Pembicara Seminar Motivasi
yang Unik dan Berbobot

Setiap pembicara seminar mempunyai keunikan tersendiri. 'Langit' telah menganugerahkan dunia dengan pembicara dengan tipe yang berbeda. Meminjam istilah Florance Littauer, ada tipe Kolerik, Sanguin, Melankolik dan Plegmatis.

Pembicara Tipe Kolerik

Pembicara tipe Kolerik tidak punya banyak basa-basi. Ia memancarkan wibawa. Dari raut wajahnya saja kita dapat melihat bahwa ia punya rasa percaya diri yang besar. Ia tidak punya banyak humor apalagi humor yang dangkal. Kalaupun ada, humornya berbobot dan bermutu. Ketika bicara, ia tegas. Pemilihan kata-kata yang bermutu juga merupakan ciri dari tipe pembicara seminar yang kolerik.

Pembicara Tipe Melankolik

Pembicara  tipe Melankolik biasanya banyak menggunakan banyak data dan analisa. Ia memberikan banyak informasi dan interpretasi dan memberikan kaitan antara yang satu dengan yang lain. Penjelasannya rinci. Bila Anda adalah tipe orang yang suka hal-hal yang besar, Anda akan bosan mendengar pembicara tipe Melankolik.  Selain itu, komunikasi pembicara tipe Melankolik biasanya datar. Tidak  banyak dinamika; monoton. 'Sense of humor'-nya juga kurang. Kalaupun ada, yang mendengar tidak menganggapnya humor. Kalau Anda suka data-data yang rinci dan analisa dalam seminar, Anda sebaiknya mencari pembicara tipe Melankolik.

Pembicara Tipe Plegmatis

Pembicara seminar tipe Plegmatis beda lagi. Tidak seperti tipe Kolerik yang memancarkan wibawa, tipe Plegmatis memancarkan persahabatan. Ia mudah bergaul dan jarang memakai kata-kata yang menyinggung perasaan orang lain. Raut wajah maupun tutur katanya menunjukkan suasana bersahabat. Oleh karena sikapnya yang bersahabat, sering juga ia tidak punya pendirian. Ia suka kompromi. Ia bahkan rela mengorbankan prinsipnya demi persahabatan yang langgeng. Bila Anda membutuhkan pembicara yang tidak mau melukai perasaan Anda, undanglah pembicara tipe Plegmatis.

Pembicara Tipe Sanguin

Contoh Pembicara tipe Sanguin adalah Tukul. Anda tahu Tukul kan? Dia adalah sosok yang menghibur. Tipe ini mampu memberikan suasana yang riuh dalam seminar. Ia suka membuat pernyataan ataupun gerakan yang membuat pendengarnya tertawa terpingkal-pingkal. 'Sense of humor'-nya tinggi. Ia polos dan apa adanya. Tidak seperti Kolerik yang terkesan berwibawa, Sanguine tidak malu kalau sikapnya seperti kekanak-kanakan.

Selain itu, tipe pembicara Sanguin sering mampu mempengaruhi orang lain. Oleh karena kelihaiannya berkomunikasi, tipe Sanguine sering membuat  orang lain kagum padanya. Pada hal, pemahaman atau pengetahuan dari si Sanguin sebenarnya tidak sedalam pengetahuan atau pemahaman dari tipe Kolerik atau Melankolik. Si Sanguin kelihatan memukau. Perawakannya yang menarik dan menawan memang sering membuat orang kagum kepadanya. Ia disukai  banyak orang. Umumnya, tipe pembicara seperti ini digemari orang karena kemampuannya membuat suasana hidup.

Setiap Pembicara Punya Keunikan

Tiap tipe mempunyai keunikan. Yang paling bagus adalah kalau pembicara memiliki keunikan-keunikan masing-masing dan belajar kelebihan dari tipe lain. Misalnya, pembicara tipe Sanguin perlu membekali dirinya dengan teori-teori yang dalam sehingga ia tidak kelihatan wah di permukaan. Kalaupun ditanya, ia dapat memberikan jawaban yang dalam seperti cara si Melankolik atau si Kolerik.

Begitu juga dengan si Kolerik. Ia perlu belajar bagaimana menghibur seperti si Sanguin tanpa harus menjadi kekanak-kanakan. Si Melankolik belajar bagaimana tidak melulu memberikan data-data yang rinci, tetapi juga  memberikan konsep yang makro. Si Plegmatis juga belajar bagaimana mempunyai prinsip terutama dalam falsafah-falsafah hidup yang mendasar. Ia perlu belajar dari si Kolerik dalam hal ini.



Butuh Pembicara Seminar?
Kontak
0813-1141-8800 (WA); 0813-1122-1148


TOPIK TERKAIT

Tips Menjadi Pembicara Publik

Bagaimana Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan Anda?


Copyright 2009-2016 putra-putri-indonesia.com


Berlangganan
Putra-Putri-Indonesia.com (Free)

Enter Your E-mail Address
Enter Your First Name (optional)
Then

Don't worry — your e-mail address is totally secure.
I promise to use it only to send you Putra-Putri-Indonesia.com.


Jadwal Training

Kontak
0813-1141-8800 (WA)
0813- 1122 1148