Rahasia Umur Panjang, Sehat dan Tetap Produktif

Apa Rahasia Umur Panjang?

Banyak yang berumur panjang, tetapi berumur panjang, sehat dan produktif sangat langka. Itulah profil  Pak Samin, supir angkot 79 yang saya tumpangi pagi ini dari Citra Grand ke Junction Cibubur.

Pak Samin sekarang berumur 75 tahun. Badannya masih kuat dan belum pikun. Bicaranya masih lancar, mata masih bisa melihat dengan jelas dan belum pakai kacamata. 

Bila umumnya orang diumur segitu tidak melakukan aktifitas berarti, Pak Samin masih bekerja. Hampir tiap hari ia menarik angkot dan masih bisa mengumpulkan uang kira-kira Rp60.000 setiap kali ia narik.

Sudah tentu ia tidak meminum vitamin atau supplemen yang mahal-mahal seperti TF Riovida atau TF Plus untuk mencapai umur segitu dan tetap sehat.

Bila banyak orang mengkonsumsi suplemen atau vitamin, menjaga pola makan dan masih fitness secara teratur agar bisa sehat dan umur panjang, Pak Samin seperti melawan arus.

Saya melihat Pak Samin dari kursi belakang sambil mendengar obrolannya dengan penumpang yang duduk di sebelahnya. Umur penumpang itu kira-kira 60 tahun dan mau ke rumah sakit Melia untuk cek gula darah dan tensi. Obrolan mereka tentang kesehatan.

Sang penumpang kasih nasihat sama Pak Samin. "Kita harus sering olah raga kalau mau sehat, Pak" kata penumpang itu. Pak Samin tersenyum. "Boro-boro ada waktu untuk olah raga, Pak. Hampir tiap hari saya kerja begini," jawab Pak Samin.

"Rahasia Umur Panjang: Berdoa," kata
Pak Samin

Karena penasaran sama Pak Samin yang masih sehat dan produktif di umur 75, saya bertanya. "Apa rahasianya, Pak?" "Berdoa saja," kata Pak Samin. "Apa lagi, Pak?" sambil mengharap jawaban lain. "Itu aja. Minta saja sama Tuhan agar dikasih kesehatan," kata Pak Samin.

Berdoa - rahasia umur panjang, sehat dan produktif. Saya coba merenungkan makna berdoa. Ketika berdoa ada komunikasi dengan Sang Ilahi. Makin sering berdoa makin sering berkomunikasi, dan bagaimana mengenal Sang Ilahi kecuali mengetahui dan melakukan perintah-Nya.

Sang Ilahi sudah memberi rahasia umur panjang. Siapa saja yang mencari hikmat seperti mencari mas dan perak, ia akan berumur panjang. Kehormatan dan kekayaan juga akan ia dapatkan. Hikmat itu sendiri berasal dari Sang Ilahi.

Kekayaan memang tidak harus dalam bentuk materi. Mengenal Sang Ilahi merupakan kekayaan yang luar biasa bahkan merupakan kekayaan yang paling berharga dari segala jenis kekayaan yang mungkin diraih manusia bahkan mengalahkan kekayaan orang terkaya di dunia, yaitu Bill Gates dengan kekayaannya kira-kira Rp1000 Trilun itu.   

Sebelum turun, saya merenungkan resep umur panjang, sehat dan produktif versi Pak Samin sambil berpikir untuk menulis dan membagi kisahnya kepada orang lain. Saya turun dari angkot, bayar ongkos dan melihat sekilas wajah Pak Samin.

Orangnya yang suka tertawa sudah memberi sinyal bahwa ia orang yang gembira, resep lain untuk berumur panjang. "Hati yang gembira adalah obat, yang dapat menyegarkan tulang," kata pepatah kuno.

Dengan tertawa, hormon beta endorpin akan diproduksi otak yang berfungsi meregenerasi sel.

Mau berumur panjang, tetap sehat dan produktif? Coba saja nasihat Pak Samin- berdoa. (JM)


Copyright 2009-2017 putra-putri-indonesia.com


Berlangganan
Putra-Putri-Indonesia.com (Free)

Enter Your E-mail Address
Enter Your First Name (optional)
Then

Don't worry — your e-mail address is totally secure.
I promise to use it only to send you Putra-Putri-Indonesia.com.

Kapan Sebaiknya Mengambil Pensiun Dini?

Bagaimana Memilih Pekerjaan?

Bagaimana Mencegah Stress?

Berapa Nilai Waktu Anda?

Apa Tujuan Hidup Anda?