Rahasia Menjadi Kaya: Berinvestasi!

Apa sich rahasia menjadi kaya? Ada beberapa cara. Ini sudah saya tulis dalam tulisan berjudul "Menjadi Orang Kaya dengan Berinvestasi di Usaha yang Riil."

Di halaman ini, penulis mau menekankan kembali dan mengajak Anda mau berinvestasi di usaha-usaha yang riil- apakah itu di usaha Anda sendiri atau di usaha-usaha orang lain.

Menjadi orang kaya dalam materi, berinvestasi adalah opsi yang paling baik. Prinsip ini sudah ada ribuan tahun dan masih berlaku sampai sekarang. Siapapun yang ingin kaya, berinvestasi adalah kuncinya.

Untuk mendapat buah pohon mangga yang lebih banyak, biji mangga harus ditanam. Ditanam saja belum tentu tumbuh. Kalau tumbuh, belum tentu berbuah.

Kalau berbuah, belum tentu baik dan banyak buahnya. Namun, untuk mendapat buah yang lebih banyak, biji mangga harus ditanam. Ini hukumnya dan merupakan prasyarat.

Rahasia menjadi kaya: 'menanam'. Berinvestasi. Tidak mungkin orang menjadi kaya kalau ia tidak berinvestasi. Tidak mungkin menjadi kaya bila hanya berharap dari  penghasilan bulanan dan menyimpannya di bank. Metode ini tidak akan pernah membuat Anda menjadi orang kaya.

Tentu, menjadi kaya bukanlah tujuan hidup yang paling utama. Namun, perlu dipahami bahwa untuk menjadi kaya- berinvestasi adalah cara yang paling mulia dan terhormat.

Cara-cara lain seperti berjudi, lotere, atau undian berhadiah ratusan juta atau miliaran rupiah bukanlah cara yang mulia. Bahkan bermain saham gorengan pun bukanlah cara yang mulia untuk menjadi kaya. Cara yang terbaik adalah menanamkan uang di usaha-usaha yang riil.

Rahasia Menjadi Kaya. Bagaimana Caranya?

Pertama, Memulai Usaha Sendiri. Tentu, Anda perlu membuat pilihan dan kalkulasi-kalkulasi rasional terhadap usaha yang akan Anda rintis. Paling tidak, Anda mempunyai pengetahuan, pengalaman dan kemampuan menjalankan usaha itu.

Lebih baik lagi kalau bakat dan talenta Anda dapat ditampung dalam usaha itu. Banyak yang berbisnis di bidang yang bukan "domain"nya. Terjun ke bisnis itu karena tergiur oleh keuntungan sesaat. Setelah terjun beberapa waktu, usahanya tutup; uang yang dinvestasikan tidak kembali.

Hindarilah berusaha dengan metode ini. Setiap orang punya DNA yang unik; tiap orang juga sudah punya "domain" usaha masing-masing.

Kisah Salah Berinvestasi

Satu kali isteri saya mengajak saya untuk terjun di bisnis ayam. Ide ini ia dapat dari teman satu kuliahnya. Temannya mendapat keuntungan Rp25.000.000 setiap bulan dari bisnis ayam dengan modal yang tidak sampai dua ratus juta rupiah.

Selama beberapa bulan, teman isteri saya mendapat untung. Namun, hidup bukan di tangan manusia. Setelah lebih 8 bulan, bisnis temannya tutup karena semua ayam yang dipelihara mati. Tidak ada yang merawat ayam karena pekerja yang digaji memilih pekerjaan lain.

Itu hanya salah satu contoh orang yang gagal berinvestasi dalam waktu yang singkat. Yang dilihat hanya keuntungan sesaat tanpa memikirkan bagaimana menjalankan dan mempertahankan usaha.

Kurang perencanaan. Keputusan berbisnis diambil hanya untuk mendapat keuntungan sesaat.  Mau menjadi pengusaha dengan motto 'yang-penting-untung.' Ini falsafah yang sering dipilih banyak orang. Sudah pasti berbisnis dengan falsafah begini akan menuai kegagalan.

Mau Sukses Berusaha? Jalankan Hukum-Hukumnya.

Usaha sulit maju kalau tidak memahami dan mengikuti  hukum-hukum dalam dunia usaha. Dalam segala bidang ada hukumnya dan siapapun yang melawan hukum itu akan gagal. Usaha bisa saja tetap bertahan, tetapi tanpa ada kemajuan yang berarti.

Jadi, bila Anda mau beinvestasi di usaha sendiri, kumpulkanlah informasi sebanyak mungkin: bagaimana berusaha dan menjalankannya, bagaimana prosesnya, berapa orang yang dibutuhkan untuk melakukannya, termasuk mencatat pemasukan dan pengeluaran dalam usaha. Begitu banyak yang harus dipelajari kalau mau sukses berbisnis. Jadi, mau menjadi kaya juga harus mematuhi hukum-hukum yang sudah ditetapkan.

Anda mau kaya? Anda mau berbisnis dengan benar? Hadiri seminar kami: Start your own Bisnis. Anda mendapat prinsip-prinsip yang solid, bekal menjadi sukses dan kaya.

Masih adakah cara lain menjadi kaya? Berinvestasi di usaha-usaha riil orang lain. Anda menjadi investor. (JM)


START YOUR OWN BUSINESS
Jadwal Jakarta
   Kontak: 0813-1141-8800; 0813-1122-1148;
E-mail: info@business-excellence-luminance.co.id atau
info@putra-putri-indonesia.com (bagi pelanggan situs ini)


Dari Rahasia Menjadi Kaya ke Halaman Depan


Copyright 2009-2017 putra-putri-indonesia.com


Berlangganan
Putra-Putri-Indonesia.com (Free)

Enter Your E-mail Address
Enter Your First Name (optional)
Then

Don't worry — your e-mail address is totally secure.
I promise to use it only to send you Putra-Putri-Indonesia.com.

Kontak Seminar
0813-1141-8800
0813-1122-1148

Start Your Own Business

Financing Your Business (Project)

Menjadi Orang Kaya dengan Berinvestasi


Apa Itu Financial Freedom?

Bagaimana Mencegah Stress?