Back to Back Issues Page
Putra-Putri-Indonesia.com
August 07, 2017
Bapak/Ibu Yth.,

Apa Itu Wawasan Dunia (Worldview)?

Setiap hari kita membuat keputusan. Kita membuat keputusan-keputusan yang kecil seperti memilih pakaian untuk dipakai ke kantor, memilih makanan untuk makan siang.

Kita juga membuat keputusan-keputusan yang lebih lebih besar dan serius seperti memilih jurusan di bangku kuliah, memilih pekerjaan ketika ada dua atau tiga tawaran datang dalam waktu yang bersamaan, memilih tempat tinggal, memilih pasangan hidup, memulai bisnis dan memilih keyakinan.

Apapun keputusan yang kita buat- itu merupakan produk dari paradigma kita. Ibarat koin yang punya dua sisi, tindakan atau keputusan merupakan sisi yang satu; keyakinan-keyakinan yang hidup dalam diri adalah sisi yang satu lagi. Keduanya tidak dapat dipisah. Worldview dan tindakan merupakan pasangan yang tidak dapat dipisahkan.

Apa itu worldview? Istilah ini pertama kali digulirkan oleh Immanuel Kant. Menurut Kant, manusia menggunakan akal sehat untuk mencapai pengertian dan makna dunia ini dan peran manusia di dalamnya.

Pengertian 'weltanchauung' atau 'worldview' kemudian berkembang. Sebagian orang menyebutnya sebagai perspektif hidup. Ada yang menyebutnya sebagai visi, prinsip-prinsip, sistem nilai, cita-cita atau ideologi.

Di link berikut adalah artikel yang lengkap.

#Apa Itu Wawasan Dunia (Worldview)?

"Keep Learning Keep Growing," nasihat Dale Carnegie.

#Seminar: Paradigm
Jakarta (28-29 Agustus 2017);
Surabaya (14-15 September 2017);
Yogyakarta (28-29 September 2017)

#Seminar: Start Your Own Business, Jakarta, 7 September 2017

Sampai bertemu di edisi berikutnya.

Salam
Judika

Back to Back Issues Page