Mengapa Perlu Training?

Mengapa perlu training? Apa untungnya bagi perusahaan kalau pekerja mendapat training, pelatihan, seminar atau workshop? Dalam bahasa sederhana, kinerja perusahaan  bisa meningkat.

Namun, sering kali konsep terhadap training masih kabur di kalangan pimpinan perusahaan atau pengusaha. Asumsi-asumsi terhadap training masih tradisionil. Training dianggap sebagai aktifitas pemboros biaya. Training dianggap tidak penting karena hasil training sulit dilihat segera sehingga banyak Top Management membuat training bukan sebagai program prioritas.

Kalaupun dianggap penting, training yang diutamakan adalah pelatihan yang sifatnya berkaitan dengan peralatan atau mesin. Misalnya, skill mengenai pompa, mesin, atau peralatan lainnya termasuk pengetahuan tentang perbaikan peralatan.

Ada Tiga Tingkat Pelatihan

Ada tiga jenis pelatihan atau seminar yang dibutuhkan manusia. Ketiga-tiganya penting. Namun, hanya dua jenis training yang akan dibahas di halaman ini.

Pertama, pelatihan yang berkaitan dengan alam. Yang masuk kategori ini adalah semua jenis pelatihan yang berkaitan dengan alam termasuk training tentang peralatan, mesin, perkebunan, pertanian, dan segala hal yang masuk kategori alam dan benda-benda mati lainnya.

Pelatihan jenis ini umumnya tidak begitu relatif tidak begitu sulit dipelajari. Hasilnya juga mudah dilihat. Kriteria berhasil tidaknya training di bidang ini relatif mudah diukur. Dan tidak jarang, peserta training dapat dengan segera memperlihatkan kemampuannya di bidang ini. Misalnya, bagaimana memperbaiki pompa, lap top, komputer, mobil atau peralatan lain yang rusak- keahlian ini relatif mudah diukur dan dilihat. Ukuran suksesnya mudah ditunjukkan. 

Pelatihan tentang Diri Manusia-
Mengapa Sulit Diukur?

Tidak demikian dengan pelatihan dalam kategori kedua, yaitu tentang diri manusia dan hal-hal yanG berkaitan dengan pribadi manusia. Hasil pelatihan ini tidak mudah dilihat. Jarang kemampuan di bidang ini bisa dilihat dalam satu hari, dua hari , seminggu bahkan sebulan. Bahkan dalam 3 bulan, 6 bulan atau satu tahun pun hasilnya belum bisa dilihat. Mengapa?

Pelatihan tentang diri manusia tidak sama dengan pelatihan tentang peralatan atau mesin atau benda mati lainnya. Manusia bukan mesin dan mesin bukan manusia. Mesin tidak memiliki jiwa atau pikiran sedangkan manusia memiliki pikiran. Inilah salah satu perbedaannya. Oleh karena manusia mempunyai jiwa atau pikiran, maka pelatihan yang berkaitan dengan hal ini tidak mudah dilihat dalam waktu yang singkat.

Misalnya pelatihan membangun karakter, apakah perubahan karakter langsung kelihatan dalam diri peserta setelah mengahadiri training satu atau dua hari? Tidak selalu bahkan jarang. Sangat sedikit peserta training langsung mengalami perubahan dramatis setelah menghadiri seminar sehari.

Saya belum pernah melihat orang langsung bisa berbicara efektif setelah menghadiri training satu atau dua hari dalam pelatihan Public Speaking. Jarang bisa dilihat perubahan paradigma pada seseorang setelah ia menghadiri pelatihan Pola Pikir atau Motivasi.

Pelatihan-pelatihan tentang Pola Pikir, Public Speaking, Effective Meeting, Character Building, Corporate Culture, Enterprenuer Mentality, Writing Skill, Positive Thinking, Lateral Thinking ataupun training lain seputar diri – hasilnya tidak dapat dilihat dalam satu atau dua hari. Bahkan dalam bulanan atau tahunan pun belum tentu terlihat hasilnya.

Lalu Bagaimana? Apakah Training Ditiadakan?

Apakah dengan demikian akhirnya pelatihan tentang diri dihentikan atau dikurangi? Bila opsi ini dipilih, siap-siap saja Anda menghadapi persoalan yang lebih rumit di perusahaan Anda. Kinerja perusahaan tidak akan membaik. Kalaupun kinerja kelihatan membaik, tetapi bila Anda melihat di bawah permukaan, beragam persoalan yang eksis. Pekerja stres. Pimpinan stres. Komunikasi sulit. Emosi mudah terpicu. Persepsi bisa kabur. Pekerja bisa disorientasi. Motivasi pekerja berkurang dan lambat laun  bisa menjadi apatis terhadap pekerjaannya. Ini semua sudah jelas akan menghasilkan kinerja perusahaan yang rendah.

Bila dengan memberikan training kepada pekerja saja belum tentu mengasilkan kinerja lebih baik, apalagi bila Anda tidak memberikan pelatihan. Besar kemungkinan akan muncul kinerja yang rendah seperti yang dimiliki organisasi-organisasi yang budaya perusahaannya rendah. Persoalannya terletak pada diri manusia itu sendiri. Persoalannya terletak pada pikiran.

Apa Tindakan Selanjutnya?

Anda harus memberikan training tentang diri kepada pekerja. Apapun bentuknya, pekerja harus mendapatkan pelatihan yang memadai agar kinerja pekerja semakin baik, yang selanjutnya akan mendongkrak kinerja organisasi. Bila  pelatihan tentang diri diabaikan- ini sudah pasti akan menurunkan  kinerja organisasi Anda.

Training Itu Mahal?

Memang ada pelatihan yang mahal. Tergantung pelatihan apa yang dibutuhkan dan siapa yang akan memberikan. Semakin dalam materi yang ingin dipelajari, semakin mahal biaya trainingnya. Semakin baik seorang pembicara, semakin mahal juga harganya.

Nilai pekerja yang memiliki kompetensi yang baik tinggi. Teori ‘Supply and Demand’ berlaku. Makin banyak yang membutuhkan pembicara bermutu makin mahal feenya. Sedikit pembicara yang top dan bermutu yang feenya masih bisa terjangkau oleh perusahaan kecil.

DANA TERBATAS. Solusinya Bagaimana?

Kami menyediakan solusi bagi Anda yang memiliki dana terbatas. Anda masih mungkin mendapatkan training yang berbobot dengan biaya yang relatif terjangkau.

Hubungi kami di
0813 1141 8800

Dari Mengapa Perlu Training ke Halaman Depan


Copyright 2009-2016 putra-putri-indonesia.com


Berlangganan
Putra-Putri-Indonesia.com (Free)

Enter Your E-mail Address
Enter Your First Name (optional)
Then

Don't worry — your e-mail address is totally secure.
I promise to use it only to send you Putra-Putri-Indonesia.com.

Jadwal Training