'Rahasia' Dibalik Kebiasaan Membaca Buku

Apa rahasia agar dapat memiliki kebiasaan membaca buku? Ini tidak mudah dijelaskan; hanya beberapa fakta yang bisa dikisahkan seperti yang saya yang alami, yang menjadi bagian dari proses pembentukan kebiasaan itu. Namun demikian, ada prinsip bagaimana kebiasaan ini muncul. Inilah akan saya coba sajikan di halaman ini.

Setiap kebiasaan berawal dari tindakan. Ini formulanya. Tidak ada kebiasaan muncul begitu saja tanpa melalui prinsip ini. Apakah itu kebiasaan baik atau buruk- itu selalu melalui formula sederhana: ide-tindakan-kebiasaan. Saya ulangi lagi, ide-tindakan-kebiasaan. Sederhana, bukan?

Awalnya adalah ide- membaca buku. Namun, ide saja tidak cukup. Ide harus diikuti oleh tindakan. Di sini banyak yang gagal. Siapa saja bisa menggulirkan ide, tetapi gagal melakukannya. Dan ini persoalan umum setiap orang. Ide bisa muncul di kepala, tetapi ide tidak selalu dapat dijabarkan.

Kita bisa tinggal serumah dengan orang yang memiliki kebiasaan (habit) membaca, tetapi itu tidak menarik minat kita. Keinginan bisa muncul, tetapi tak pernah berubah jadi tindakan.

Latihan untuk Memiliki
Kebiasaan Membaca

Ide kebiasaan (habit) membaca buku juga demikian; tanpa ada tindakan membaca tidak akan pernah kebiasaan muncul. Saya tidak punya jawaban bagaimana memiliki kebiasaan (habit) membaca. Kebiasaan (habit) membaca buku tidak dapat 'diwariskan' kepada orang lain. Namun, latihan sederhana ini barangkali bisa membantu Anda.

Pertama, Anda memahami bahwa membaca buku memberi keuntungan-keuntungan yang sangat berharga. Saya akan petik beberapa dari buku kuno.

Dengan membaca buku, Anda dapat memiliki keuntungan melebihi perak atau emas, Anda bisa menemukan sesuatu yang lebih berharga dari permata atau berlian, Anda bisa berumur panjang, Anda dapat memiliki kekayaan dan kehormatan.

Saya harus membuat catatan di sini bahwa kekayaan yang dimaksud tidak selalu bersifat materi. Banyak yang mempunyai kebiasaan membaca buku hidupnya tidak begitu makmur di mata manusia.

Keuntungan lain dari kebiasaan (habit) membaca buku adalah membuat Anda menjadi orang yang bijaksana. Anda dapat lebih bijaksana dari orang yang lebih tua.

Masih ada lagi- Anda dapat kelihatan awet muda. Membaca buku membuka peluang bagi Anda untuk dapat hidup seribu tahun.

Saya dapat membuat belasan manfaat lain dari membaca buku. Bila Anda memiliki kebiasaan (habit) membaca buku, ada peluang besar menjadi sosok yang berbeda dari manusia lainnya dalam arti yang positif.

Memiliki kebiasaan (habit) membaca buku butuh komitmen. Anda bisa memiliki minat membaca, tetapi belum tentu memiliki kebiasaan.

Bila Anda mau memiliki kebiasaan (habit) membaca,  mulailah membaca buku hari ini. Ambil buku, duduk dan baca minimal tiga puluh menit. Singkirkan jauh-jauh HP atau gadget Anda dari samping Anda.

Kebiasaan (habit) membaca dimulai dari sebuah tindakan membaca. Bila Anda berhasil melakukan pertama kali, Anda kemungkinan dapat melakukan kali kedua. Dan bila ini berhasil, Anda mungkin bisa melakukan kali ketiga. Dan bila Anda bisa lakukan ini sampai 21 hari pertama, besar kemungkinan Anda akan memiliki kebiasaan ini. Ini rahasianya.

Namun, tetaplah hati-hati ketika membaca buku. Membaca buku bisa juga membuat Anda menjadi manusia yang 'aneh'. Bagaimana itu bisa terjadi- ini sulit dipahami.

Renungan:

  • Buatlah rencana membaca buku selama 21 hari ke depan. Pilih satu buku yang ingin Anda baca. Mulailah membaca buku hari ini; lanjutkan besok hari; kemudian, baca lagi pada hari ketiga sampai pada hari ke-21. Cukup Anda sisihkan 30 menit setiap hari. Lihatlah hasilnya pada diri Anda setelah menyelesaikan proyek membaca buku Anda.

LINK TERKAIT

Pengalaman 'Meraih' Kebiasaan Membaca Buku

Kebiasaan Membaca Buku Sebagai Salah Satu Kunci Membangun Kota atau Negara


Copyright 2009-2018 putra-putri-indonesia.com


Berlangganan
Putra-Putri-Indonesia.com (Free)

Enter Your E-mail Address
Enter Your First Name (optional)
Then

Don't worry — your e-mail address is totally secure.
I promise to use it only to send you Putra-Putri-Indonesia.com.