Seminar Kebiasaan Pikiran
"Habits of the Mind"

Bagaimana merubah kebiasaan pikiran? Adakah kiat praktis untuk mengubahnya? Adakah langkah-langkah yang secara rasional dapat merubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaaan baik? Jawabannya ada.

Kebiasaan pikiran menentukan sikap, tindakan, ucapan, dan bahasa tubuh. Seperti kata mutiara, "Sebab sebagaimana dia berpikir dalam hatinya, demikianlah ia." Kondisi pikiran seseorang akan terpancar ketika ia sendirian, bersama dengan keluarga, di kantor dan di komunitas di mana ia terlibat.

Kebiasaan ini mulai terbentuk sejak dalam kandungan. Informasi yang diterima dari ibu ketika dalam kandungan, pendidikan keluarga, pendidikan sekolah formal mulai dari SD, SMP, SMA, perguruan tinggi, pergaulan sehari-hari, dan peristiwa-peristiwa yang sangat berkesan dalam hidupnya- ini semua memberi kontribusi dalam pembentukan kebiasaan ini. Semakin banyak informasi yang ia terima semakin banyak kemungkinan kebiasaan-kebiasaan yang terbentuk.

"Kebiasaan sehat merupakan produk dari kebiasaan pikiran yang sehat."

Pembentukan kebiasaan ini kadang bahkan sering  tidak disadari. Pikiran begitu dinamis. Perubahan perhatian pikiran dari informasi yang satu ke informasi yang lain begitu cepat terjadi sehingga pikiran bisa membawa seseorang kepada arus pikiran tertentu dan menikmati pemikiran tersebut. Benih kebiasaan pun mungkin bisa tumbuh.

Bila informasi yang baik dan positif lebih dominan diterima atau direnungkan- ini akan menghasilkan kebiasaan-kebiasaan positif. Muncullah sikap dan tindakan yang baik, emosi yang stabil dan bahasa tubuh yang positif. Ia akan semangat bekerja; ia produktif; ia mengambil inisiatif untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi, dan sabar menghadapi kesulitan. Ia lebih sehat dibandingkan dengan orang yang memiliki kebisaaan pikiran yang negatif.

Namun, bila informasi-informasi yang buruk lebih sering diterima- kebiasaan negatif akan terbentuk. Ini menghasilkan sikap yang buruk, emosi yang labil dan bahasa tubuh yang negatif. Muncullah pemikiran buruk, kata-kata yang tidak baik dan tidak menyenangkan, tidak fokus dalam pekerjaan, kerjasama yang buruk, tindakan yang merugikan orang lain, kemalasan, gampang marah, stres, penyakit, kehilangan motivasi, dan tidak produktif.

Bagaimana mengelola pikiran agar kebiasaan yang sehat terbentuk? Bagaimana merubah kebiasaan buruk? Bagaimana mengarahkan pikiran kepada arus pikiran yang sehat? Apa kaitan antara kondisi pikiran dan kinerja seseorang? Apa pengaruh kebiasaan pikiran terhadap kinerja organisasi secara keseluruhan?

Solusi untuk Melatih Kebiasaan Sehat: Pelatihan Habits of the Mind

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, Anda dapat menghadiri pelatihan Habits of the Mind. Pelatihan ini mengupas banyak kebiasaan-kebiasaan yang penting. Peserta dapat melatih kebiasaan-baik ini di workshop pelatihan ini.

Salah satu kebiasaan positif yang akan dibahas di pelatihan ini adalah kebiasaan bertanya- apa yang perlu ditanya, kapan bertanya, bagaimana bertanya dan aspek-aspek lain seputar bertanya. Dengan kata lain, bagaimana menjadi pribadi yang 'assertive' dan berani mengajukan pertanyaan ketika ada sesuatu yang tidak jelas atau tidak dimengerti.

Ingin mendapatkan informasi lebih banyak tentang pelatihan Habits of the Mind? Hubungi kami.

KONTAK

0813-1141-8800 atau 0813-1122-1148

atau via e-mail
info@business-excellence-luminance.co.id

Dari Kebiasaan Pikiran ke Halaman Depan

Your first paragraph ...


Copyright 2009-2015 putra-putri-indonesia.com


Berlangganan
Putra-Putri-Indonesia.com (Free)

Enter Your E-mail Address
Enter Your First Name (optional)
Then

Don't worry — your e-mail address is totally secure.
I promise to use it only to send you Putra-Putri-Indonesia.com.


KONTAK

0813-1141-8800
0813-1122-1148


Jadwal Training

Luminance of the Mind

Thinking with Six Hats

Worldview

Stress Management