Bagaimana Membuat Proposal Proyek agar Investor Tertarik?

Membuat Proposal Proyek

Kami sering kali melihat proposal-proposal yang tidak layak baik dari pemilik proyek maupun mediator. Dari penampilan proposal saja sudah tidak layak; bagaimana mungkin proposal demikian akan diminati investor?  

Untuk menolong Anda, berikut adalah tips agar proposal Anda diminati investor. Pertama, membuat proposal sebaik mungkin. Bila Anda menyajikan proposal Anda dengan cara yang professional, besar kemungkinan bahwa proposal Anda akan dilirik lebih lanjut. Berusahalah menyajikan proposal sebaik mungkin.

Kedua, jenis proyek. Bila proposal Anda menarik bagi investor termasuk bagi kami sebagai mediator, yang berikutnya dilihat investor adalah jenis proyek. Tidak semua investor tertarik dalam semua bidang investasi. Bila jenis proyek masuk dalam minatnya, investor akan melihat proposal Anda lebih jauh. Hanya dalam kondisi-kondisi tertentu proyek Anda bisa diterima.

Ketiga, investor melihat keuntungan. Investor melihat berapa besar keuntungan yang akan didapat bila ia menginvestasikan uang di proyek Anda. Hasil ini akan ia bandingkan dengan menyimpan uang di bank. Investor mempertimbangkan rate of return-nya. Bila presentase keuntungan di proyek lebih tinggi dari pada presentase keuntungan menyimpan uang di bank, investor akan memasukkan poin ini sebagai salah satu kriteria investasinya.

Keempat, resiko. Seberapa besar resiko yang akan ditanggung oleh investor bila ia mendanai proyek Anda? Anda perlu mempersiapkan jawaban-jawaban untuk pertanyaan investor tentang proposal Anda. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya membuat deskripsi dan 'business process' dari proyek atau usaha Anda sehingga investor mendapat gambaran tentang proyek atau usaha Anda.

Kelima, bentuk kerjasama. Secara umum, bentuk kerjasama yang diinginkan oleh investor adalah sharing profit. Pilihannya adalah investor masuk ke dalam perusahaan pemilik proyek dan duduk dalam susunan direksi. Pilihanlain adalahg investor tidak  duduk di susunan direksi. Ini tergantung kesepakatan antara Investor dan Anda sebagai Pemilik Proyek. Yang jelas, kerjasama akan dinotariskan.

Membuat Proposal Proyek

Struktur Proposal

Berikut adalah struktur proposal proyek untuk diberikan kepada investor.

Pertama, 'cover' proposal Anda. Ini berisi judul proyek dan nama perusahaan Anda.

Kedua, Project Executive Summary. Ini berisi inti-inti informasi dari seluruh proposal Anda. Halaman ini berisi: nama proyek, deskripsi proyek, modal yang dibutuhkan, nilai proyek, keuntungan yang diperoleh, dan sharing profit.

Halaman berikutnya adalah lampiran-lampiran yang mendukung Project Executive Summary. Lampiran ini berisi biaya rinci tentang materi dan tenaga yang digunakan untuk melaksanakan, waktu  untuk menyelesaikan proyek dan informasi-informasi pendukung lainnya. Informasi ini dibuat rinci agar tidak merugikan Anda di belakang hari sebab ini akan dipakai oleh investor sebagai acuan bagi pembuatan keputusan: Go atau No Go dengan proposal Anda.

Lampiran berikutnya adalah berisi data-data legalitas perusahaan Anda

  • Akte Pendirian Perusahaan/Perubahan
  • SK Menteri tentang Pengesahan Akte Pendirian PT/Perubahan
  • Surat Keterangan Domisili Usaha
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Pengusaha Kena Pajak (PKP)
  • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
  • Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
  • Perizinan lain yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha (Izin HO, dll)
  • KTP Direktur
  • NPWP DIREKTUR
  • KTP Pemegang Saham


Anda dapat memasukan data-data lain sehingga Investor mempunyai gambaran yang lebih baik tentang keberhasilan proyek atau usaha Anda.

Bila Anda membutuhkan konsultasi untuk membuat proposal proyek/usaha, silahkan menghubungi kami.


KONTAK
       0813-1141-8800 (WA); 0813-1122-1148
PT. BUSINESS EXCELLENCE LUMINANCE
Ruko Gate Walk Blok UR/33 Citra Gran
Cibubur Jakarta


LINK TERKAIT

  1. Mencari Investor Usaha (Proyek) Sampai Rp50 Miliar
  2. Apa Anda Mau Menjadi Investor?
  3. Bagaimana Membuat Proposal Proyek agar Investor Tertarik?
  4. Bagaimana Menambah Penghasilan Anda dengan Modal Kecil?
  5. Rahasia Menjadi Kaya: Berinvestasi!
  6. Menjadi Orang Kaya dengan Berinvestasi di Usaha yang Riil
  7. Seminar: Start Your Own Business
  8. Seminar: Financing Your Business (Project)
  9. Seminar: Grow Rich
  10. Seminar: Bridging Investor and Project Owner

Copyright 2009-2016 putra-putri-indonesia.com


Berlangganan
Putra-Putri-Indonesia.com (Free)

Enter Your E-mail Address
Enter Your First Name (optional)
Then

Don't worry — your e-mail address is totally secure.
I promise to use it only to send you Putra-Putri-Indonesia.com.

Kontak
0813-1122-1148
0813-1141-8800 (wa)

 Apakah Anda Mau Jadi Investor?

Anda Mencari Investor?