Pinjaman Tanpa Jaminan (Agunan), Perhatikan Persyaratannya

Pinjaman tanpa Jaminan

Salah satu bentuk pembiayaan usaha atau proyek yang mulai marak akhir-akhir ini di luar negeri adalah skema convertible note. Skema ini adalah berupa pinjaman. Investor akan meminjamkan dana kepada Anda selama 5 tahun misalnya dan Anda mengembalikan modal dan hasilnya pada 'due date' atau 'maturity date-nya.'

Bagi Anda yang sedang mengalami kesulitan untuk menjalankan atau mengembangkan usaha, opsi ini bisa dapat Anda pertimbangkan.

Tentu, skema ini kelihatan tidak beresiko bagi Anda. Resiko akan lebih berat pada Pendana atau Investor. Anda hanya diminta untuk mengembalikan modal dan hasilnya pada waktu jatuh tempo sesuai dengan kesepakatan, yang biasanya berdurasi 5 tahun.

Anda tidak diharuskan membayar bunga tiap bulan atau tiap tahun sehingga dana dari hasil usaha Anda dapat digunakan untuk menjalankan dan mengembangkan usaha Anda.

Persyaratan Pinjaman Tanpa Jaminan

Secara prinsip, persyaratan untuk mendapatkan skema ini adalah sama seperti opsi pendanaan lainnya.

  • Proposal
  • Data Pemasukan & Pengeluaran (Minimal 6 Bulan Terakhir)
  • Laporan Keuangan (Optional)
  • Rekening Koran
  • Legalitas Usaha

Proposal. Ada proposal lengkap. Anda menyajikan overview usaha atau proyek Anda, Rencana Anggaran Biaya, dan Revenue atau Cash Flow dalam waktu 5 tahun mendatang.

Ada evaluasi ekonomis termasuk indikator-indikator penting seperti Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), Break Even Poin (BEP), Return on Investment (ROI) dan Profitability Index (PI).

Data Pemasukan & Pengeluaran. Ada data pemasukan dan pengeluaran minimal 6 bulan terakhir. Ini mencakup bukti-bukti pemesanan produk atau jasa dan invoice. Ada data pengeluaran. Kalau ini belum ada, Anda belum memenuhi syarat untuk mengambil opsi ini; Anda harus memilih opsi lain.

Laporan Keuangan. Ini tidak mutlak, tetapi akan lebih baik ada laporan keuangan minimal yang bersifat internal. Kalau ini tidak ada, bisa muncul persepsi bahwa Anda tidak mengelola usaha dengan professional.

Bagi pendana-pendana yang berkelas, ini mutlak bahkan sampai meminta company profile kantor akuntan publik yang membuat laporan keuangan untuk melihat bonafiditas kantor akuntan publik tersbeut.

Rekening Koran. Minimal ada rekening koran 6 bulan terakhir. Semakin aktif transaksi Anda semakin baik persepsi pendana terhadap usaha Anda. Kalau rekening koran Anda tidak aktif, usaha Anda dianggap tidak 'qualified' untuk menerima pendanaan mereka.

Legalitas Usaha. Ini mutlak. Anda harus menyediakan dokumen-dokumen yang valid seperti akte pendirian, atau perubahan, SK Menteri Kehakiman dan HAM, surat keterangan domisili usaha, NPWP, NIB (Nomor Induk Berusaha), dan dokumen lainnya yang sesuai dengan natur usaha Anda.

Bila opsi pinjaman tanpa jaminan ini cocok untuk kondisi usaha Anda, silahkan menghubungi kami.



Kontak
0813-1141-8800 (WA)



Link Terkait:

Opsi-Opsi Pendanaan

Kriteria Proyek yang dapat Didanain


Copyright 2009-2022 putra-putri-indonesia.com


Berlangganan
Putra-Putri-Indonesia.com (Free)

Enter Your E-mail Address
Enter Your First Name (optional)
Then

Don't worry — your e-mail address is totally secure.
I promise to use it only to send you Putra-Putri-Indonesia.com.

Kontak
0813-1141-8800