Rahasia Gagal: Tiga Kunci Rahasia Mengapa Orang Gagal

Hari ini saya mendapatkan inspirasi mengenai rahasia gagal dari Stephen Tong, sosok yang berpengaruh di Asia bahkan di dunia. Dalam pidato yang berdurasi lebih dari satu jam, ia menyelipkan rahasia kegagalan. Anda mungkin tidak menyukai ini. Namun, bila Anda mempelajari rahasia ini, Anda mungkin menuai sukses. Seperti yang dikatakan oleh Bob Knight, penulis buku The Power of Negative Thinking, berpikir negatif adalah salah satu cara yang tidak lazim untuk sukses.

Stephen Tong menyebutkan tiga hal yang membuat orang gagal. Saya akan uraikan satu persatu di sini sebagai pelajaran bagi Anda. Pertama, melakukan segala sesuatu untuk kepentingan diri sendiri. Dengan kata lain, semua yang Anda lakukan hanya untuk diri Anda sendiri. Ini bisa dimulai dari ingin menonjolkan diri, hanya mau untung sendiri atau hanya untuk menyenangkan diri sendiri. Pusat dari seluruh tindakan atau aktifitas Anda adalah diri Anda dan hampir tidak ada perhatian untuk orang lain. Kalaupun Anda melakukan sesuatu untuk orang lain- itu hanyalah basa-basi. Yang jelas, orang lain tidak menjadi sasaran dari aktifitas Anda.  Bila Anda masuk dalam kategori ini, sudah dipastikan Anda akan gagal dalam hidup Anda.

Secara alami, natur manusia memang demikian. Naluri manusia selalu ingin memuaskan keinginan dirinya sendiri. Kita hanya mau mengutamakan diri kita. Jarang kita memikirkan orang lain atau kepentingan orang banyak. Yang lebih kita utamakan adalah diri kita. Apakah ketika kita di kantor, masyarakat, komunitas, institusi atau lembaga mana saja- ini merupakan ciri yang mudah dilihat. Tidak perduli apakah kita berpendidikan tinggi, punya jabatan tinggi, atau punya kedudukan sosial yang relatif tinggi- ini merupakan 'merek dagang' dari setiap manusia secara umum. Sangat jarang kita menemukan sosok-sosok yang mendahulukan kepentingan umum.

Rahasia Gagal Kedua:
Melakukan Segala Sesuatu Demi Uang

Kedua, melakukan segala sesuatu demi uang. Uang menjadi sasaran utama. Anda mudah menemukan ini dalam lingkaran hidup Anda. Melangkah saja Anda 50 meter dari rumah, Anda akan menemukan paling tidak satu orang yang punya pandangan seperti ini. Apakah ia pemulung, satpam, office boy, karyawan, atau pejabat yang menduduki jabatan tinggi- orang dengan ciri mengutamakan uang mudah ditemui. Bila Anda melakukan segala sesuatu demi uang atau uang menjadi sasaran hidup Anda- sudah dipastikan Anda akan gagal. Pada akhir hidup Anda, Anda tidak akan mendapatkan yang Anda kejar. Tangisan dan penyesalan yang tiada henti-hentinya menanti Anda di akhir hidup Anda.

Ketiga, melakukan segala sesuatu untuk menyenangkan semua orang. Anda berbuat agar orang lain senang. Anda berbuat agar Anda disukai orang lain. Orang lain senang- itu yang penting bagi Anda sekalipun Anda harus mengorbankan prinsip-prinsip yang universal atau kebenaran. Kebenaran, bagi Anda, hanyalah isapan jempol semata. Etika hormat kepada orang tua, jangan mencuri, jangan menipu, jangan mengingikan milik orang lain- ini semua diabaikan demi orang lain senang. Yang penting bagi Anda adalah orang lain senang dan Anda mendapat balasan berupa kesenangan yang Anda butuhkan. Bila ini Anda lakukan, sudah dipastikan Anda akan gagal.

Itulah rahasia gagal. Anda sekarang bisa mengevaluasi diri Anda- apakah Anda melakukan salah satu atau ketiga hal di atas. Bila Anda melakukannya dan Anda tidak mau gagal, cepat-cepatlah 'memutar haluan' selama masih ada kesempatan. Bila kesempatan hilang, Anda pasti menyesal dan sudah jelas kegagalan menanti Anda.

Dari Rahasia Gagal ke Halaman Depan


Copyright 2009-2016 putra-putri-indonesia.com


Berlangganan
Putra-Putri-Indonesia.com (Free)

Enter Your E-mail Address
Enter Your First Name (optional)
Then

Don't worry — your e-mail address is totally secure.
I promise to use it only to send you Putra-Putri-Indonesia.com.

Apa Tujuan Hidup Anda?

Tips Merubah Pola Pikir

Bagaimana Mencegah Stress Berlebihan?

KONSULTASI BISNIS & TRAINING
0813-1141-8800
021-8430-3041