Seminar Budaya Perusahaan: Dari Mana Memulainya?

Sseminar Budaya Perusahaan

Bagaimana membentuk budaya perusahaan yang unggul? Adakah jalan pintas? Secara singkat: tidak ada.

Banyak faktor yang terlibat dalam membentuk budaya perusahaan. Salah satu kunci penting adalah peran pimpinan (Leadership Team) dari perusahaan itu sendiri. Dan bila mau dijabarkan secara rinci, ini menyangkut falsafah bisnis yang mau diterapkan oleh Ledership Team dalam menjalankan perusahaan. Dari falsafah ini akan diturunkan jabaran-jabaran yang praksis untuk mengoperasikan perusahaan sampai ke tahapan yang rinci seperti bagaimana kebijakan untuk merekrut pekerja, proses bisnis, bagaimana sistem pelaporan kerja dan sebagainya. Dari sini dan aktifitas lain, akan muncul budaya perusahaan. 

Budaya itu sendiri merupakan produk dari sebuah tindakan kolektif dari sekelompok orang atau masyarakat. Namun, bagaimana tindakan kolektif ini bisa terjadi? Ini  merupakan tahapan lanjutan dari tindakan individu, yang secara sadar memahami prinsip atau nilai yang mendasari tindakan tersebut. Misalnya, pekerja perlu memahami mengapa ia memilih perusahaan tertentu menjadi wadah untuk bekerja? Dengan kata lain, pekerja perlu memahami apa tujuan hidupnya dan bagaimana tujuan hidupnya direalisasikan melalui pekerjaannya.

Contoh lain, pekerja perlu memahami etos kerja yang unggul. Pekerja yang diharapkan memiliki sikap kerja keras harus mendapatkan pengertian tentang mengapa ia harus bekerja keras. Ia perlu mendapatkan pemahaman apa keuntungan dengan memiliki sikap ini. Ia juga perlu mendapat pengertian tentang apa yang ia peroleh kalau ia bekerja keras.

"Memberikan pengertian tentang budaya perusahaan unggul kepada pekerja merupakan salah satu langkah penting."

Setelah pekerja mendapat pengertian tentang apa itu bekerja keras, perlu dianalisa apakah ia menerima nilai tersebut. Bila ia sudah menerima nilai dan makna kerja keras, apakah ia dapat menerapkannya? Kalau ia sudah menerapkannya, apakah ia mendapat imbalan dari kerja keras tersebut?

Memulai kebiasaan baik butuh banyak effort yang luar biasa; butuh banyak energi untuk melatih kebiasaan baik. Misalnya, perusahaan harus mau mengalokasikan anggaran untuk membiayai pelatihan berkaitan dengan budaya perusahaan.

"Dibutuhkan metode yang sistematis, konsisten dan berkelanjutan untuk membangun budaya-perusahaan yang unggul."

Jadi, dibutuhkan banyak pemikiran dan usaha untuk mencapai budaya perusahaan yang unggul. Masih harus dipikirkan bagaimana membuat job design- agar pekerja mempunyai wadah untuk merealisasikan budaya perusahaan yang diharapkan. Misalnya, job-design dibuat sehingga pekerja mempunyai kesempatan melakukan pekerjaan sesuai dengan bakat dan talentanya. Masih harus dipikirkan sistem untuk memonitor kinerja individu dan perusahaan termasuk membuat keseimbangan elemen-elemen lain dalam perusahaan seperti proses bisnis, dan berbagai kebijakan perusahaan.

Budaya perusahaan yang unggul bukanlah sesuatu yang mustahil. Itu dapat dicapai dengan catatan, ada metode yang sistematis, konsisten dan berkelanjutan. Usaha tidak berhenti di tengah jalan sekalipun ada perubahan kepemimpinan.

Mendapatkan pengertian yang relatif komprehensif tentang budaya perusahaan sangat perlu bila ada kemauan untuk menciptakan budaya korporasi yang unggul. Ini bisa didapat di seminar budaya perusahaan yang ditawarkan di publik.


SEMINAR: CORPORATE CULTURE
08.00 - 17.00, Sabtu, Jadwal Jakarta, Jadwal Bekasi - Cikarang
Kontak: 0813-1141-8800
info@business-excellence-luminance.co.id

Training Information Form

Please note that all fields followed by an asterisk must be filled in.

Please enter the word that you see below.

  


Dari Seminar Budaya Perusahaan ke Halaman Depan


Copyright 2009-2016 putra-putri-indonesia.com


Berlangganan
Putra-Putri-Indonesia.com (Free)

Enter Your E-mail Address
Enter Your First Name (optional)
Then

Don't worry — your e-mail address is totally secure.
I promise to use it only to send you Putra-Putri-Indonesia.com.


Kontak
 0813-1141-8800
0813-1122-1148


Jadwal Training

Habits of the Mind

Luminance of the Mind

Service Excellence

Business Ethics and Decision Making