Apa Rahasia Menjadi Kaya?

Rahasia Menjadi Kaya

Siapa yang tidak mau kaya? Bila Anda ditanya 'Apakah Anda mau kaya?', sangat besar peluang Anda akan menjawab 'ya.'

Mungkin Anda tidak berharap menjadi orang kaya amat seperti mempunyai uang Rp10 Miliar. Mempunya uang Rp5 Miliar saja mungkin Anda sudah senang.

Kalau Anda kaya banyak hal menjadi mudah. Urusan dapur tidak menjadi masalah. Gaya hidup bisa agak sedikit berbeda dari orang kebanyakan.

Anda dapat membeli makanan yang relatif baik kualitasnya- mencicipi buah anggur atau apel setiap hari; minum Yoghurt. Anda dapat makan di restoran yang relatif mahal, yang harga per porsi Rp250.000 misalnya.

Anda dapat membeli supplemen yang relatif mahal juga dan membeli rumah yang agak mewah.

Kalau Anda kaya, memulai usaha lebih enteng dikerjakan. Ada dana untuk menjalankan operasionalnya. Anda dengan mudah menyisihkan uang Rp100 juta.

Kalau gagal, Anda dapat mencoba lagi tanpa terlalu kuatir dari mana modalnya.

Jalan Menuju Orang Kaya

Yang sulit adalah bagaimana menjadi orang kaya? Jalan menuju orang kaya memang tidak mudah dan tak banyak yang tahu rahasia menjadi kaya.

Pepatah kuno mengatakan kerajinan adalah salah satu kuncinya. Siapa yang rajin dia akan kaya. Yang malas hanya bisa bermimpi jadi orang kaya dan ada juga rasa nikmatnya.

Orang mengumpulkan sedikit demi sedikit akan kaya; membeli mas satu gram setiap bulan misalnya.

Bila penghasilan bertambah atau usaha menuai sukses uang tidak dihambur-hamburkan seperti kenalan pebisnis yang dari Solo, yang membeli properti di mana-mana dan 36 unit mobil termasuk 2 mobil Porsche.

Kalau kita membaca kisah sukses orang kaya seperti Warren Buffett, ia berani berspekulasi. Ia berani mengambil resiko; tidak tinggal di zona aman. 'High risk high gain' begitu pepatah para orang sukses.

Ini bukan pilihan bagi orang yang hanya doyan berkhayal jadi orang kaya. Yang dipilih adalah adalah 'low risk high gain,' yang hanya ada dalam alam impian.

Tentu, masih ada cara lain menjadi kaya, yaitu dengan korupsi, memeras orang lain, mencuri atau apalah namanya yang merupakan turunan dari mencuri. Sudah pasti orang seperti ini tidak akan menghuni surga.

Rahasia Menjadi Kaya

Saya belum pernah bermimpi menjadi orang kaya seperti memiliki uang Rp10 Miliar atau Rp20 Miliar. Kalaupun pernah terlintas, yang terpikir adalah bagaimana uang itu bisa diinvestasikan membantu masyarakat seperti membangun sekolah.

Sekarang misalnya, saya masih berkhayal mau membangun sebuah sekolah unik seperti Plato Academy untuk melatih belasan orang setiap bulan agar hidup lebih baik.

Yang diajarkan hanya beberapa mata pelajaran seperti membaca, berpikir, mengarang, berhitung, berfilsafat, menggunakan alat musik atau bernyanyi dan olah raga.

Siapa Orang Kaya dan Rahasia Menjadi Kaya

Definisi saya tentang orang kaya mungkin tidak mudah diterima. Sampai sekarang inilah ciri-ciri orang kaya menurut saya. Pertama, orang yang sering berbuat baik.

Yang termasuk di sini adalah orang yang menghormati yang lebih tua, yang tidak mudah marah, yang tidak mengganggu isteri/suami orang, yang tidak mengambil milik orang lain, yang tidak menipu, dan yang tidak menginginkan milik orang.                                                     

Kedua, orang yang selalu dapat memberi. Pemberian tidak selalu harus dalam bentuk materi. Ini bisa saja memberikan tenaga, waktu, pemikiran, bantuan sesuai dengan kemampuannya.

Kalau ia memiliki anugerah banyak, ia tidak susah memberi bantuan uang kepada orang yang membutuhkan pada saat terdesak.

Ketiga, orang kaya adalah orang yang membagi-bagi kebenaran. Kalau ia dapat membagikan 'kabar baik' yang menentukan hidup mati seseorang- kekayaan orang ini lebih dari rata-rata menurut saya.

Ketiga orang inilah saya anggap orang kaya- selalu berbuat baik, mau memberi dan rela membagi harta termahal dalam hidupnya.

Inilah harta yang tidak akan hilang, yang tidak dapat dicuri orang lain dan yang akan tetap ada.

Kalau harta materi atau uang apalagi hanya ditumpuk dan tidak  diinvestasikan- tidak akan eksis selama-lamanya. Sebanyak apapun uang ditumpuk bisa tak ada artinya setelah mati.

Baik kalau kombinasi keduanya dalam keseimbangan selama hidup di dunia. Selain dapat membagi harta materi bisa juga memberikan harta rohani.

Rahasia Menjadi Kaya

Ketika Yesus hidup di dunia, Ia bukan hanya memberi roti hidup dan air hidup, tetapi juga memberi makan ribuan orang, menyembuhkan orang sakit dan membangkitkan orang mati.

Saya tidak yakin Yesus mempunyai rumah tipe 70 apalagi mempunyai kuda untuk transportasi di zamannya. Tempat untuk perjamuan paskah saja ia pinjam milik orang lain. Keledai yang Ia naikin saat mau  masuk ke Jerusalem juga milik orang lain.

Yesus tidak menumpuk harta materi. Ia berkata, "Carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu." ; prinsip yang menyejukkan didengar, tetapi tidak banyak yang percaya apalagi mau melakukannya.

Apakah Anda 'orang kaya?' Anda sendirilah yang menjawabnya.    


Dari Rahasia Menjadi Kaya ke Halaman Depan


Copyright 2009-2020 putra-putri-indonesia.com


Berlangganan
Putra-Putri-Indonesia.com (Free)

Enter Your E-mail Address
Enter Your First Name (optional)
Then

Don't worry — your e-mail address is totally secure.
I promise to use it only to send you Putra-Putri-Indonesia.com.

Kontak
0813-1141-8800
0813-1122-1148

Apa Itu Financial Freedom?

Bagaimana Mencegah Stress?

Apa yang Anda lakukan bila hari adalah hari terakhir Anda?

Butuh Pendanaan Proyek?