Tips Agar Proses Pendanaan Usaha atau Proyek Anda Sukses

Proses Pendanaan Usaha

Puluhan pemohon pendanaan yang datang ke saya bulan ini akhirnya harus berhenti di tengah jalan. Ada pemohon yang datang dengan proposal yang tidak memenuhi standar.

Ada yang perizinan proyeknya belum on-hand; sudah diurus, tetapi belum dibayar biaya pengurusannya.

Ada yang legalitas usahanya tidak valid. Ada yang hutangnya banyak, dan berharap pendana membayar hutangnya lewat proyeknya.

Ada yang tidak memiliki modal yang cukup atau tidak memiliki modal yang dipersyaratkan pendana.

Dan yang paling sering adalah tak berani mengambil resiko; tidak punya nyali melangkah ketika uang jadi taruhan.


4 Tips Proses Pendanaan Usaha

Sebagai konsultan pendanaan, berikut adalah 4 tips permohonan pendanaan untuk usaha atau proyek Anda. Bila Anda mengikuti tips ini, 99% Anda bakal sukses.

Pertama, Anda harus yakin dengan proposal proyek atau bisnis Anda. Anda lebih tahu tentang apa yang mau Anda kerjakan- mulai dari ujung ke ujung rantai bisnis usaha Anda.

Anda yang mempunyai 'passion' terhadap usaha Anda. Anda lebih memahami biaya, keuntungan, durasi proyek, dan hal-hal yang bisa membuat proyek tidak jalan dari pada orang lain. Bila Anda yakin dengan proposal Anda, Anda sudah memiliki salah satu persyaratan.

Kedua, pastikan tanah dan perizinan tidak bermasalah. Artinya, tanah untuk proyek atau usaha Anda sudah jelas statusnya: SHM atau HGB. Jangan datang ke pihak pendana bahwa Anda baru berencana membeli tanah untuk proyek Anda.

Perizinan proyek Anda juga sudah di tangan, bukan di pemerintahan daerah atau sedang diurus.

Pernah satu pemohon pendanaan datang ke saya. Status tanah sudah SHM; proposal, RAB, perhitungan cash flow ada. Hampir semua sudah ada kecuali perizinan. Akhirnya, proposalnya tidak dapat diproses sekalipun investor mau mendanai.

Proses Pendanaan Usaha
Ketiga, pastikan Anda memiliki dana. Kalau Anda memiliki dana sampai 30% dari total permohonan dana yang Anda ajukan- ini yang ideal.

Tidak logis memiliki proyek ratusan miliar tanpa modal sama sekali. Saya tidak mau mengatakan bahwa di luar sana tidak ada yang berminat terhadap proposal Anda sekalipun Anda tidak punya modal. Namun, peluang seperti itu sangat kecil.

Investor mau berinvestasi kalau Anda juga mau sama-sama memikul resiko. Bila Anda tidak mau memikul resiko, siapa yang mau berbisnis dengan Anda?

Bila Anda tidak memiliki modal sama sekali, lebih baik Anda urungkan niat Anda untuk mencari pendana. Habis waktu Anda ke sana ke mari untuk proposal proyek yang Anda tidak mau memikul resikonya.

Keempat, berani dan mau mengambil resiko. Dengan kata lain, Anda mempunyai nyali untuk melangkah. Banyak yang memohon pendanaan kepada saya gagal hanya gara-gara yang satu ini.

Tidak berani melangkah; tidak berani mengambil resiko ketika uang dipertaruhkan.

Harus dipahami bahwa jasa itu tidak gratis. 'Waktu adalah uang,' kata Benjamin Franklin. Bila Anda membutuhkan jasa orang lain, Anda harus siap membayar jasanya.

Jangan Anda harap orang lain menjadi pekerja sosial. Hanya dalam kondisi tertentu orang mau bekerja tanpa upah.

Bila Anda meminta jasa mencarikan dana Rp100 Miliar misalnya, Anda siapkanlah dana yang siap Anda gelontorkan. 

Kalau Anda berusaha, Anda mungkin berhasil. Namun, kalau Anda tidak pernah mencoba, usaha untuk menemukan funder tidak akan pernah terjadi.

Saya harap tips di atas dapat membantu Anda. Bila Anda menjalankannya, peluang Anda mendapatkan pendana yang benar besar.



Bila Anda membutuhkan pendanaan, silahkan menghubungi kami.

Kontak: 0813-1141-8800





Copyright 2009-2020 putra-putri-indonesia.com


Berlangganan
Putra-Putri-Indonesia.com (Free)

Enter Your E-mail Address
Enter Your First Name (optional)
Then

Don't worry — your e-mail address is totally secure.
I promise to use it only to send you Putra-Putri-Indonesia.com.


Kontak: 0813-1141-8800

Opsi-Opsi Pendanaan

Diskonto SKBDN atau BG