Jasa Penerjemah Pembicara
Bahasa Inggris

Oleh: Judika Malau - Trainer, Motivator & Konsultan Bisnis

Jasa Penerjemah Pembicara

Beberapa kali saya mengikuti kelas-kelas intensif yang dosennya dari luar negeri. Ada pembicara dari Amerika Serikat, Belanda, dan negara lain. Para dosen ini adalah dosen dari universitas-universitas yang sangat bergengsi di dunia bahkan ada pembicara yang memegang jabatan sebagai rektor dari sebuah universitas yang sangat berpengaruh. Pembicara-nya memang orang-orang yang top di bidangnya dan mereka adalah sosok-sosok yang sangat penting di bidangnya. Saya berusaha mengikuti kelas-kelas intensif seperti ini sekalipun biayanya lebih mahal dua kali lipat dari pada biaya bagi mahasiswa; kalangan umum, kena biaya 100 %; sedangkan untuk mahasiswa, diskon 50 %.

Untuk kelas, seminar atau pertemuan yang pembicaranya dari luar negeri, saya pribadi lebih memilih mendengar dalam bahasa Inggris dari pada ada penerjemah. Aliran ide dari pembicara tidak terputus dan lebih mudah menangkap benang merah pesannya dari pada ada penerjemah. Bila ada penerjemah pikiran bisa ngga fokus pada isi yang disampaikan. Pikiran bisa terpecah menangkap makna asli dari pembicara dan makna terjemahan yang disampaikan dalam bahasa Indonesia.

Tentu, kondisi di atas tidak selalu cocok untuk semua orang. Tidak semua orang dapat menangkap makna bahasa Inggris apalagi kalau peserta kelas atau seminar memiliki keterbatasan dalam bahasa Inggris. Oleh sebab itu, jasa penerjemah pembicara bahasa Inggris sangat dibutuhkan untuk menjembatani 'gap' komunikasi ini.

Menjadi penerjemah punya tantangan sendiri. Sekalipun seseorang bisa berbicara bahasa Inggris belum tentu ia mampu menerjemahkan pidato dalam bahasa Inggris ke bahasa Indonesia dengan baik dalam kelas atau seminar. Seseorang bisa saja berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Inggris kalau konteksnya 'face-to-face,' tetapi kemampuan seperti ini tidak serta merta bisa disajikan ketika diminta menjadi penerjemah. Dibutuhkan beberapa kemampuan tertentu dan sikap rasa percaya diri untuk bisa menjadi penerjemah yang baik.

Bila Anda mau menjadi penerjemah pembicara bahasa Inggris, berikut adalah beberapa kemampuan yang bisa disiapkan. Pertama, memahami bahasa Inggris dengan cukup baik. Dalam hal ini, Anda bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Bila Anda pernah kursus bahasa Inggris, khususnya dalam komunikasi verbal- ini sangat membantu. Skor TOEFL 500 juga membantu. pengalaman studi di luar negeri seperti Amerika Serikat juga akan membantu. Anda dapat memahami konteks idiom-idiom bahasa Inggris yang digunakan oleh pembicara sebab pendengar belum tentu memahami konteks idiom tersebut. 

Kedua, dengan cepat dapat menerjemahkan pesan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Dengan kata lain, dalam hitungan tidak sampai satu menit, Anda bisa menerjemahkan pesan dalam bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Anda mampu memilih kata-kata yang tepat untuk menerjemahkan maksud dari pembicara. Kalau misalnya, sebuah kalimat disampaikan dalam hitungan detik, secepat itu pula Anda mampu menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia dengan kalimat-kalimat yang tepat dan benar.

Ketiga, dapat menjaga konsentrasi dalam waktu lama. Sebagai penerjemah, tugas Anda sebenarnya  lebih berat dari pada pembicara. Anda mungkin tidak memahami topik pembahasan. Pembicara mungkin akan berbicara dengan begitu cepat dan mengalir dan sudah menguasai bahasannya; Anda tidak. Anda menggunakan energi banyak untuk mencoba memahami isi pesan dan menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia. Dan ini cukup melelahkan dan membutuhkan banyak energi yang bisa membuat Anda jadi tidak konsentrasi. Dalam hal ini, Anda harus punya stamina yang cukup baik agar konsentrasi tidak buyar.

Silahkan mempersiapkan diri. Siapa tahu pekerjaan Anda memang adalah untuk jadi penerjemah. Kalau Anda dipanggil orang lain jadi penerjemah- Anda sudah siap. (JM)


Butuh Jasa Penerjemah Pembicara Bahasa Inggris? Hubungi: 0813-1122-1148 atau kirim e-mail ke:
                info@business-excellence-luminance.co.id


Dari Jasa Penerjemah Pembicara Bahasa Inggris ke Halaman Depan


Copyright 2009-2016 putra-putri-indonesia.com


Berlangganan
Putra-Putri-Indonesia.com (Free)

Enter Your E-mail Address
Enter Your First Name (optional)
Then

Don't worry — your e-mail address is totally secure.
I promise to use it only to send you Putra-Putri-Indonesia.com.

KONTAK
0813-1122-1148

SEMINAR JAKARTA & BEKASI

Effective Communication

Start Your Own Business

Choosing Major at University

Choosing Your Life Partner


Apa Itu Berpikir Filsafat?

Apa Itu Wawasan Dunia?

Bagaimana Mencegah Stress?