Seminar Kepemimpinan

Seminar Kepemimpinan


Effective Leadership

(Date TBA), 08.00 - 17.00, Jakarta  
 0813-1141-8800 (WA); 0813-1122-1148
info@business-excellence-luminance.co.id atau


Maju tidaknya sebuah organisasi tergantung kepada pemimpin. Ibarat seorang gembala, pemimpin membawa semua orang yang ada dalam organisasi menuju kepada sasaran yang ingin dicapai oleh organisasi tersebut. Dalam perusahaan berskala besar, sasaran ini bisa disajikan dalam bentuk visi dan misi, yang kemudian dijabarkan ke dalam bentuk sasaran jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek. Jadi, seorang pemimpin, mau tidak mau, harus mengetahui arah dari organisasi dan sasaran-sasaran yang jelas untuk diraih.

Pentingnya Delegasi

Namun, tugas seorang pemimpin bukan hanya itu saja. Pemimpin harus menjabarkan visi/misi dan sasaran ini ke berbagai divisi atau departemen sesuai dengan struktur organisasi yang telah dibentuk. Tidak mungkin sasaran organisasi diraih oleh satu orang pemimpin atau beberapa orang. Sasaran harus dikerjakan bersama oleh sekelompok orang, yaitu seluruh pekerja yang ada dalam organisasi tersebut.

Jadi, ada pembagian tugas, yang dibagi-bagi kepada setiap direktur atau manager di perusahaan tersebut. Direktur atau manager pun masih akan membagi tugas yang ia terima kepada orang-orang yang ada di departemennya. Mungkin masih ada lagi superintendent atau supervisor- tergantung struktur organisasi dari organisasi. Semakin besar sebuah organisasi semakin banyak pula jenjang organisasi. Ada yang memilih sampai 7 jenjang; ada juga yang memilih jenjang yang lebih pendek- lima (5) misalnya.

Pentingnya Komunikasi

Selain pembagian tugas, seorang pemimpin harus mengkomunikasikan sasaran-sasaran organisasi kepada bawahannya, khususnya orang-orang yang langsung melapor ke pemimpin.  Di sinilah salah satu tantangan bagi seorang pemimpin; bagaimana ia mengkomunikasikan sasaran-sasaran organisasi kepada bawahannya.

Mengkomunikasikan sasaran ini menuntut kemampuan berkomunikasi; bagaimana berbicara di depan orang lain. Sekalipun sasaran sudah diketahui pemimpin, ia harus mampu mengkomunikasikannya kepada orang lain. Ia harus memastikan bahwa sasaran organisasi dimengerti oleh bawahannya. Pemimpin harus mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan dari bawahan mengenai sasaran-sasaran organisasi.

Bagaimana pemimpin berkomunikasi kepada bawahan sangat penting. Ketika seorang pemimpin berbicara di depan orang lain, pada saat itu penilaian dari bawahan terhadap pemimpin terjadi. Bawahan akan mengingat apa yang dikatakan pemimpin termasuk janji-janji atau komitmen yang diutarakan dan itu menjadi pegangan bagi para bawahan dalam melaksanakan tugas. Kemampuan berkomunikasi, akhirnya merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting dalam kepemimpinan.

Di level pemimpin, khususnya pimpinan organisasi seperti CEO atau Direktur- kemampuan ini mungkin sudah baik. Namun, bagaimana dengan para manajer atau supervisor? Apakah mereka mempunyai kemampuan berkomunikasi yang sama dan memiliki pemahaman yang sama dengan pemimpin mengenai sasaran yang akan dicapai organisasi? Apakah mereka dapat menjelaskannya kepada bawahannya seperti CEO menjelaskannya kepada para direktur? Isu-isu dan kompetensi tentang berkomunikasi menjadi salah satu isu sentral bagi line management atau siapa pun yang menjadi bagian dari kepemimpinan organisasi.

Memotivasi Bawahan

Yang lebih menantang dari tugas seorang pemimpin dan para 'line management' adalah bagaimana memotivasi orang-orang yang ada di organisasi untuk melakukan dan mencapai sasaran-sasaran organisasi.  Ketika pemimpin mengajak orang lain untuk melakukan tugas dan mencapai asaran organisasi-  ini akan melibatkan integritas dari seorang pemimpin. Perkataan dan tindakan pemimpin menjadi taruhan dan bila tidak ada kesesuaian antara perkataan dan tindakan, maka kepercayaan para bawahan lambat laun luntur. Tidak mudah berpikir positif bagi para pekerja; lebih mudah untuk melihat-hal-hal yang negatif.

Masih banyak isu-isu yang perlu dibahas dalam kepemimpinan termasuk kebijakan, upah, fasilitas, dan yang lain-lain. Itu sebabnya, pelatihan atau seminar kepemimpinan adalah salah satu wadah untuk meningkatkan kompetensi kepemimpinan para orang yang menjadi bagian dari line management.



Seminar Kepemimpinan

Bagi Anda membutuhkan pelatihan kepemimpinan, silahkan menghubungi kami. Kami dapat memberikan informasi lebih rinci tentang pelatihan ini.

Kami juga mengadakan  seminar publik untuk kepemimpinan. Jadwal dan fee kami sajikan di halaman Jadwal Training Jakarta. Anda dapat juga meninggalkan pesan dengan mengisi Training Information Form di bawah ini.                  

Kontak
       info@business-excellence-luminance.co.id
       0813-1141-8800 (WA); 0813-1122-1148

Training Information Form

Please note that all fields followed by an asterisk must be filled in.

Please enter the word that you see below.

  

Dari Seminar Kepemimpinan ke Halaman Depan


Copyright 2009-2016 putra-putri-indonesia.com


Berlangganan
Putra-Putri-Indonesia.com (Free)

Enter Your E-mail Address
Enter Your First Name (optional)
Then

Don't worry — your e-mail address is totally secure.
I promise to use it only to send you Putra-Putri-Indonesia.com.


Kontak
0813-1141-8800
0813-1122-1148



JADWAL TRAINING

Luminance of the Mind

Habits of the Mind

Thinking with Six Hats