Seminar Pengambilan Keputusan
'The Path'

TRAINING: THE PATH
Jadwal & Tempat
   Kontak: 0813-1141-8800; 0813-1122-1148;
E-mail: info@business-excellence-luminance.co.id atau
info@putra-putri-indonesia.com (bagi pelanggan situs ini)

Seminar Pengambilan Keputusan

Membuat keputusan pada hal-hal yang kecil seperti kita mau makan apa, kita mau berlibur ke mana, atau kita mau menonton apa- relatif mudah. Dan banyak keputusan yang kita ambil dalam kehidupan sehari-hari termasuk kategori ini. Sekalipun proses berpikir tetap dibutuhkan, energi yang dibutuhkan tidak begitu banyak. Kita tidak bakal menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk memilih baju yang mau dipakai ke pesta atau menghabiskan waktu setengah jam hanya untuk memilih menu makanan. Kita bisa melakukannya relatif cepat tanpa banyak membuat analisa.

Bagaimana dengan keputusan-keputusan yang penting seperti memilih jurusan di perguruan tinggi? Ini tidak dapat diputuskan dalam waktu satu atau dua hari. Ini membutuhkan waktu berhari-hari bahkan mungkin sampai satu atau dua bulan, khususnya bila kita memilih jurusan yang belum kita kenal. Kita akan melakukan survei dan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin sebelum kita memutuskan untuk memilih jurusan tersebut.

Seminar Pengambilan Keputusan

Ada alasan mengapa kita membutuhkan waktu yang relatif lama untuk memutuskannya? Pertama adalah waktu. Kita membutuhkan waktu yang relatif lama untuk kuliah. Dibutuhkan waktu paling tidak 4 tahun sebelum kita diwisuda. Kedua, pemilihan jurusan akan berdampak pada pekerjaan di masa
mendatang. Kita berharap bahwa pekerjaan kita di masa mendatang masih sesuai dengan jurusan kuliah yang kita pilih. Begitu banyak fakta bahwa pilihan pekerjaan sering tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan. Ada yang kuliah di kedokteran, tetapi akhirnya menjadi sales mobil. Apapun alasannya, pilihan pekerjaan ini dengan latar belakang kuliah kedokteran merupakan produk dari kesalahan pemilihan jurusan kuliah.

"Ada yang mengatakan bahwa salah satu keputusan yang paling penting dalam hidup adalah memilih pasangan hidup. Bila Anda belum menikah, berikanlah waktu yang cukup banyak untuk menentukan pasangan
hidup Anda."

Bagaimana dengan memilih pasangan hidup? Ini membutuhkan waktu dan pemikiran yang lebih banyak lagi dibandingkan dengan memilih jurusan kuliah atgau pekerjaan. Bila Anda salah memilih jurusan di kuliah- ini masih bisa diterima. Anda masih bisa mengganti jurusan. Namun, bila Anda salah memilih pasangan hidup, neraka bakal menanti kehidupan Anda. Bagi sebagian orang, ini merupakan penderitaan yang akan menyita waktu Anda puluhan tahun.

Tidak ada seorangpun yang mau membuat kesalahan dalam memilih pasangan hidup. Namun, begitu banyak orang yang cerai atau pisah ranjang karena mungkin salah memilih pasangan hidup. Bagi mereka yang tidak memilih cerai, tetapi memilih pisah- inipun tetap merupakan penderitaan yang sebenarnya bisa dihindari kalau seandainya ada pemikiran yang banyak dituangkan dalam memilih pasangan hidup. Ada yang mengatakan bahwa salah satu keputusan yang paling penting dalam hidup adalah memilih pasangan hidup. Bila Anda belum menikah, berikanlah waktu yang cukup banyak untuk menentukan pasangan hidup Anda.

Banyak keputusan-keputusan besar yang akan kita ambil dalam perjalanan hidup kita. Ini termasuk pemilihan tempat tinggal, apakah akan memulai bisnis, atau apakah akan mengembangkan bisnis baru, dan sebagainya. Semua ini membutuhan banyak pemikiran dan tidak selamanya mudah untuk
diputusankan. Kita membutuhkan waktu dan kadang ada keputusan yang harus diambil dengan hati yang berat.

Bagaimana membuat keputusan dalam kehidupan kita pribadi? Apa pegangan untuk membuat keputusan demikian? Bagaimana kita mengenal 'blue print of life' kita? Mungkinkah kita mengetahui rencana hidup lebih awal? Jawabannya bisa Anda dapatkan di pelatihan di bawah ini. (JM)

TRAINING: THE PATH
Jadwal & Tempat
   Kontak: 0813-1141-8800; 0813-1122-1148;
E-mail: info@business-excellence-luminance.co.id atau
info@putra-putri-indonesia.com (bagi pelanggan situs ini)


Bagaimana Mencegah Stress Berlebihan?

Kritik terhadap Teori Motivasi Maslow

Dari Seminar Pengambilan Keputusan ke Jadwal Training



Copyright 2009-2016 putra-putri-indonesia.com


Berlangganan
Putra-Putri-Indonesia.com (Free)

Enter Your E-mail Address
Enter Your First Name (optional)
Then

Don't worry — your e-mail address is totally secure.
I promise to use it only to send you Putra-Putri-Indonesia.com.

KONTAK
0813-1141-8800
0813-1122-1148

Jadwal Training

Luminance of the Mind

Habits of the Mind

Thinking with Six Hats

The Second Curve