Seminar Motivasi: Bagaimana Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan Anda?

SEMINAR MOTIVASI

Motivasi kerja karyawan Anda menurun? Suka bolos, izin, sakit atau mencari alasan lain untuk tidak datang ke kantor? Anda tidak sendirian. Ini isu yang sering dihadapi 'business owner', direktur atau Manager HRD. Ini penyakit umum bagi perusahaan manapun. Hanya perusahaan yang mengerti persoalan manusia yang sesungguhnyalah yang dapat mengurangi dampak negatif dari penyakit ini sehingga tidak berdampak besar terhadap kinerja perusahaan.

Selama ini mungkin Anda sudah memberikan beragam insentif untuk meningkatkan motivasi karyawan Anda. Bila Anda adalah pengikut Teori Manajemen Frederick Taylor, sudah dapat diprediksi bahwa pekerja-pekerja Anda akan mengalami demotivasi. Taylor menilai manusia dari sisi materi (uang) saja dan menganggap bahwa pekerja hanya termotivasi kalau ia diberikan uang. Semakin banyak uang diberikan semakin besar motivasinya. Jikalau Anda memilih pendekatan ini untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan Anda, motivasi mereka mungkin akan naik dalam beberapa waktu.

Namun, motivasi pekerja akan turun karena insentif yang Anda berikan tidak menyentuh persoalan pekerja yang paling dalam. Dan ketika Anda mau meningkatkan motivasi mereka dengan pendekatan yang sama, Anda akan mendapatkan hasil yang sama. Anda mungkin masih menghadapi  resistansi dari pimpinan perusahaan oleh karena alasan dana yang kurang atau 'cash flow' perusahaan yang tidak mendukung.

"Seminar Motivasi Merupakan Salah Satu Wadah untuk Mencerahkan Pikiran Pekerja."

Persoalan motivasi kerja karyawan bukanlah semata-mata soal upah, fasilitas kesehatan atau fasilitas lain seperti perumahan atau transportasi. Insentif berupa materi bagus untuk memelihara motivasi kerja untuk sesaat atau membuat mereka mau bekerja. Karyawan Anda akan semangat bila gaji bulanan mereka naik atau mereka mendapat bonus tahunan. Namun, untuk membuat mereka mau bekerja dengan motivasi tinggi bukanlah dengan pendekatan materi. Insentif berupa uang atau fasilitas kesehatan perumahan atau transportasi tidak akan pernah menyentuh inti permasalahan pekerja. Solusi terhadap motivasi rendah atau menurun tidak terletak pada berapa banyak uang atau insentif yang mereka terima.

Motivasi adalah masalah jiwa, pikiran atau 'state of mind.' Ini tidak berarti bahwa Anda tidak perlu memberikan kenaikan upah sebagai bentuk penghargaan kinerja baik mereka. Justru kalau karyawan Anda memiliki motivasi tinggi dan kinerja bagus, Anda harus berusaha sekuat tenaga untuk menghargai jerih payah mereka. Anda harus memberikan penghargaan yang tulus atas apa yang telah mereka lakukan terhadap perusahaan Anda.

Tips Meningkatkan Motivasi

Seminar Motivasi

Di sini saya sajikan beberapa tips. Pertama, pahamilah bahwa pekerja Anda merupakan kesatuan dari jiwa dan tubuh. Walaupun pekerja Anda terdiri dari jiwa dan tubuh- ini tidak berarti bahwa ada pemisahan antara keduanya. Kedua-duanya eksis, tetapi merupakan satu kesatuan. Kedua-duanya berbeda, tetapi tidak dapat dipisah. Jiwa dan tubuh saling mempengaruhi, tetapi jiwalah yang memimpin tubuh.  

Misalkan kebutuhan phisik kurang diperhatikan- ini akan berpengaruh kepada jiwa sampai pada tahap tertentu. Bila Anda memberikan upah kecil kepada pekerja Anda sedangkan ia pantas mendapatkan upah yang lebih besar, ia bisa berpikir bahwa perusahaan Anda mengeksploitirnya. Dalam hatinya, pekerja Anda  akan memberontak. Mungkin tidak akan ia tunjukkan secara phisik terhadap Anda atau perusahaan, tetapi dalam pikirannya ia memberontak. Muncul pergulatan dalam jiwanya. Pergulatan ini akan mempengaruhi eksistensinya. Ia bisa stress. Ia berpikir negatif dan bisa memberontak lewat wadah yang ada dalam perusahaan seperti Serikat Pekerja misalnya. Ini semua dapat berakumulasi dan berujung dalam bentuk  tindakan yang merugikan perusahaan. Sebab apa yang terjadi dalam pikirannya akan bermuara pada tubuhnya berupa sikap dan tindakan.

Kedua, Anda perlu memberikan kebutuhan yang berimbang pada pikiran dan tubuhnya. Seperti yang penulis sampaikan sebelumnya, tidak cukup hanya memberikan insentif berupa materi saja seperti kenaikan upah, fasilitas kesehatan, dan beragam fasilitas menarik lainnya. Untuk seketika- ini baik; untuk jangka panjang, ini tidak baik buat pekerja maupun untuk perusahaan Anda. Jadi, Anda perlu memberikan kebutuhan pikiran pekerja Anda. Dengan kata, lain, Anda perlu mendidik karyawan Anda. Anda perlu memberikan pendidikan tentang siapa dirinya dan apa persoalan utama dirinya.

Jadi, bagaimana meningkatkan motivasi kerja karyawan Anda? Memberi Seminar Motivasi adalah salah satu solusinya.

Dengan memberikan nutrisi pikiran kepada pekerja Anda, ia tidak lagi hanya terfokus pada masalah-masalah kebutuhan phisiknya, tetapi juga kebutuhan jiwanya. Paling tidak, Anda telah memberikan pencegahan agar tidak terjadi kerugian yang lebih besar akibat kinerja buruk dari pekerja Anda. Anda sendiri dapat terhindar dari stress karena melihat sikap dan tindakan pekerja yang tidak sesuai dengan harapan perusahaan. Anda dapat memberikan pelatihan Habits of the Mind atau yang sejenis atau seminar motivasi.

Tentu, tidak serta merta pekerja Anda langsung mempunyai motivasi yang tinggi setelah mereka mendapat pelatihan. Meningkatkan motivasi kerja karyawan tidak terjadi dalam satu atau dua hari training. Ada beberapa proses yang harus terjadi dalam diri pekerja dan masih ada faktor x agar pandangan pekerja Anda berubah. (Penulis: Judika Malau) 



Seminar Motivasi

LUMINANCE OF THE MIND
     08.00-17.00; Jadwal Jakarta; Jadwal Lippo Cikarang
   Kontak: 0813-1141-8800; 0813-1122-1148;
info@business-excellence-luminance.co.id 
info@putra-putri-indonesia.com (bagi pelanggan situs ini)

HABITS OF THE MIND
      08.00 - 17.00, Jadwal Jakarta; Jadwal Lippo Cikarang  
 0813-1141-8800 (WA); 0813-1122-1148
info@business-excellence-luminance.co.id 
info@putra-putri-indonesia.com (bagi pelanggan situs ini)

Training Information Form

Please note that all fields followed by an asterisk must be filled in.

Please enter the word that you see below.

  


Dari Seminar Motivasi ke Daftar dan Jadwal Training


Copyright 2009-2016 putra-putri-indonesia.com


Berlangganan
Putra-Putri-Indonesia.com (Free)

Enter Your E-mail Address
Enter Your First Name (optional)
Then

Don't worry — your e-mail address is totally secure.
I promise to use it only to send you Putra-Putri-Indonesia.com.

KONTAK

0813-1141-8800

0813-1122-1148

Bagaimana Menambah Penghasilan Anda dengan Modal Kecil?

Seminar Investasi: Grow Rich

Start Your Own Business

Financing Your Business

Anda Butuh Investor?


SEMINAR

Habits of the Mind

Thinking with Six Hats



8 Tips Mencegah Stress

Tips Merubah Pola Pikir