Peran Bisnis Proses dalam Meningkatkan Kinerja Sebuah Organisasi

Berapa besar peran bisnis proses dalam meningkatkan kinerja sebuah organisasi? Apakah bisnis proses diperlukan untuk menaikkan produktifitas organisasi atau bisnis proses hanya slogan semata?

Penulis akan menyajikan dampak bisnis proses terhadap kinerja yang berkaitan dengan kontrol internal (internal control) dalam sebuah organisasi besar.

Pada bulan October 2002, penulis menjadi bagian dari Business Excellence Group dari sebuah perusahaan minyak besar. Pada saat itu, kebutuhan untuk membuat bisnis proses belum begitu mendesak. Beberapa bisnis proses memang sudah dibuat dan telah terdokumentasi dengan baik termasuk Drilling, Procurement, dan Gas Supply Assurance. Namun, belum ada komitmen di kalangan para pimpinan dan manejer untuk mendokumentasikan bisnis proses lain dan melaksanakannya.

Munculnya Sarbanes Oxley Act atau sering dikenal dengan SOX Act, membuat bisnis proses menjadi satu keharusan. Puluhan bisnis proses pun dibuat agar perusahaan tidak mendapat sanksi. Selama tiga tahun sejak tahun 2003, penulis terlibat aktif membuat bisnis proses dalam perusahaan tersebut.

Pada akhir tahun 2003, sebagian besar bisnis proses yang masuk kategori SOX telah didokumentasikan. Pada tahun 2004, beberapa bisnis proses yang belum terdokumentasi dibuat. Ada juga bisnis proses yang direvisi. Tahun 2005 bisnis proses yang masuk kategori SOX 404 sudah didokumentasikan dengan baik.

Apa hasilnya? Peran bisnis proses memang terbukti dalam hal peningkatan kinerja.

Ketika perusahaan diaudit pada tahun 2004, tiga (3) area mendapat nilai merah ('need improvement') seperti Operation Process, Financial Report & General Ledger, dan Account Reconciliation. Delapan (8) area mendapat nilai biru ('reliable') dan tidak ada yang mendapat nilai hijau
('effective and efficient'). Pada tahun 2005, hanya ada satu (1) area yang mendapat nilai merah; tujuh (7) area mendapat nilai biru dan empat (4) area mendapat nilai hijau. Pada tahun 2006, hasilnya semakin baik. Tidak ada area yang mendapat nilai merah; lima (5) area mendapat nilai biru; dan tujuh (7) area mendapat nilai hijau.

Hasil penilaian di atas adalah hasil SOX audit yang dilakukan setiap tahun dan baru merepresentasikan sebagian dari keseluruhan kinerja perusahaan. Masih banyak hal yang perlu diperhatikan kalau mau melihat kinerja keseluruhan dari sebuah organisasi.

Mengacu pada apa yang disebut dengan 'total quality management,' ada sembilan unsur yang perlu diperhatikan: kepemimpinan, manajemen sumber daya manusia, kebijakan dan sasaran organisasi, dana, bisnis proses, kepuasan karyawan, kepuasan pelanggan, dampak terhadap masyarakat, dan hasil bisnis.

Banyak perusahaan yang maju seperti Toyota memberi perhatian besar terhadap bisnis proses dalam meningkatkan kinerja organisasi. Dan organisasi yang memiliki bisnis proses yang baik kemungkinan besar akan mencapai hasil yang lebih memuaskan dibandingkan dengan organisasi yang tidak menghiraukan bisnis proses atau yang memiliki bisnis proses, tapi hanya sebatas dokumentasi.

Tentu tantangan utama berkaitan dengan bisnis proses adalah dalam hal kebijakan. Banyak resistansi untuk membuat bisnis proses menjadi satu kebijakan organisasi. Resistansi yang lebih besar adalah melaksanakan dan mengikuti bisnis proses sebagai acuan kerja dan merevisi bisnis proses baik oleh karena perubahan kebijakan atau karena kinerja organisasi perlu ditingkatkan.

Pelatihan-pelatihan untuk membuat bisnis proses penting dihadiri untuk mendapatkan gambaran tentang apa peran bisnis proses dalam organisasi, bagaimana membuat dan mengatur agar bisnis proses memberikan kontribusi penting dalam meningkatkan kinerja organisasi.

Bila organisasi Anda belum mendokumentasikan bisnis proses dan Anda punya keinginan menigkatkan kinerja organisasi melalui bisnis proses, Anda dapat mengundang kami untuk memberikan pelatihan Business Process Improvement and Management di organisasi Anda.

Bila Anda menginginkan pelatihan ini diadakan di organisasi Anda, silahkan menghubungi kami di 021 8430-3041 atau 0813 1141 8800

Link Terkait

Dokumen Apa Saja Yang Anda Butuhkan untuk Mendapatkan Izin Usaha?

Langkah-Langkah Mendirikan Perusahaan (PT)

Syarat Pendirian Perusahaan (PT)

Berapa Biaya untuk Mendirikan Perseroan Terbatas?

Bagaimana Langkah-Langkah Mendirikan Yayasan?

Apa Isi Pasal-Pasal Undang-Undang Yayasan yang Berlaku di Republik Ini?

Perizinan yang Dilayani Badan Perizinan Terpadu (BPT) Kabupaten Bogor

Delapan Saran untuk Pemegang Saham

Bagaimana Merancang Struktur Organisasi yang Efektif?

Tips Wawancara: Perhatikanlah Kelima Hal Ini Sebelum Mengangkat Seseorang Menjadi Pekerja di Perusahaan Anda

Contoh Uraian Jabatan Reservoir Engineer di Perusahaan Minyak

Melakukan Evaluasi Jabatan di Perusahaan

Metode Evaluasi Jabatan: Sepuluh (10) Faktor yang Dipehitungkan

Apa Peran Bisnis Proses dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi?


Copyright 2009-2016 putra-putri-indonesia.com


Berlangganan
Putra-Putri-Indonesia.com (Free)

Enter Your E-mail Address
Enter Your First Name (optional)
Then

Don't worry — your e-mail address is totally secure.
I promise to use it only to send you Putra-Putri-Indonesia.com.


Kontak:
021 8430 - 3041
0813 1141 8800