Mekanisme Pinjaman dari Luar Negeri

Mendapatkan pinjaman dari luar negeri adalah salah satu cara mendanai proyek atau usaha Anda. 

Bentuk pinjaman dari luar negeri bisa berupa pinjaman dengan menyewa kolateral dalam bentuk Bank Garansi; bisa juga pinjaman dengan membayar asuransi di depan. Saya akan bahas pinjaman dengan jaminan kolateral (Bank Garansi). 

Pinjaman dengan jaminan kolateral adalah salah satu bentuk yang umum. Kolateral dalam bentuk Bank Garansi ini menjadi jaminan dari pinjaman Anda.

Ini mirip mendapat pinjaman dari bank. Jaminannya adalah aset seperti rumah atau ruko. Pemberi pinjaman dari luar negeri juga membutuhkan kolateral sebagai jaminan pinjaman Anda dan Anda menyewa kolateral (Bank Garansi) ini.

Sebut saja Institusi Keuangan A sebagai pemberi pinjaman. Si A membutuhkan jaminan berupa kolateral.

Institusi keuangan A akan mencari penyedia kolateral yang sudah ia kenal atau sudah bekerjasama dengan mereka. Sebuat saja penyedia kolateral ini adalah si B. 

Sebelum permohonan pinjaman Anda disetujui, si A akan mempelajari apakah permohonan pinjaman Anda layak didanai atau tidak. Si A akan mempelajari business plan Anda- pinjaman digunakan untuk apa, bagaimana dana digunakan dan bagaimana proyeksi cash flow.

Misalnya Anda mau membangun rumah sakit, maka Anda memberikan rencana rinci kepada si A- rencana anggaran biaya, cash flow projection, kapan kembali modal (Break Even Point), dan parameter investasi lainnya.

Mereka juga mempelajari pemasukan Anda selama ini, nilai asset perusahaan Anda termasuk legalitas perusahaan, rekening koran, dan laporan keuangan. 

Bila permohonan pinjaman Anda layak diterima, maka si A akan menawarkan permohonan Anda kepada si B (Penyedia Kolateral). Si B juga akan mempelajari permohonan Anda. Bila mereka menerima, Anda akan diberikan penawaran. 

Mereka akan memberikan term sheet yang merupakan hal-hal  pokok yang akan dicantumkan dalam kontrak. Anda diberi waktu untuk mempelajari term sheet ini sampai Anda mengerti. Bila Ada yang tidak jelas atau kurang Anda pahami, Anda dapat bertanya dan mereka akan memberikan penjelasan. 

Bila Anda menyetujui penawaran mereka, Anda menandatangani term sheet tersebut. Bila Anda sudah menandatangani term sheet tersebut, Anda dianggap serius.

Untuk ini, Anda diminta membayar booking fee sebagai dasar untuk memproses selanjutnya. 

Besar booking fee bervariasi. Makin besar pinjaman Anda makin besar booking fee-nya. Biaya sewa kolateral juga bervariasi. Semakin besar nilai kolateralnya sewanya makin kecil.

Sewa kolateral biasanya adalah per tahun dan dapat diperpanjang setiap tahun. Bunga pinjaman juga makin kecil bila durasi pinjaman makin lama.

Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda persiapkan bila Anda mau mendapatkan pinjaman dari luar negeri.

Persyaratan Pinjaman dari Luar Negeri


Bila Anda membutuhkan jasa konsultasi pinjaman dari luar negeri, silahkan menghubungi kami.


Kontak: 0813-1141-8800

LINK TERKAIT

Persyaratan Pinjaman dari Luar Negeri

Resiko Mengambil Pinjaman dari Luar Negeri


Copyright 2009-2020 putra-putri-indonesia.com


Berlangganan
Putra-Putri-Indonesia.com (Free)

Enter Your E-mail Address
Enter Your First Name (optional)
Then

Don't worry — your e-mail address is totally secure.
I promise to use it only to send you Putra-Putri-Indonesia.com.

Kontak
0813-1141-8800

Butuh Pendanaan Proyek?



Mau Pasang Iklan