Bagaimana Tahapan Proses Kerjasama Investasi

Bagai Anda yang mau mengetahui bagaimana tahapan proses kerjasama investasi untuk proyek Anda, berikut adalah tahapannya:

  1. Membuat Project Executive Summary.
  2. Pertemuan antara Mediator dan Pelaksana Proyek.
  3. Survey & Due Dilligence.
  4. Analisa Proyek.
  5. Menawarkan Proyek kepada Investor.
  6. Pertemuan antara Investor dan Pelaksana Proyek.
  7. Tandatangan Perjanjian Kerjasama

Tahap Pertama, membuat Project Executive Summary. Pada tahap ini, Anda mempersiapkan satu atau dua halaman Project Executive Summary. Summary berisi judul atau nama proyek, deskripsi proyek, lokasi proyek, kapan proyek dimulai, dana yang dibutuhkan, nilai proyek, keuntungan dari proyek, profit sharing (bila sudah ada), nama pelaksana proyek (perusahaan).

Kami sudah menyiapkan Contoh Project Executuive Summary sebagai informasi. Anda dapat memodifikasi contoh tersebut sesuai dengan kondisi dan natur dari proyek Anda.

Tahap Kedua: Proses Kerjasama Investasi

Tahap Kedua, pertemuan antara Mediator dan Pelaksana Proyek. Bila Project Executive Summary Anda menarik buat kami, kami akan mengundang Anda untuk bertemu. Tempat bisa disepakati sesuai dengan situasi. Bila pada tahap ini sudah ada proposal lengkap, Anda dapat memberikan satu copy untuk kami pelajari.

Pada tahap ini, kami secara singkat akan menanyakan beberapa hal mengenai proyek Anda termasuk pengalaman melakukan proyek yang sama dan informasi-informasi lain yang terkait dengan proyek tersebut.

Bila pada pertemuan ini, kami mendapatkan informasi yang cukup dan memenuhi persyaratan untuk ditindaklanjuti, kami akan memberi informasi kepada Anda untuk melakukan Survey dan Due Dilligence.

Tahap Tiga: Survey & Due Dilligence. Pada tahap ini, kami akan mengunjungi kantor dan/atau lokasi proyek Anda. Kami akan meminta informasi yang kami butuhkan mengenai perusahaan dan informasi lain terkait proyek Anda.

Kami mendiskusikan proyek dengan Anda lebih dalam mulai dari kesiapan melakukan proyek, sumber daya manusia, rencana rinci atau Detail Plan, nilai proyek, dana yang dibutuhkan, profit, profit sharing dan poin-poin kerjasama antara pelaksana proyek dan investor.

Kami sudah menyiapkan daftar pertanyaan untuk dijawab oleh pelaksana proyek dan informasi-informasi yang perlu disiapkan. Kami meminta informasi lengkap untuk keperluan Due Dilligence ini.

Tahap Keempat: Analisa Proyek. Pada tahap ini, kami mempelajari dan menganalisa lebih lanjut proposal proyek Anda dan informasi-informasi lain yang terkait dengan proyek. Kami juga mempelajari apakah proyek Anda feasible dan menguntungkan dan menghitung resiko-resiko yang mungkin terjadi selama proyek dilaksanakan.

Bila hasil analisa kami memberikan informasi bahwa proyek Anda feasible, menguntungkan dan resiko dapat ditanggung oleh investor, maka kami melanjutkan proses kerjasama investasi ke tahap berikutnya.

Tahap Kelima: memberikan informasi Proyek kepada Investor. Pada tahap ini, kami memberikan infomasi yang singkat dan padat mengenai proyek Anda. Kami juga memberikan rekomendasi terhadap proyek Anda. Bila investor berminat, kami akan mengatur pertemuan antara investor dan Pelaksana Proyek.

Tahap Keenam: Pertemuan antara Investor dengan Pelaksana Proyek. Pada tahap ini, Pelaksana Proyek memberi presentasi di hadapan investor. Investor mungkin bertanya lebih rinci mengenai proposal proyek Anda. Bila ada informasi-informasi yang masih kurang jelas, di tahap ini akan ditanyakan dan pelaksana proyek memberi jawaban.

Akan dibahas juga hal-hal teknis seperti profit sharing dan informasi-informasi lain seperti Project Detail Plan. Bila Investor puas dengan informasi yang diterima dari Pelaksana Proyek, Investor mungkin akan memberikan keputusan pada saat itu juga atau meminta waktu untuk membuat keputusan. Bila investor ok, maka tahap berikutnya akan dilakukan, penandatanganan kerjasama investasi.

Tahap Ketujuh: Tandatangan Perjanjian Kerjasama. Pada tahap ini, perjanjian kerjasama dibuat di notaris dihadapan notaris. Informasi-informasi yang dibutuhkan untuk perjanjian kerjasama diserahkan kepada notaris sebelum hari penandatangan perjanjian. Bila semuanya sudah lengkap, penandatanganan dilakukan.

Setelah penandatanganan kesepakatan, maka para pihak akan melakukan kewajibannya sesuai dengan kesepakatan. Investor mentransfer dana ke no rekening pelaksana proyek dan pelaksana proyek mengeksekusi proyek sampai selesai. Bila proyek sudah selesai, pelaksana proyek menyerahkan modal dan hasil kepada investor.

Itulah sekilas tahapan proses kerjasama investasi.

Bila masih ada yang perlu ditanyakan. Silahkan menghubungi kami.

KONTAK: 0813-1141-8800
            E-mail: business.excellence.luminance@gmail.com atau
                info@business-excellence.luminance@gmail.com

LINK TERKAIT

  1. Mencari Investor Usaha (Proyek) Sampai Rp50 Miliar
  2. Bagaimana Membuat Proposal Proyek agar Investor Tertarik?
  3. Contoh Project Executive Summary
  4. Bagaimana Tahapan Proses Kerjasama Investasi?
  5. Rahasia Menjadi Kaya: Berinvestasi!
  6. Menjadi Orang Kaya dengan Berinvestasi
  7. Anda Mau Menjadi Investor?
  8. Bagaimana Menambah Penghasilan dengan Modal Kecil?
  9. Seminar: Start Your Own Business
  10. Seminar: Financing Your Business (Project)

Copyright 2009-2017 putra-putri-indonesia.com


Berlangganan
Putra-Putri-Indonesia.com (Free)

Enter Your E-mail Address
Enter Your First Name (optional)
Then

Don't worry — your e-mail address is totally secure.
I promise to use it only to send you Putra-Putri-Indonesia.com.

KONTAK: 0813-1141-8800

Mencari Investor Usaha (Proyek) sampai Rp50 M