Seminar Berpikir Sistem di Universitas Katholik Parahyangan (Bandung)





Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Industri Universitas Parahyangan (Bandung) mengadakan Seminar Berpikir Sistem hari Sabtu lalu.

Tujuan dari seminar/workshop ini adalah

  • Menyadarkan generasi muda untuk memiliki pola berpikir sistem
  • Mengetahui tujuan dan cara-cara berpikir sistem
  • Mengetahui kiat-kiat melawan keterbatasan dan melewati kendala dalam memaknai suatu permasalahan
  • Belajar dari pengalaman orang-orang yang telah berhasil mengimplementasikan pola berpikir sistem dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk mengisi seminar, panitia mengundang beberapa pembicara yang sudah dikenal di masyarakat: Alvin Adam (pembawa acara hiburan dan televisi), Ongky Hojanto (Motivator), Judika Malau (Trainer & Motivator), Derry Holyus Andreas Sakti (Senior Account Manager P&G Indonesia), DR. Ika Mardiah, M.SI (Kepala Balai Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Provinsi Jawa Barat), Zivanna Letisha Siregar (Putri Indonesia 2008 dan pembawa berita di stasiun televisi nasional).

Panitia membagi acara seminar ke dalam beberapa sesi. Pada sesi pertama, Judika Malau, sebagai pembicara utama dalam seminar ini, membawa topik Berpikir Sistem. Pada sesi kedua, talk show tentang berpikir sistem dimoderasi oleh Zivana Letisha Siregar dengan nara sumber, Derry, Alvin dan Ibu Ika. Pada sesi ketiga, Ongky Hojanto membawa topik Strategi Berpikir Sistem dengan mengadopsi Six Thinking Hats-nya Edward de Bono. Ketiga sesi saling melengkapi. Ada unsur teori, praktek dan informasi bagaimana impelementasi pola pikir sistem di lapangan.

Banyak hal yang menarik dari seminar ini. Salah satu adalah soal teori. Pembicara utama memberikan gagasan bahwa berpikir sistem itu adalah sesuatu yang alami. Ia mengatakan bahwa dunia dicipta dengan sebuah sistem; bagian yang satu saling terkait dengan yang lain. Alam semesta ada dalam sebuah sistem; begitu juga manusia. Segala mahluk yang hidup di dunia ini eksis dalam sebuah sistem. Bukan itu saja, baik manusia, binatang, tumbuhan dan mahluk-mahlauk lain ada dalam sebuah sistem; alam eksis untuk manusia dan manusia eksis untuk Pencipta.

Pembicara pertama menyajikan faktor-faktor yang membuat berpikir sistem itu sulit. Misalnya, para pemikir Yunani kuno seperti Sokrates, Plato dan Aristoteles ikut andil dalam membentuk pola pikir manusia masa kini. Namun, pembicara tersebut tidak hanya menyajikan penyebab sulitnya berpikir sistem, beliau juga menyajikan langkah-langkah berpikir sistem.

Salah satu langkah yang disodorkan adalah kebiasaan membaca buku. Menurut beliau, memiliki kebiasaan membaca buku membuka potensi untuk berpikir sistem; pikiran-pikiran berkabut dan tidak sistematis dalam pikiran bisa dibenahi. Kata-kata yang ditulis secara teratur dan rapi termasuk logika dan nilai sastra tulisan bisa merangsang pikiran untuk berpikir secara teratur dan sistematis.

Kedua adalah musik. Menurut beliau, musik kasik khususnya, membantu seseorang untuk berpikir sistem. Semakin baik musik yang didengar semakin besar pula kemungkinan seseorang untuk berpikir sistem. Musik yang digubah oleh komposer besar seperti Johann Sebastian Bach, George Frideric Handel, Wolfgang Amadeus Mozart, Ludwih Van Beethoven- ini  semua dapat merangsang otak untuk berpikir sistematis.

Pembicara masih menuliskan beberapa poin tentang langkah-langkah berpikir sistem dan paparan beliau sangat menarik untuk dipelajari. Langkah apa saja untuk membantu berpikir integral- Anda dapat mengundang beliau memberikan seminar berpikir sistem di instansi atau organisasi Anda atau Anda dapat menghadiri Seminar 'Seven Steps to Systematic Thinking' bila jadwalnya sudah diluncurkan di publik.

Hubungi
0813-1122-1148 atau 0813 1141 8800




Dari Seminar Berpikir Sistem ke Halaman Depan


Copyright 2009-2016 putra-putri-indonesia.com


Berlangganan
Putra-Putri-Indonesia.com (Free)

Enter Your E-mail Address
Enter Your First Name (optional)
Then

Don't worry — your e-mail address is totally secure.
I promise to use it only to send you Putra-Putri-Indonesia.com.


Jadwal Training

0813 1122 1148
0813 1141 8800