Anggaran Dasar, Bab 1-3

Pasal 1 sd 11

                               ANGGARAN DASAR BATAK CENTER

PEMBUKAAN

Bahwa nenek moyang orang Batak yang disebut Si Raja Batak, ditempatkan Tuhan bermukim di Pusuk Bukit, dipinggir Danau Toba. Setelah beranak cucu dan bermarga lebih dari 200 marga, turunan Si Raja Batak menyebut dirinya bangsa Batak. Bangsa Batak kemudian disebut Suku Batak, setelah Indonesia merdeka dari penjajahan Belanda yang direbut bersama-sama dengan suku lainnya, kemudian bersatu menjadi Bangsa Indonesia.

Perjuangan Bangsa Batak melawan Belanda si penjajah sunggu nyata di tapanuli tahun ... sampai dengan ... yang dipimpin oleh Sisingamangaraja XII bermarga Sinambela. Selanjutnya semua suku membentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dengan semangat Bhineka Tunggal Ika dan resmilah bangsa Indonesia terbentuk dan merdeka pada saat Proklamasi 17 Agustus 1945.

Suku Batak berdiaspora dari Pusuk Bukit ke seluruh Tapanuli dan kawasan Danau Toba, sehingga kampung Suku Batak terpencar di berbagai tempat dan menjadi Puak. Di masing-masing tempat tersebut, bermukim dan menjadi kampung halaman Puak-puak Batak, yaitu (diabjad) Batak Angkala di Kabupaten Angkola Tapanuli Selatan, Batak Fakfak-Dairi di Fakfak/Dairi, Batak Karo di Kabupaten Karo, Batak Mandailing di Kabupaten Mandailing, Batak Simalungun di Kabupaten Simalungun dan Batak Toba di Kabupaten Samosir, Kabupaten Toba-Samosir, Kabupaten Tapanili Utara dan Kabupaten Humbang Hasundutan.

Suku Batak juga merantau ke seluruh Indonesia bermukim di semua Provinsi Indonesia, bahkan sampai ke Mancanegara. Setiap orang Batak paham silsilahnya dan dimana pun berada selalu membawa marga dan adat istiadatnya yang justru makin penting peranannya di abad modern ini.

Abad modern dengan semua ciri-cirinya yang luar biasa banyak dan terus berkembang menjadi penghalang dan kendala besar untuk memelihara jati diri dan budaya  Batak. Manusia bila tercerabut dari jati diri dan budaya yang kemungkinan besar akan menjadi manusia yang hanya sekedar hidup yang tidak memikirkan generasi penerus, apalagi peduli dengan masa lalu generasinya dan kampung halamannya. Pada umumnya manusia yang demikian    melayang-layang diarus pergaulan dunia, karena tidak mempunyai akar yaitu jati diri. Akibatnya etnik, suku dengan budayanya akan punah. Perubahan dunia yang begitu cepat dan makin cepat disertai globalisasi yang padat pula dan saling mempercepat dan memperbesar mengakibatkan manusia makin individualistis, egoistis, bahkan makin asing satu sama lain. Upaya untuk mengatasi fenomena ini salah satu dengan melestarikan dan mengembangkan jati diri, budaya, dan cinta kampung halaman.

Budaya Batak tergolong tua dan memiliki nilai luhur Habatakon (Kebatakan) yang tercermin dari perumpamaan, pantun, prasasti dan acara-acara, demikian juga adanya aksara, legenda, bahasa, kesenian sastra dan suara (nyanyian) serta adat istiadat dalam pergaulan sehari-hari, serta mempunyai semangat belajar dan merantau yang tinggi. Semuanya disebut unsur Kebatakan atau Habatakon (bahasa Batak) dengan lafal Habatahon

Untuk memelihara dan mengembangkan semua unsur Habatahon dan memberdayakan generasi penerus disepakati  membentuk Pusat Habatahon yang disebut Batak Center dengan Anggaran Dasar sebagai berikut:

BAB I
NAMA, PENDIRI, TEMPAT KEDUDUKAN DAN KEDAULATAN

Pasal 1
NAMA

Lembaga ini bernama Batak Center, didirikan di Jakarta pada tanggal akte ini ditandatangani.

Pasal 2
PENDIRIAN

Batak Center didirikan oleh sekelompok orang Batak yang nama-namanya tertera dalam Akte Notaris. Nomor ..... tanggal ............ oleh Notaris ......

Pasal 3
(1) Pendirian Batak Center diperuntukan bagi pelestarian, pengembangan dan kepentingan budaya puak Batak, yaitu (diabjad) Batak Angkola, Batak Fakfak-Dairi, Batak Mandailing, Batak Karo, Batak Simalunggun dan Batak Toba. Demikian juga diperuntukkan bagi pemberdayaan warga Batak terlebih generasi penerusnya dimana pun berada.
(2) Pendirian Batak Center untuk waktu yang tidak terbatas, tetapi diatur melalui  aturan yang tertera dalam AD dan ART.

Pasal 4
KEDUDUKAN

Wilayah organisasi Batak Center meliputi seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terbagi sesuai jenjang pemerintahan di Tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota dimana orang Batak bermukim dan orang Batak yang bermukim di luar Indonesia

Pasal 5
KEDAULATAN

Kedaulatan dari Batak Center berada di tangan pemimpin nasional yang terdiri dari pembina, penasehat, pengawas pusat dan daerah dan pimpinan pengurus pusat dan daerah (ketua, wakil ketua, sekretaris dan bendahara) yang anggotanya dari masing-masing Puak dan dilaksanakan dalam mekanisme organisasi melalui Rapat Umum.

BAB II

ARTI

Pasal 6
Arti Batak Center adalah suatu Lembaga yang berfungsi melestarikan dan mengembangkan budaya Batak serta tempat pemberdayaan suku Batak dan Puak-puaknya dengan segala aspeknya.

BAB III
IDENTITAS, ASAS, PRINSIP, LAMBANG DAN BENTUK

Pasal 7
IDENTITAS

Batak Center mempunyai identitas kesukuan Batak, yaitu Ulos, dan tetap sebagai bagian integral dari bangsa Indonesia.

Pasal 8
ASAS

Batak Center berasaskan Pancasila dan UUD 1945 dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pasal 9
PRINSIP
(1) Batak Center mempunyai Prinsip ajaran, yaitu kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri, beriman dan bertaqwa.
(2) Batak Center berprinsip bahwa orang Batak yang melaksanakan adat istiadat berpegang pada Dalihan Natalu.
(3) Batak Center berprinsip, bahwa semua warga negara Republik Indonesia mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam hukum dan kewajiban di semua segi kehidupan, bebas beribadah, memperoleh pendidikan, kesempatan pekerjaan, kesehatan dan sebagainya.

Pasal 10
LAMBANG

Logo terdiri dari :
a. Lingkar luar berwarna merah dan putih melambangkan bendera merah putih.
b. Lingkar dalam ada 5 (Lima) bintang melambangkan Pancasila.
c. Lingkar paling dalam ada gambar Ulos yang terdiri dari gorga puak Batak
melambangkan ke khasan Batak.

Pasal 11
BENTUK
Batak Center adalah organisasi Nirlaba berbentuk Lembaga Kemasyarakatan


Copyright 2009-2018 putra-putri-indonesia.com


Berlangganan
Putra-Putri-Indonesia.com (Free)

Enter Your E-mail Address
Enter Your First Name (optional)
Then

Don't worry — your e-mail address is totally secure.
I promise to use it only to send you Putra-Putri-Indonesia.com.