba menelepon saya. Dia meminta mau meminjam uang. Terus saya tanya, "Bukankah Ibu baru dapat pesangon?" Ibu itu mengatakan kepada saya bahwa ia ditipu oleh orang yang mengaku yang dapat menggandakan pesangonnya. Ia pun menginvestasikan uang pesangonnya di badan investasi tersebut. Tidak lama kemudian, uang itu ludes. Akhirnya, ibu itu harus meminjam uang untuk kebutuhannya.

Itu baru satu kasus bagaimana uang pesangon bisa lenyap dalam waktu seketika. Di luar sana banyak yang menjual tawaran investasi dan sering sulit mengenal apakah mereka bisa dipercaya. Anda diberi iming-iming bahwa uang Anda akan diinvestasikan dengan aman dengan hasil yang  menarik. Anda bisa tergiur dan melupakan prinsip-prinsip mendasar dalam  berinvestasi. Bila Anda tidak hati-hati, Anda bisa tertipu. 

Nasihat saya, jangan mudah tergoda dengan buaian hasil investasi yang ditawarkan. Kita mudah larut dalam impian. Lagi pula, ada faktor psikologis kalau ada banyak uang di tangan. Selama ini kita mempunyai uang hanya cukup untuk membiayai kebutuhan kita setiap bulan. Kita mungkin bisa menabung, tetapi tidak banyak kecuali kita punya usaha-usaha sampingan yang wah. Ketika kita mendapat pesangon, kita mendapat uang puluhan, ratusan juta bahkan miliaran rupiah. Kita bisa kaget dan bisa bingung; mau diapakan uang sebanyak itu. 

Sebagian Dana Pesangon Diinvestasikan

Kami memang memberi tawaran investasi. Kami memilih proyek atau usaha yang aman. Kami berusaha agar proyek-proyek yang kami tawarkan kepada calon investor adalah proyek-proyek yang riil dan aman. Proyek atau usaha kami inspeksi. Kami melakukan 'due diligence' dengan ketat. Kami meng-interview pemilik usaha (proyek) dan memeriksa laporan keuangan dan rekening koran usaha. Hutang-hutang mereka juga kami periksa. Jadi, proyek-proyek yang kami tawarkan kepada calon investor adalah proyek-proyek yang riil, bukan fiktif.

Kalau hasil inspeksi (due diligence) tidak meyakinkan, kami tidak akan menawarkannya kepada calon investor. Lagi pula, Anda tetap bisa mengajukan pertanyaan-pertanyaan bila Anda berminat pada tawaran investasi kami. Anda bebas bertanya tentang proyek atau usaha yang akan dikerjakan. Jadi, Anda bisa mendapatkan informasi sebanyak mungkin sebelum Anda membuat keputusan untuk berinvestasi.

Tahapan Investasi

Untuk memberikan gambaran investasi dana pesangon Anda, berikut adalah tahapan berinvestasi melalui kami:

  1. Pembuatan Proposal & Project Executive Summary
  2. Due Diligence
  3. Pertemuan antara Calon Investor dan Pemilik Usaha (Pelaksana Proyek)
  4. Penandatanganan Perjanjian Kerjasama


Pembuatan Proposal & Project Executive Summary.

Pada tahap ini, Pemilik usaha (Pelaksana Proyek) membuat proposal dan Project Executive Summary. Informasi yang kali lihat di tahap ini adalah jenis proyek, deskripsi proyek (usaha), durasi investasi, modal yang dibutuhkan untuk proyek atau usaha, nilai proyek dan hasil investasi.

Due Diligence

Tahap ini kami lakukan kalau proposal atau Project Executive Summary cukup menarik. Kami akan mengajukan kepada pemilik usaha (pelaksana proyek) untuk melakukan 'due diligence.' Di sini kami akan menanyakan banyak hal kepada pemilik usaha (pelaksana proyek): legalitas usaha, laporan keuangan, rekening koran, dan informasi seputar usahat atau proyek, interview dengan direksi.

Pertemuan antara Calon Investor dan Pemilik Usaha (Pelaksana Proyek)

Bila hasil 'due dilligence' baik, Project Executive Summary akan kami kirimkan kepada calon investor. Bila  calon investor tertarik, maka kami akan mengatur jadwal pertemuan. Pada saat ini, calon investor dapat bertanya apa saja kepada pemilik usaha (pelaksana proyek) tentang usaha atau proyek yang akan dilaksanakan

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama

Bila Anda sudah ok dengan proposal, puas atas pertanyaan-pertanyaan dan punya 'confidence' kepada pemilik usaha (pelaksana proyek), maka akan dilanjutkan ke tahapan penandatanganan kerjasama di depan notaris.

Itulah informasi secara singkat buat Anda yang mau menginvestasi dana pesangon Anda di peluang investasi yang kami tawarkan.


Copyright 2009-2017 putra-putri-indonesia.com


Berlangganan
Putra-Putri-Indonesia.com (Free)

Enter Your E-mail Address
Enter Your First Name (optional)
Then

Don't worry — your e-mail address is totally secure.
I promise to use it only to send you Putra-Putri-Indonesia.com.

KONTAK
0813-1141-8800


Mencari Investor untuk Usaha

Langkah Mendirikan Perusahaan

Jual Beli Tanah, Rumah, Villa & Properti

Villa Dijual di Sukabumi

Rumah Mewah Dijual di Kota Jambi