Tips Masa Persiapan Pensiun (MPP)

Saat ini Anda barangkali sudah masuk masa persiapan pensiun. Tidak berapa lama lagi, mungkin dalam hitungan bulan atau tidak genap satu tahun, Anda akan mengakhiri tugas Anda di perusahaan atau organisasi Anda. Anda barangkali sudah belasan atau puluhan tahun bekerja di sebuah instansi/perusahaan dengan beragam suka dukanya. Atau Anda sudah puluhan tahun bekerja dengan bergonta ganti perusahaan. Karena pengaturan alam dan Anda sudah tua, mau tidak mau, Anda harus masuk ke suatu era di mana aktifitas Anda akan berbeda dengan apa yang Anda lakukan sekarang.

Bila Anda tergolong orang seperti yang dimaksudkan di atas, penulis ingin membagikan tips kepada Anda. Paling tidak, tips ini bisa Anda renungkan dan kembangkan sendiri bagaimana Anda memasuki masa pensiun Anda. Bisa saja Anda akan tetap bekerja atau melakukan hal yang sama, tetapi Anda tidak akan selamanya bisa mengerjakan hal yang sama. Hukum alam tidak bisa dilawan. Makin tua Anda makin lemah tubuh Anda dan kekuatan Anda juga berkurang untuk bekerja sekalipun semangat Anda tetap tinggi. Daya ingat Anda bisa berkurang; Anda bisa sulit berjalan sehingga Anda tidak mampu lagi melakukan tugas-tugas yang dibebankan kepada Anda.

Ini Dia Tips MPP

Berikut adalah tips masa persiapan pensiun, yang penulis mau bagikan untuk Anda. Pertama, usahakanlah agar Anda mempunyai kegiatan yang berarti setelah Anda tidak lagi bekerja di perusahaan Anda. Saya sarankan Anda memilih aktifitas yang bermakna. Tentu, Anda akan selalu bergerak dan melakukan tindakan. Apakah Anda duduk saban hari sambil menikmati uang pensiun atau pesangon Anda- itu juga aktifitas. Tetapi, apakah itu aktifitas yang bermakna? Jawabannya belum tentu. Sekalipun Anda mempunyai uang banyak dan cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar Anda sampai Anda masuk ke liang kubur, Anda bisa stress. Bila Anda makan, minum, tidur dan melakukan aktifitas yang tidak berarti atau  aktifitas yang membuang waktu- ini akan membuat Anda stress bahkan mengalami stress berlebihan yang bisa berbuntut Anda sakit bahkan stroke. Jadi, pikirkanlah aktifitas yang sungguh-sungguh bermakna bagi Anda di masa pensiun Anda.

Kedua, usahakanlah agar tidak minder karena Anda tidak lagi bekerja di organisasi atau perusahaan. Banyak yang minder setelah masuk usia pensiun, khususnya mereka yang selama ini menduduki jabatan yang cukup penting di sebuah organisasi dan tidak mempersiapkan mental memasuki masa peniun mereka. Rasa percaya diri turun drastis. Bila memang tidak dipersiapkan masak-masak, Anda bisa linglung karena ada perubahan drastis dalam aktifitas. Bila selama ini Anda mempunyai aktifitas yang teratur dan mungkin Anda masih membuat keputusan penting di kantor, tidak demikian kalau Anda masuk masa pensiun. Anda mungkin tidak lagi membuat keputusan berarti untuk sisa hidup Anda. Jadi, nggak usah minder karena bagaimana pun setiap orang termasuk Anda akan memasuki masa yang sama.

Hati-hatilah menggunakan uang pesangon atau pensiun Anda. Uang bisa cepat menguap.

Ketiga, hati-hati menggunakan uang pesangon atau uang pensiun Anda. Kalau Anda menerima uang pensiun secara teratur dari sebuah lembaga keuangan- ini mungkin lebih baik buat Anda. Ini berarti Anda hanya bisa membelanjakan sebesar uang yang Anda terima. Berhematlah Anda dalam belanja Anda sehari-hari. Kadang-kadang bahkan sering karena masih banyak uang di tangan dan keputusan selalu ada di tangan Anda, selalu ada godaan untuk membelanjakan uang; makan di sana dan makan di sini dan tiba-tiba Anda sadar bahwa uang menguap cepat.  Bila Anda tidak berhati-hati, uang pesangon atau pensiun Anda bisa ludes dalam beberapa bulan bahkan mungkin tidak sampai setahun. Jadi, hati-hatilah dengan uang pesangon atau pensiun Anda karena Anda memasuki masa pensiun.

Kempat, hati-hati dengan godaan orang lain untuk meminta Anda menanamkan uang Anda dalam bentuk investasi. Banyak orang yang akan menawarkan investasi kepada Anda. Ada yang benaran dan banyak juga yang gadungan. Kalaupun Anda tetap tertarik, tetaplah mengambil waktu untuk membuat penelitian kecil-kecilan terhadap investasi yang akan Anda minati. Paling tidak, investasikanlah uang Anda di mana Anda punya banyak informasi tentang investasi tersebut. Berkonsultasilah dengan konsultan keuangan untuk menerima nasihat mereka kalau Anda tetap mau berinvestasi.

Itulah beberapa tips yang saat ini dapat Anda pertimbangkan. Masih banyak yang perlu dipersiapkan seperti bagaimana mengelola stress, mengusir kekuatiran dan mengisi waktu luang Anda. Waktu Anda tidak akan banyak lagi di dunia ini dan ada baiknya juga Anda memikirkan bagaimana hidup Anda setelah melewati hidup di dunia ini. Itu justru lebih penting ketimbang bagaimana Anda mengisi masa pensiun Anda.

Bila Anda mau mendapatkan lebih banyak informasi untuk masa persiapan pensiun Anda, Anda dapat menghadiri Seminar Masa Persiapan Pensiun.

     Hubungi kami di
       0813-1141-8800 atau 021-8430-3041

TOPIK YANG RELEVAN

Bagaimana Menghitung Uang Pesangon Anda?

Training: Career Repositioning

Kapan Sebaiknya Mengambil Penisun Dini?

Dari Masa Persiapan Pensiun ke Halaman Depan


Copyright 2009-2016 putra-putri-indonesia.com


Berlangganan
Putra-Putri-Indonesia.com (Free)

Enter Your E-mail Address
Enter Your First Name (optional)
Then

Don't worry — your e-mail address is totally secure.
I promise to use it only to send you Putra-Putri-Indonesia.com.

KONTAK
0813-1141-8800
021-8430-3041

SEMINAR

Habits of the Mind

Thinking with Six Hats

Career Respositioning



Bagaimama Mencegah Stress Berlebihan?

Memilih Pekerjaan Sesuai Bakat

Mencari Pembicara Seminar Motivasi