Membuat Keputusan dengan
Topi Biru: 6 Langkah

Mau coba membuat keputusan dengan 'metode baru?' Berikut adalah 6 langkah untuk membantu Anda menjadi An Effective Decision Maker. 


TRAINING: BUSINESS ETHICS & DECISION MAKING
Jadwal & Tempat
   Kontak: 0813-1141-8800; 0813-1122-1148;
E-mail: info@business-excellence-luminance.co.id atau
info@putra-putri-indonesia.com (bagi pelanggan situs ini)


Pertama, tentukan apa masalah yang Anda hadapi dan keputusan apa yang akan Anda buat. Masalah yang kelihatan (fenomena) dapat menyembunyikan masalah yang sesungguhnya. Oleh sebab itu, Anda harus perlu ekstra hati-hati merumuskan masalah yang Anda  hadapi- baik di organisasi atau masalah Anda pribadi. Masalah yang muncul ke permukaan sering merupakan representasi dari masalah yang sesungguhnya, yang sering tidak kelihatan.

Namun, bila Anda membuat sedikit studi yang lebih dalam, Anda dapat menemukan masalah yang sesungguhnya sehingga masalah dapat dirumuskan dengan lebih baik. Misalnya, Anda dapat membuat relasi antara masalah yang satu dengan masalah yang lain. Anda dapat mempelajari data yang muncul di masalah yang satu dan menghubungkannya dengan data pada masalah lain. Bila masalah sudah terdeskripsi dengan baik- ada peluang besar untuk memecahkannya.

Kedua, kumpulkan informasi yang terkait dengan masalah Anda. Anda bisa langsung mengumpulkan data yang berkaitan langsung dengan masalah Anda. Misalnya, kalau kinerja organisasi Anda menurun, Anda dapat melihat statistik produksi atau keuangan organisasi Anda beberapa bulan terakhir. Anda dapat juga mengumpulkan data kinerja dari organisasi bagian-bagian yang terkait. Proses bisnis akan membantu Anda dalam hal ini. Anda kumpulkan data sebanyak mungkin. Semakin banyak data yang dapat Anda  kumpulkan semakin baik Anda membuat keputusan.

Usahakanlah agar Anda untuk tidak mengevaluasi data yang Anda kumpulkan pada tahap ini. Ini dapat Anda lakukan pada langkah keempat. Pada tahap ini, Anda cukup mengumpulkan informasi yang relevan dengan permasalahan Anda.

Ketiga, mulailah membuat ide-ide untuk solusi masalah Anda. Anda misalnya dapat merubah 'lay-out' informasi yang ada dan mengembangkan  ide-ide kreatif. Bila Anda mempunyai teknik menghasilkan ide, gunakanlah teknik itu untuk menghasilkan  beberapa ide kreatif. Anda dapat membuat opsi sebanyak mungkin. Nikmati tahap ini sebab pada proses ini Anda sedang menggunakan otak kanan Anda. 

Keempat, lihatlah sisi positif dan negatif dari opsi solusi masalah Anda. Dengan menggunakan informasi yang sudah Anda kumpulkan pada langkah kedua dan referensi-referensi yang Anda miliki, Anda dapat membuat hal-hal positif dan negatif dari setiap opsi. Ketika Anda membuat hal-hal yang positif dari opsi yang Anda prioritaskan, ada baiknya Anda membuat alasan-alasan dan argumentasi  yang kuat. Dengan demikian, opsi yang Anda pilih cukup menarik untuk diperjuangkan. Begitu juga ketika Anda  membuat sisi negatif dari opsi yang Anda pilih. Anda perlu membuat alasan-alasan yang rasional sehingga opsi yang Anda prioritaskan dapat diperbaiki. Paling tidak, Anda sadar akan kelemahan-kelemahan opsi yang Anda sedang garap. 

Informasi-informasi yang Anda kumpulkan juga perlu Anda kritisi dengan baik sebab bisa saja informasi yang Anda kumpukan tidak ter-update atau sumbernya tidak dapat dipercaya. Misalnya, bisa saja data-data itu berasal dari peralatan yang tidak dikalibrasi. Jadi, Anda perlu membuat evaluasi terhadap informasi, sisi positif dan negatif dari opsi yang Anda prioritaskan.

Kelima, setelah Anda membuat evaluasi yang komprehensif terhadap opsi yang Anda prioritaskan, Anda perlu memikirkan perasaan Anda terhadap opsi-opsi Anda. Tanyalah diri Anda apakah Anda menyukainya atau tidak. Bila Anda merasa suka dengan ide yang Anda prioritaskan, Anda dapat melangkah ke tahap berikutnya.

Keenam, buatlah keputusan bila Anda telah mengumpulkan informasi yang cukup, menganalisa dampak positif dan negatif dari opsi-opsi yang ada dan merasa tertarik pada ide yang Anda pilih. Bila Anda merasa kurang yakin, Anda dapat mengulangi proses di atas. Anda misalnya, dapat mengumpulkan informasi tambahan dan mengulangi proses evaluasi terhadap ide-ide yang Anda prioritaskan.

Simpanlah keputusan Anda sebagai referensi bila Anda membuat keputusan yang mirip di kemudian hari.


BUSINESS ETHICS & DECISION MAKING
Jadwal & Tempat
   Kontak: 0813-1141-8800; 0813-1122-1148;
E-mail: info@business-excellence-luminance.co.id atau
info@putra-putri-indonesia.com (bagi pelanggan situs ini)


Other Link

Bagaimana Membangun Pikiran Jernih?

Bagaimana Mencegah Stress Berlebihan?

Dari Membuat Keputusan ke Jadwal Training


Copyright 2009-2016 putra-putri-indonesia.com


Berlangganan
Putra-Putri-Indonesia.com (Free)

Enter Your E-mail Address
Enter Your First Name (optional)
Then

Don't worry — your e-mail address is totally secure.
I promise to use it only to send you Putra-Putri-Indonesia.com.

KONTAK
0813-1141-8800
0813-1122-1148

SEMINAR

Luminance of the Mind

Habits of the Mind

Thinking with Six Hats

Lateral Thinking