Jasa Konsultasi Pendanaan
Proyek atau Usaha

Jasa Konsultasi Pendanaan

Melihat banyaknya proposal permohonan pendanaan yang tidak memenuhi syarat di tangan kami, ada baiknya Anda sebagai Project Owner menggunakan jasa konsultasi pendanaan. Ini saran kami.

Tentu, Anda sudah menggunakan jasa konsultan untuk membuat feasibility study, rencana anggaran biaya, narasi proposal dan mengurus perizinan dan mempersiapkan yang lain.

Namun, kami sarankan Anda tetap meminta nasihat dari konsultan pendanaan untuk memahami seluk beluk skema pendanaan dari funder atau investor.

Ada beberapa manfaat bila Anda menggunakan jasa konsultan. Pertama, Anda mendapatkan presentase peluang sukses proses pendanaan dari proposal Anda.

Tentu, konsultan bukan penentu. Pengambil keputusan investasi tetaplah investor. Namun, konsultan mempunyai banyak pengalaman dalam proses pendanaan.

Berdasarkan pengalaman itu, ia dapat memberikan saran kepada Anda untuk membuat persiapan yang lebih baik sebelum Anda mengambil dan mengikuti proses pendanaan dengan skema yang Anda pilih.

Kedua, Anda dapat mengurangi kerugian yang relatif besar selama proses pendanaan. Bila Anda mengikuti skema pendanaan dari investor, selalu ada biaya. Tergantung dari kondisi proyek Anda.

Umumnya, proyek dari nol selalu memerlukan biaya sewa kolateral. Ini opsi yang aman bagi investor.

Ada juga investor yang meminta Project Owner mempunyai dana di rekening minimal 2 atau 3 persen dari total dana yang dibutuhkan agar proses pendanaan berjalan lancar. PPATK atau OJK memonitor semua pergerakan uang di dalam negeri.

Konsultan akan memberikan nasihat yang 'reasonable' dan logis sesuai dengan tuntutan dari skema para investor. Ia akan memberitahukan resiko kalau Anda memilih skema pendana tertentu misalnya.

Dengan informasi lebih awal seperti ini, Anda dapat mengurangi kerugian dengan lebih dulu menyingkirkan penghalang.

Bisa saja perhitungan cash flow projection tidak akurat; asumsinya tidak valid misalnya. Bila ini diperbaiki, peluang proposal diterima makin besar.

Ketiga, Anda dapat memperbaiki dokumen setelah konsultan memberi nasihat. Konsultan akan mengatakan kepada Anda pentingnya dokumen yang sangat mendasar bagi proses pendanaan.

Misalnya, proyek sudah harus memiliki tanah dengan status SHM atau HGB misalnya. Bila tidak, proposal Anda akan ditolak.

Bila proposal proyek belum memiliki perizinan yang dipersyaratkan seperti IMB (Izin Mendirikan Bangunan) misalnya, proposal Anda juga akan ditolak.

Investor tidak mau ada masalah soal status tanah dan perizinan. Ia mau kedua hal ini beres. Investor hanya mau membangun di atas tanah yang tidak bermasalah dan perizinan yang lengkap.

Keempat, Anda dapat memperbaiki perhitungan biaya dan cash flow projection dari proyek Anda dengan memasukkan data dari skema investor.

Selalu ada biaya 'success fee' misalnya. Ini perlu dimasukkan dalam RAB Anda. Ada informasi tentang depresiasi, pajak, dan lain-lain.

Semua informasi yang berkaitan dengan biaya diperhitungkan dalam proposal proyek Anda.

Ruang Lingkup Jasa Konsultasi Pendanaan


Berikut adalah ruang lingkup jasa konsultasi pendanaan yang kami berikan dalam proses pendanaan:

  1. Melakukan survey ke kantor dan/atau proyek Perusahaan
  2. Mendengar presentasi proyek Perusahaan atau pekerjaan yang membutuhkan pendanaan
  3. Melakukan interview kepada Perusahaan terkait permohonan pendanaan  
  4. Memberikan informasi terkait opsi dan proses pendanaan
  5. Mereview proposal dan memberikan masukan (bila perlu) terhadap proposal
  6. Menyerahkan proposal Perusahaan kepada Pendana
  7. Mendampingi Perusahaan dalam pertemuan dengan Pihak Pendana termasuk pertemuan dengan para marketing Pendana baik di luar kantor Pendana, kantor Pendana, kantor Perusahaan, lokasi proyek Perusahaan atau pertemuan on-line.
  8. Memberikan input kepada Perusahaan atas hasil pertemuan antara Perusahaan dan Pihak Pendana terkait proses pendanaan
  9. Me-review Kontrak Perjanjian Pendanaan antara Perusahaan dan Pendana

Biaya Jasa Konsultasi

Tentu, ada biaya jasa konsultasi pendanaan. Besar biaya ini tergantung pada jenis pekerjaan dan lokasi dari proyek atau usaha Anda. Biaya yang dibebankan oleh Konsultan kepada pemohon adalah biaya yang wajar.

Silahkan menghubungi kami bila Anda membutuhkan jasa konsultasi pendanaan untuk proyek atau usaha Anda.


Kontak: 0813-1141-8800


Copyright 2009-2020 putra-putri-indonesia.com


Berlangganan
Putra-Putri-Indonesia.com (Free)

Enter Your E-mail Address
Enter Your First Name (optional)
Then

Don't worry — your e-mail address is totally secure.
I promise to use it only to send you Putra-Putri-Indonesia.com.

Kontak Jasa Konsultasi Pendanaan
0813-1141-8800

Butuh Pendanaan Proyek?

Opsi Pendanaan Bagi Hasil (Profit Sharing)

Berpikir Logis dalam Bisnis