Menjadi Investor, Cara Lain Menjadi Kaya

Menjadi Investor

Tidak semua orang diberi keberanian untuk memulai usaha. Ada yang memilih menjadi pekerja. Kadang ide untuk memulai usaha melintas, tetapi tidak ada keberanian menjalankannya. Kita menyadari kemampuan kita. Tidak harus setiap orang memulai usaha sendiri. 

Bila Anda tidak berani memulai usaha sendiri, cara lain menjadi kaya adalah menjadi funder (investor). Anda mendanai usaha. Anda menjadi pemegang saham. Usaha sepenuhnya dijalankan orang yang Anda percayai.

Anda hanya memonitor perkembangan dan memberikan nasihat seperlunya agar usaha berjalan dengan prinsip-prinsip dan aturan yang sudah ditetapkan. Pada akhir tahun, Anda menerima hasil (dividen).

Bisa juga Anda menjadi funder atau mendanai sebuah proyek. Banyak proyek yang butuh dana. Di sinilah peran Anda dibutuhkan. Anda membuat perjanjian dengan pelaksana proyek.

Bila proyek telah selesai, Anda mendapatkan sebagain hasilnya. Dengan bantuan konsultan atau mediator, Anda mempelajari proyek yang ditawarkan.

Anda melihat hal-hal penting mengenai proyek tersebut- apa proyeknya, bagaimana  itu dijalankan, berapa dana yang dibutuhkan, berapa keuntungan yang akan diperoleh dan bagaimana pembagian hasilnya.

Anda memberikan keleluasaan kepada direksi perusahaan bagaimana proyek dijalankan. Anda hanya fokus melihat hasil di akhir proyek.

Menjadi investor lebih menantang dari pada memulai usaha sendiri.

Menjadi funder (investor) lebih menantang dari pada memulai usaha sendiri. Bila memulai usaha sendiri, Anda memiliki kontrol yang relatif besar; menjadi investor, tidak.

Kontrol banyak dipegang pelaksana proyek yang Anda percayai. Menanamkan modal di usaha orang lain juga beresiko. Tidak semua usaha selalu berhasil. Agar usaha berhasil, harus ada kalkulasi-kalkulasi rasional.

Selain itu, hukum-hukum yang berlaku di dunia usaha harus dipatuhi. Melawan hukum-hukum yang berlaku di bisnis sudah pasti merugikan. Berbisnis dengan mengabaikan prinsip-prinsip universal akan berujung di kegagalan. Jadi, menjadi investor tetap beresiko.

Namun, ketika Anda menanamkan uang di usaha yang riil atau proyek, bukan hanya uang Anda berlipat ganda, tetapi Anda memberi peluang bagi orang lain untuk bekerja.

Mereka dapat menikmati hasil jerih payah dari pekerjaannya. Inilah kekayaan lain yang Anda peroleh, kekayaan yang tidak akan hilang, yang tidak bisa dicuri orang lain. Ini merupakan kekayaan yang benar-benar Anda warisi setelah Anda meninggalkan dunia ini.

Bill Gates adalah salah satu sosok yang benar-benar kaya. Ia berinvestasi. Dan lewat investasinya, puluhan ribu bahkan mungkin ratusan orang mendapatkan manfaat dari hasil usahanya. Ini membuat dia menjadi sangat kaya, bukan hanya dalam kaya materi, tetapi kaya dalam perbuatan baik.

Mau jadi investor? Anda butuh skill? Hadiri seminar kami: Financing your Business (Project). Anda akan mendapat kemampuan untuk mengenal orang dan mengenal proyek-proyek yang menguntungkan dan aman. (JM)  


  SEMINAR: FINANCING YOUR BUSINESS
                   08.30-17.00; Jakarta, Surabaya & Yogyakarta                        KONTAK: 0813-1141-8800; 0813-1122-1148
    E-mail: info@business-excellence-luminance.co.id
        business.excellence.luminance@gmail.com 


LINK TERKAIT

  1. Mencari Investor Usaha (Proyek) Sampai Rp50 Miliar
  2. Bagaimana Membuat Proposal Proyek agar Investor Tertarik?
  3. Contoh Project Executive Summary
  4. Bagaimana Tahapan Proses Kerjasama Investasi?
  5. Rahasia Menjadi Kaya: Berinvestasi!
  6. Anda Mau Menjadi (Funder) Investor?
  7. Bagaimana Menambah Penghasilan dengan Modal Kecil?
  8. Seminar: Start Your Own Business
  9. Seminar: Financing Your Business (Project)

Copyright 2009-2017 putra-putri-indonesia.com


Berlangganan
Putra-Putri-Indonesia.com (Free)

Enter Your E-mail Address
Enter Your First Name (optional)
Then

Don't worry — your e-mail address is totally secure.
I promise to use it only to send you Putra-Putri-Indonesia.com.

KONTAK

0813-1141-8800

Apa Itu Worldview?

Apakah Paradigma Barat Dapat Dibendung?