Pengalaman Menulis di Internet

Pengalaman Menulis

Setiap orang punya kemampuan menulis. Muncul pertanyaan. Kapan bisa menulis dengan baik di internet? Memang dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat menulis tulisan yang relatif baik.

Bila Anda pemula, itu tidak terjadi dalam satu minggu. Mungkin perlu beberapa bulan bahkan bisa setahun. Itu tergantung dari seberapa serius Anda mau menulis dan memperbaiki tulisan Anda.

Yang diberi karunia-alami menulis mungkin membutuhkan waktu relatif lebih singkat dari pada orang yang tidak.


Menulis bisa dilakukan siapapun. Menulis bukanlah keahlian yang hanya dimiliki segelintir orang. Setiap orang bisa menulis sebuah kalimat. Tidak sulit menuliskan kata subjek, prediket, objek, kata keterangan waktu, keterangan tempat dan yang lain.

Membuat kalimat inversi atau berimprovisasi dalam kalimat adalah soal latihan. Tidak ada yang super sulit di sana. Yang dibutuhkan hanyalah latihan, latihan dan latihan dan terus belajar.  


Pengalaman Menulis Artikel Pertama Kali

Saya memulai debut dalam dunia tulis menulis saat saya masih berumur 30-an. Waktu itu saya sedang belajar pengetahuan yang kurang diminati banyak orang. Bagi saya, pengetahuan itu menarik dan ingin membagi apa yang saya dapat di kelas-kelas itu.

Saya coba menulis artikel pendek. Butuh waktu beberapa jam untuk dapat menulis sepertiga halaman itu. Saya baca, baca kembali, dan perbaiki artikelitu. Saya baca lagi, perbaiki sampai akhirnya artikel itu disebarkan ke komunitas saya.

Apakah tulisan saya dibaca orang atau tidak- saya tidak tahu. Seperti orang yang bicara di podium, ia tidak tahu apakah orang mendengar, menyimak atau melakukan apa yang ia sampaikan.

Saya mulai menulis di internet pada tahun 2008. Sempat juga saya menulis di beberapa hosting provider dengan biaya sewa yang murah sampai akhirnya menulis di situs putra-putri-indonesia.com pada akhir tahun 2009.

Sempat satu tahun saya alihkan pemeliharaannya kepada penyedia hosting (hosting provider).

Pengalaman Menulis


Tulisan Tampil di Halaman Pertama Google

Beberapa hari lalu, saya kembali mengelola situs ini. Banyak konten yang perlu di-update . Google menyukai situs yang terus di-udpate. Ia akan mengabaikan situs-situs yang tidak pernah diperbaharui.

Bukan hanya di-update, kontennya juga harus orisinil, bukan copi-an. Hanya dengan begitu Google mau menampilkan tulisan di halaman pertama. Sudah tentu, jutaan tulisan dengan topik yang mirip berebut tampil di halaman depan Google.

Dan Anda tahu berapa tulisan yang muncul? Hanya 10 postingan yang ditampilkan di halaman pertama; yang lain tampil di halaman kedua, ketiga dan seterusnya.

Sudah pasti ribuan bahkan jutaan postingan terbenam di dasar laut internet, yang tidak akan pernah nongol ke permukaan atau dibaca orang.

Google kata kunci berikut ini,

konsultan pajak bekasi,
konsultan pajak bsd',
jasa audit laporan keuangan,
kursus jahit cibubur,
mencegah stress,

Google akan menampilkan situs putra-putri-indonesia di halaman pertama, menyisihkan jutaan postingan yang berharap nongol di halaman pertama Google.

"Sempit jalan kepada kehidupan." Sempit jalan bagi tulisan dapat tampil di halaman depan Google.

Pengalaman Menulis


Pilih Hosting Provider yang Relatif Mahal

Menulis di internet sangat menantang. Komitmen, pengetahuan tentang kebenaran, dan gaya penulisan yang teratur dan menarik merupakan modal penting. Masih ada faktor lain yang membuat niat menulis bisa redup: uang untuk bayar sewa hosting.

Seperti kos-kosan, sewa hosting beragam- mulai dari hosting provider yang pakai 'kipas angin,' sampai dengan 'ber-ac.' Hosting provider pun ada yang di gang; ada yang di pinggir jalan besar.

Kalau Anda memilih hosting-an murahan, kemungkinan besar niat menulis akan berhenti. Pengunjung situs Anda hanya belasan orang.

Anda menginvestasikan waktu berjam-jam untuk menulis, tetapi yang membaca hanya belasan orang. Karena apa? Karena tulisan Anda tidak pernah muncul di halaman pertama Google.

Namun demikian, tulisan tidak harus tampil di halaman pertama Google baru kita mau menulis. Ini bukanlah motif utama. Bila terus berjuang, tulisan Anda mungkin akan dibaca ribuan bahkan ratusan ribu orang.

Bukan hanya itu saja, siapa tahu tulisan-tulisan Anda, yang kalau dikumpulkan menjadi buku, dapat dibaca orang yang hidup pada tahun 3030.             

Ini Rahasia Menjadi Penulis di Internet.




Menjadi penulis, dari mana memulai?

Mau menulis, tetapi belum tahu bagaimana memulai? Anda dapat membaca buku-buku tentang bagaimana menulis, yang dijual di toko-toko buku.



Copyright 2009-2020 putra-putri-indonesia.com


Berlangganan
Putra-Putri-Indonesia.com (Free)

Enter Your E-mail Address
Enter Your First Name (optional)
Then

Don't worry — your e-mail address is totally secure.
I promise to use it only to send you Putra-Putri-Indonesia.com.


Butuh Investor? Hubungi 0813-1141-8800