Tiga Tahap Membangun Etos Kerja di Perusahaan Anda

Bagaimana membangun etos kerja di perusahaan? Sebagai pimpinan perusahaan, barangkali Anda pernah menanyakan hal ini. Anda sudah memanggil konsultan bisnis untuk mendongkrak etos kerja karyawan di perusahaan Anda, tetapi etos kerja tetap tidak mengalami banyak perubahan. Mungkin Anda telah memberikan insentif agar para pekerja punya kinerja bagus dan mematuhi semua peraturan perusahaan, tetapi etos kerja yang Anda harapkan tidak kunjung tiba.

Etos Kerja Tidak Muncul dalam Satu hari atau Satu Tahun.

Pertama, kita harus memahami bahwa etos kerja tidak terjadi dalam satu hari, satu bulan atau satu tahun. Ibarat bayi yang sedang bertumbuh, ia tidak langsung dewasa. Ada tahapan-tahapan yang harus dilalui. Tidak ada bayi yang langsung mampu berbicara dengan baik seperti orang dewasa. Etos kerja juga demikian. Itu tidak terjadi dalam satu hari, satu bulan bahkan dalam satu tahun pun.

Pelatihan-pelatihan etos kerja yang diberikan juga tidak otomatis mendongkrak etos kerja para pekerja. Namun, ini harus diberikan bila berharap etos kerja bagus muncul di kalangan pekerja.

Tiga Tahap Membangun Etos Kerja. Pertama, rumuskan tujuan perusahaan Anda: Misi dan Visi

Beberapa nasihat di bawah ini kami harap dapat membantu Anda untuk meningkatkan etos kerja pekerja di perusahaan Anda. Tentu, ini bukanlah langkah-langkah yang mudah. Jadi, Anda harus mengambil waktu untuk memikirkannya, bersabar dan terus gigih memperjuangkannya.

Pertama, rumuskanlah tujuan dari organisasi Anda. Yang saya maksudkan adalah visi dan misi. Beberapa hari lalu, saya membaca judul sebuah artikel dalam salah buku favorit saya. Judul artikelnya adalah Going without Knowing. Begitu banyak organisasi atau perusahaan yang eksis dengan kondisi Going without Knowing. Saya harap perusahaan Anda tidak termasuk dalam situasi demikian.

Periksalah, apakah organisasi Anda mempunyai misi dan visi yang jelas, sebuah kondisi atau keadaan yang akan diraih oleh perusahaan Anda. Misalnya, misi dan visi  perusahaan Anda adalah menjadi salah satu tempat yang menyenangkan untuk bekerja. Bisa juga Anda membuat visi dan misi sebagai perusahaan yang menghargai begitu tinggi nilai-nilai kejujuran dan keadilan. 

Ada beberapa cara untuk mengembangkan misi dan visi organisasi. Laurie Beth Jones misalnya, dalam bukunya the Path, dapat membantu Anda untuk mengembangkan misi dan visi organisasi Anda. Tekniknya mudah dan saya sering gunakan dalam seminar-seminar yang saya adakan.

Kedua, kembangkan sasaran yang akan dicapai perusahaan Anda dalam waktu satu, dua atau tiga tahun. Ini merupakan jabaran dari misi dan visi perusahaan Anda. Bila misi dan visi ibarat sesuatu yang tidak begitu kongkrit, dalam tahap kedua ini, Anda membuat jabarannya; sesuatu yang dapat Anda ukur dan monitor baik dari segi kualitas, kuantitas, waktu, biaya, dan lainnya. Untuk perusahaan minyak misalnya, perusahaan Anda mau memproduksi minyak 50.000 Barrel per hari. Bila perusahaan Anda bergerak di bidang lain, ini dapat Anda ganti.

Ketiga, membuat bisnis proses untuk mencapai sasaran Anda dalam tahap kedua di atas. Dalam tahapan ini, Anda mulai memikirkan langkah-langkah untuk mencapainya. Dengan kata lain, Anda membuat Standard Operating Procedure (SOP) bagi organisasi Anda. Anda dapat membuat bisnis proses pada 'high level,' kemudian Anda kembangkan proses bisnis yang lebih rinci untuk perusahaan Anda.

Ada baiknya Anda membuat prioritas dalam hal ini sebab membuat bisnis proses butuh waktu yang relatif panjang. Dalam perusahaan tertentu, mereka membuat High Level Business Proses. Di situ akan terlihat, output atau produk akhir dari sebuah perusahaan, apa input yang dibutuhkan untuk mencapai output dan proses bisnis apa yang dibutuhkan untuk mengubah input menjadi output.

Ketiga tahap itu saja sudah dapat merangsang Anda untuk membangun etos kerja dari pekerja Anda. Namun, masih ada beberapa tahap lagi. Salah satu adalah memberikan pengertian kepada pekerja Anda ke mana  arah perusahaan Anda dan bagaimana mencapainya. Pada tahap ini, Anda mengajak seluruh pekerja untuk memikirkan bagaimana mencapainya secara bersama. Tentu Anda harus memberikan pengertian apa yang dimaksud dengan etos kerja dan etos kerja seperti apa yang dibutuhkan untuk mencapai visi/misi dan sasaran perusahaan Anda.

Tahapan lain dapat Anda dapatkan di seminar yang kami adakan. Bila Anda membutuhkan pelatihan etos kerja, Anda dapat memberikan pelatihan Corporate Culture bagi pekerja Anda. Pilihan lain adalah seminar Luminance of the Mind atau Habits of the Mind.


Seminar Corporate Culture - Solusi untuk Membangun Etos Kerja

Kontak
0813-1141-8800; 0813-1122-1148


Dari Membangun Etos Kerja ke Halaman Depan


Copyright 2009-2016 putra-putri-indonesia.com


Berlangganan
Putra-Putri-Indonesia.com (Free)

Enter Your E-mail Address
Enter Your First Name (optional)
Then

Don't worry — your e-mail address is totally secure.
I promise to use it only to send you Putra-Putri-Indonesia.com.


SEMINAR

Effective Leadership and Corporate Culture

Luminance of the Mind

Habits of the Mind


KONTAK

0813-1141-8800

0813-1122-1148