Seminar Pola Pikir: Perubahan Paradigma

Seminar Pola Pikir

Salah satu kunci penting dalam menjalani kehidupan adalah perubahan paradigma. Apakah orang mau sukses dalam bisnis, berhasil dalam hubungan sosial atau memenangkan sebuah pertandingan- perubahan paradigma disebut salah satu faktor yang sangat menentukan.

Namun, perubahan paradigma bukan sesuatu yang mudah dilakukan. Itu tidak terjadi dalam hitungan detik seperti disebutkan oleh orang-orang tertentu. Seolah-olah bahwa merubah paradigma semudah membalikkan telapak tangan dan kehidupan seseorang bisa berubah dalam hitungan detik dengan hanya merubah cara pandang. Perubahan paradigma bukan demikian.

"Perubahan paradigma tidak terjadi dalam hitungan detik."

Sulitnya merubah pradigma dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu faktor adalah bahwa perubahan itu terjadi dalam pikiran. Pikiran seperti diketahui tidak dapat diselidiki. Otak dapat dilihat dengan bantuan teknologi, tetapi pikiran  tidak dapat diperiksa. Pikiran tidak bermateri dan tidak kelihatan. Pikiran menyimpan misteri dan sampai sekarang pun sulit mengetahui  dengan pasti bagaimana ia bekerja. Kalaupun ada yang mencoba menformulasikannya, itu hanya perkiraan-perkiraan saja. Pikiran bekerja begitu lincah dan tidak ada yang bisa menerka apa yang terjadi didalamnya.

Faktor lain yang membuat sulit merubah paradigma adalah bahwa perubahan itu tidak terjadi hanya semata-mata karena kekuatan sendiri. Hari ini bisa saja Anda mau merubah pola hidup Anda, tetapi besok lusa, Anda bisa lupa terhadap apa yang Anda putuskan. Banyak informasi bisa melintas dalam pikiran sehingga informasi-informasi sebelumnya lewat begitu saja termasuk  komitmen untuk berubah.

Perubahan paradigma juga sulit terjadi karena dibutuhkan metode-metode tertentu untuk merubahnya. Pikiran bersifat rohani sehingga satu-satunya substansi yang bisa merubahnya harus bersifat rohani juga. Uang atau materi tidak bisa merubah status atau kondisi pikiran. Materi- seperti makanan dan minuman- hanya bisa membantu agar aspek phisik seperti otak, yang sering dikaitkan dengan pikiran, bisa melakukan aktifitasnya dengan normal.

Ibarat arus sungai yang sudah besar dan terbentuk begitu lama, pola pikir juga demikian. Paradigma sudah terbentuk begitu lama dan telah diisi dengan arus pikiran yang begitu kuat sehingga informasi apapun yang disodorkan kepada pikiran sulit merubah arus pikiran tersebut.

Faktor lain yang membuat sulit merubah paradigma adalah bahwa paradigma yang telah terbentuk begitu kuat dan besar. Semua tindakan dan sikap- apakah itu kata-kata, etos kerja, emosi dan lainnya- ini semua merupakan produk dari paradigma yang sudah terbentuk. Ibarat arus sungai yang sudah besar dan terbentuk begitu lama, sulit arusnya dirubah atau dialohkan, paradigma juga demikian. Paradigma  telah terbentuk begitu lama dan dihuni dengan arus pikiran yang begitu kuat sehingga informasi apapun yang disodorkan kepada pikiran sulit arus pikiran tersebut berubah. Sama dengan sungai yang sudah besar, dibutuhkan banyak energi untuk mengalihkan arus pikiran dari arus utama.

Fakta ini seolah-olah menyatakan bahwa tidak ada harapan untuk berubah. Memang kalau dilihat secara alami- perubahan paradigma sulit terjadi. Ibarat sungai yang hanya pinggirannya berubah secara perlahan, arus pikiran juga demikian. Hanya perubahan kecil yang mungkin terjadi, tetapi arus pikiran yang besar tidak berubah.

"Masih ada peluang untuk berubah. Tentu, perubahan ini tidak lagi semata-kata karena kekuatan sendiri, tetapi karena faktor x, yang di luar dikontrol manusia."

Apakah ada metode untuk merubah paradigma? Secara alami, ini sesuatu yang tidak mungkin. Paradigma tidak mudah berubah. Namun demikian, masih ada peluang untuk berubah. Tentu, perubahan ini tidak lagi semata-kata karena kekuatan manusia itu sendiri, tetapi karena faktor x, yang berada di luar dikontrol manusia. Selain itu, salah satu pra-syarat penting adalah bahwa yang mampu merubah paradigma haruslah sesuatu yang lebih kuat dari pikiran itu sendiri.


SEMINAR POLA PIKIR: PARADIGM CHANGE
       08.00 - 17.00, Jadwal Jakarta, Jadwal Bekasi - Cikarang
       Kontak: 0813-1141-8800
       info@business-excellence-luminance.co.id

Training Information Form

Please note that all fields followed by an asterisk must be filled in.

Please enter the word that you see below.

  



Dari Seminar Pola Pikir ke Jadwal Training 


Copyright 2009-2016 putra-putri-indonesia.com


Berlangganan
Putra-Putri-Indonesia.com (Free)

Enter Your E-mail Address
Enter Your First Name (optional)
Then

Don't worry — your e-mail address is totally secure.
I promise to use it only to send you Putra-Putri-Indonesia.com.


Jadwal Training

Kontak:
0813-1141-8800
0813-1122-1148

Luminance of the Mind

Six Habits of the Mind

Thinking with Six Hats

Start your own Business

Financing your Business

Investing your Money