Bagaimana Membangun Kerjasama Tim yang Effektif?

Membangun Kerjasama Tim


TRAINING: EFFECTIVE TEAMWORK
Jadwal Training, 08.00 - 17.00, Jakarta
    0813-1141-8800 (WA); 0813-1122-1148
info@business-excellence-luminance.co.id
info@putra-putri-indonesia.com (bagi pelanggan situs ini)


Salah satu faktor yang penting dalam membangun kerjasama tim adalah filosofi bisnis. CEO dari IBM mengatakan, "Filosofi dasar, semangat, dan keinginan dari sebuah organisasi lebih banyak berpengaruh terhadap pencapaian prestasi relatif, dibandingkan dengan sumber daya teknologi atau ekonomi, struktur organisasi, inovasi, dan ketepatan waktu. Semua ini sangat mendukung keberhasilan. Namun, saya kira, semua ini dapat muncul dari seberapa kuat orang dalam organisasi yakin akan falsafah dasarnya dan sejauh mana mereka menjalankan dengan setia." Tom Watson Junior, Chairman IBM, pidato di  Columbia University tahun 1962. Dengan kata lain, organisasi sangat penting memiliki tujuan yang jelas, dan yang dimengerti oleh semua anggota tim dalam organisasi. Dalam istilah lain, ada visi dan misi yang jelas. Dari filosofi bisnis inilah nantinya diturunkan unsur-unsur yang membangun organisasi termasuk membangun kerjasama tim.

Para pakar di Masyarakat Ekonomi Eropa misalnya, menggulirkan apa yang disebut dengan Business Excellence. Bagi mereka, Business Excellence mengandung 9 elemen dasar: Leadership, Policy & Goals, Resources, People Management, Business Process, Customer Satisfaction, People Satisfaction, Impact on Society and Business Result. Masing-masing elemen ini masih mempunyai sub-elemen termasuk kerjasama tim.

Karena tim terdiri dari sosok-sosok yang dinamis dan masing-masing mempunyai keunikan yang berbeda, mau tidak mau, mengenal personalitas setiap tim sangat penting untuk membangun kerjsama yang efektif. Ada kemungkinan tim terdiri dari beragam personalitas seperti tipe Kolerik, Sanguin, Melankolik, dan Plegmatis. Masing-masing  sosok dengan tipe ini memberi reaksi atau respon yang berbeda terhadap sesuatu. Tipe Kolerik misalnya  cenderung mendominasi. Ia cenderung jadi pemimpin dan setiap anggota dalam timnya diharapkan menuruti apa yang ia katakan. Sosok tipe Sanguin memberi respon yang berbeda. Ia banyak memberikan komentar atau menberikan ide kepada tim tanpa memikirkan banyak bagaimana idenya dijabarkan. Sosok tipe Melankolik berbeda lagi. Ia baru mulai bekerja kalau segala sesuatu sudah ada. Dia adalah sosok yang membutuhkan hal-hal yang rinci. Sedangkan sosok tipe Plegmatis cenderung kelihatan tenang dan merasa tidak ada yang harus dikejar dalam hidup ini.

Pemahaman terhadap personalitas anggota tim sangat penting untuk mengurangi konflik-konflik yang tidak perlu. Tipe Plegmatis mungkin kelihatan malas bagi orang yang bertipe Kholerik. Sedangkan sosok tipe Sanguin kurang mendapat respek dari tipe Melankolik karena Si Sanguin menekankan hal-hal yang makro. Masing-masing tipe ini mempunyai keunikan dan perannya masing-masing di dalam setiap tim.

Apakah setiap tim harus diisi dengan tipe yang berbeda- ini mungkin tidak selalu pilihan terbaik kalau dilihat dari sisi hasil. Si Kolerik misalnya menginginkan agar segala sesuatu dikerjakan dengan cepat sedangkan ini tidak selalu diterima oleh tipe Plegmatis.

Masing-masing angota tim memang dituntut untuk memahami sasaran yang akan dicapai termasuk kapan sasaran harus diselesaikan. Sebab bila setiap anggota tim tidak sama-sama mengerti tujuan yang akan dicapai, sulit membangun kerjasama tim yang efektif.

Masih ada faktor-faktor lain yang harus dipertimbangkan untuk membangun kerjsa sama tim termasuk kemampuan berkomunikasi sesama anggota tim. Dalam Training Effective Teamwork - faktor-faktor ini akan dikaji lebih dalam.


TRAINING: EFFECTIVE TEAMWORK
Jadwal Training, 08.00 - 17.00, Jakarta
    0813-1141-8800 9WA); 0813-1122-1148
info@business-excellence-luminance.co.id
info@putra-putri-indonesia.com (bagi pelanggan situs ini)

Kontak
      0813-1141-8800; 0813-1122-1148

E-mail: info@business-excellence-luminance.co.id


Training Information Form

Please note that all fields followed by an asterisk must be filled in.

Please enter the word that you see below.

  


Dari Membangun Kerjasa Tim ke Halaman Depan


Copyright 2009-2016 putra-putri-indonesia.com


Berlangganan
Putra-Putri-Indonesia.com (Free)

Enter Your E-mail Address
Enter Your First Name (optional)
Then

Don't worry — your e-mail address is totally secure.
I promise to use it only to send you Putra-Putri-Indonesia.com.

KONTAK
0813-1141-8800
0813-1122-1148


Jadwal Training

Luminance of the Mind

Habits of the Mind

The Second Curve

Thinking with Six Hats