Seminar Motivasi: Bagaimana Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan?

SEMINAR MOTIVASI

Motivasi kerja karyawan menurun? Kinerja buruk? Suka bolos, izin, sakit atau mencari alasan lain untuk tidak datang ke kantor? Ini isu yang sering dihadapi 'business owner', direktur atau Manager HRD. Ini sudah penyakit umum di perusahaan manapun.

Beragam insentif dapat diberikan untuk meningkatkan motivasi karyawan. Salah satu adalah dalam bentuk uang atau fasilitas kesehatan, transportasi dan fasilitas menarik lainnya. Para Business Owner atau Direksi yang mengamini Teori Manajemen Frederick Taylor akan memiliki pekerja-pekerja yang stress dan kurang motivasi. Taylor menilai manusia dari sisi materi (uang) saja. Ia menganggap bahwa pekerja hanya termotivasi kalau pekerja diberikan uang. Semakin banyak uang diberi semakin besar motivasi.

Namun, motivasi pekerja akan turun karena gaji menarik atau insentif yang diberikan tidak menyentuh persoalan pekerja yang paling mendalam. Ketika motivasi mau ditingkatkan dengan pendekatan yang sama, hasilnya tidak akan berbeda. Pimpinan perusahaan juga akan berpikir 10 kali untuk menambah anggaran untuk menaikkan gaji atau fasilitas lain agar motivasi meningkat apalagi kalau 'cash flow' perusahaan juga tidak cukup sehat.

Persoalan utama pekerja bukanlah semata-mata soal upah, fasilitas kesehatan atau fasilitas lain seperti perumahan atau transportasi. Insentif berupa materi bagus untuk memelihara motivasi kerja untuk sesaat. Pekerja bisa semangat bila gaji bulanan naik atau ada bonus tahunan.

Namun, untuk membuat pekerja memiliki motivasi tinggi bukan hanya dengan pendekatan materi. Insentif berupa uang atau fasilitas kesehatan perumahan atau transportasi tidak akan pernah menyentuh inti permasalahan dasar pekerja. Solusi terhadap motivasi rendah tidak terletak pada besar  uang atau insentif yang diberikan. Motivasi adalah masalah jiwa, pikiran atau 'state of mind.'

Tips Meningkatkan Motivasi

Seminar Motivasi

Di halaman ini diberikan beberapa tips. Pertama, perlu dipahamilah bahwa pekerja memiliki jiwa dan tubuh. Jiwa dan tubuh tidak terpisah, tetapi merupakan satu kesatuan. Jiwa dan tubuh saling mempengaruhi, tetapi jiwalah yang memimpin tubuh. 

Bila kebutuhan phisik kurang- ini akan berpengaruh kepada jiwa sampai pada tahap tertentu. Bila upah pekerja rendah sedangkan ia pantas mendapatkan upah yang lebih besar, ia bisa berpikir bahwa perusahaan mengeksploitirnya. Pekerja bisa memberontak sekalipun tidak selalu ditunjukkan dalam bentuk phisik. Muncul pergulatan dalam jiwa. Ia dapat memberontak dalam pikiran. Pekerja bisa stress.

Bila ide memberontak sudah muncul dalam pikiran- ini bisa dikonversikan dalam bentuk phisik. Aksi mogok misalnya merupakan salah satu bentuk dari pemberontakan ini. Apa yang terjadi dalam pikiran akan bermuara pada tubuh berupa sikap dan tindakan.

Seminar Motivasi: Salah satu kunci untuk meningkatkan motivasi adalah memberikan kebutuhan pikiran dan tubuh dengan seimbang.

Kedua, perlu memberikan kebutuhan pikiran dan tubuh dengan seimbang. Tidak cukup hanya memberikan insentif berupa materi seperti kenaikan upah, fasilitas kesehatan, dan beragam fasilitas menarik lainnya. Untuk seketika- ini baik; untuk jangka panjang, ini tidak baik buat pekerja maupun untuk perusahaan. Jadi, memberikan kebutuhan pikiran pekerja sangat penting. Dengan kata, lain, karyawan perlu mendapat pendidikan, khususnya pendidikan tentang siapa dirinya, apa persoalan utama dirinya dan apa tujuan hidupnya.

Dengan memberikan nutrisi kepada pikiran, pekerja tidak lagi hanya terfokus pada masalah-masalah kebutuhan phisik, tetapi juga kebutuhan jiwanya. Ini akan mencegah terjadinya kerugian yang lebih besar akibat kinerja buruk dari pekerja termasuk tindakan-tindakan lain seperti aksi mogok. Selain itu, Anda dan pekerja bisa terhindar dari stress.

Tentu masih ada faktor-faktor lain yang perlu diberikan yang kami berikan di seminar. Kami sudah menyiapkan pelatihan untuk meningkatkan motivasi. Salah satu diantaranya adalah seminar Habits of the Mind. Silahkan menghubungi kami. (Penulis: Judika Malau)


SEMINAR: HABITS OF THE MIND
      08.00 - 17.00, Jakarta, Surabaya & Yogyakarta
 0813-1141-8800 (WA); 0813-1122-1148
info@business-excellence-luminance.co.id 
info@putra-putri-indonesia.com (bagi pelanggan situs ini)

Training Information Form

Please note that all fields followed by an asterisk must be filled in.

Please enter the word that you see below.

  


Dari Seminar Motivasi ke Daftar dan Jadwal Training

Kritik terhadap Teori Motivasi Maslow

Apa Itu Wawasan Dunia (Worldview)?

Bagaimana Mencegah Stress Berlebihan?




Copyright 2009-2017 putra-putri-indonesia.com


Berlangganan
Putra-Putri-Indonesia.com (Free)

Enter Your E-mail Address
Enter Your First Name (optional)
Then

Don't worry — your e-mail address is totally secure.
I promise to use it only to send you Putra-Putri-Indonesia.com.

KONTAK

0813-1141-8800

0813-1122-1148

Bagaimana Menambah Penghasilan Anda dengan Modal Kecil?

Start Your Own Business

Financing Your Business

Anda Butuh Investor?


SEMINAR

Habits of the Mind

Six Hats



8 Tips Mencegah Stress

Tips Merubah Pola Pikir