Bagaimana Menulis Artikel di Internet (Situs): Pelajaran Berharga

Bagaimana menulis artikel di internet dan muncul di halaman pertama Google? Sekalipun Anda sudah terbilang sukses sebagai penulis offline- penulis buku atau penulis untuk surat kabar, majalah, Anda butuh ekstra tenaga, kreasi, dan motivasi untuk 'sukses' menulis di internet. Anda juga butuh pemahaman tentang 'bahasa mesin' yang digunakan di dunia internet.

Pengalaman saya beberapa tahun menulis di dunia internet dapat membantu Anda agar tulisan Anda tampil di halaman pertama Google.  Berikut adalah beberapa tips. 

Pertama, tulisan Anda harus dapat dibaca dua jenis 'mahluk.' Kalau tulisan Anda di media cetak ditampilkan di media online, tulisan Anda belum tentu dibaca.  Kalau di koran, tulisan Anda kemungkinan besar dibaca oleh pembeli koran tersebut. Apalagi kalau tulisan Anda di muat di halaman depan atau halaman yang penting; di dunia internet, belum tentu.

"Menulis artikel di internet harus ditulis juga dalam bahasa yang dimengerti oleh Google."

Agar tulisan dibaca pengguna internet, Anda harus menulis dalam bahasa yang dimengerti oleh 'mahluk' seperti Google, Bing atau Search, yang sering disebut 'Search Engine.' Yang paling popular dari Search Engine ini masih Mbah Google. Saingannya mungkin Bing. Jadi, Anda harus menulis artikel untuk dua 'mahluk' sekaligus. Pertama , tulisan Anda harus menarik dibaca orang seperti Anda dan saya; kedua, harus menarik dibaca oleh 'Search Engine.'

Kedua, tampilkan tulisan Anda di situs yang 'dikenal' Google. Tampil di halaman pertama atau kedua Google ibarat orang yang memilih jalan hidup. Jalannya sempit dan sesak dan melawan arus lagi. Begitulah pertarungan untuk tampil di halaman pertama atau kedua Google. Ratusan ribu postingan berebut halaman pertama dan kedua. Namun, hanya 10 artikel yang memenuhi syaratlah yang diperbolehkan Google tampil di 'kasta' paling tinggi.     

Kemudian, Anda harus menampilkan artikel Anda di situs yang sudah dikenal Google. Bila Anda menampilkan artikel atau postingan Anda di situs yang hanya diisi beberapa halaman saja, Google berat hati menampilkan artikel Anda. Ia cenderung menampilkan postingan situs-situs yang isinya minimal 30 halaman. Makin banyak konten situs makin ia suka. Jadi, bila Anda menulis artikel hanya beberapa saja di situs dan setelah itu Anda berhenti menulis, tulisan Anda akan terkubur di dasar laut internet yang paling dalam, yang tidak akan dibaca oleh orang kecuali Anda sendiri.

Ketiga, gunakan kata kunci yang relevan. Di sini Anda harus berkreasi memikirkan kata kunci yang menggambarkan artikel Anda. Anda harus mutar otak di sini.  Anda harus memilih kata kunci yang akan dimasukkan ketika mencari informasi dan  bila kata kunci tersebut tidak ada dalam tulisan Anda,  sudah jelas tulisan Anda tidak akan nongol ke permukaan laut internet sampai kiamat. 

Keempat, jangan sekali-sekali menyontek tulisan orang lain. Hindari mencuri konten orang lain. Hukumannya berat. Di Hukum Taurat  Agama Yahudi, yang sudah berumur 2500 tahun itu,  telah dituliskan, "Jangan mencuri." Google salah satu 'mahluk' yang mentaati Hukum Ke-8 ini. Bila konten Anda adalah hasil curian, Google akan membuat 'bar code' di tulisan  yang Anda curi: konten curian.  Dan kalau tanda ini sudah melekat pada tulisan Anda, jangan harap Google 'simpatik' kepada Anda di kemudian hari. Bila tulisan Anda adalah copian dari situs lain, Google tidak akan beri toleransi; postingan Anda akan ditaruhnya di urutan terakhir, yang tidak akan pernah dibaca orang. 

Kelima, komitmen untuk terus menulis. Di bidang apa saja- komitmen ini sangat penting. Dengan kata lain, motivasi harus tetap tinggi. Bila Anda berhenti menulis di tengah jalan sementara Anda sudah menampilkan beberapa tulisan di internet- sudah pasti Google lambat laut akan mengabaikan tulisan Anda di kemudian hari. Ibarat ungkapan hubungan relasi di kalangan anak muda; ada uang abang sayang; tak ada uang Abang ditendang. Google juga akan 'menendang' postingan Anda kalau Anda tidak terus menulis. 

Tentu masih ada aspek-aspek lain yang perlu diperhatikan untuk menulis artikel agar tulisan Anda muncul di halaman pertama Google. Namun, bila Anda mengindahkan nasihat-nasihat di atas, tulisan Anda akan tampil di halaman pertama Google.

Sebagai latihan, coba aja masukkan kata kunci berikut ke Google:  pola pikir, etos kerja, meningkatkan motivasi, mencegah stress, uang pesangon, pembicara publik; mudah-mudahan situs ini masih tampil di halaman pertama Google. .

LINK TERKAIT

Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Menulis Anda?

Melatih Pikiran dengan Membaca

Bagaimana Meningkatkan Motivasi Hidup Anda?

Dari Menulis Artikel ke Halaman Depan


Copyright 2009-2016 putra-putri-indonesia.com


Berlangganan
Putra-Putri-Indonesia.com (Free)

Enter Your E-mail Address
Enter Your First Name (optional)
Then

Don't worry — your e-mail address is totally secure.
I promise to use it only to send you Putra-Putri-Indonesia.com.

KONTAK
0813-1141-8800
021-8430-3041

Motivator Indonesia

Pembicara Publik