Resiko Mengambil Pinjaman dari
Luar Negeri

Pada halaman lain, saya sudah menulis tentang persyaratan pinjaman dari luar negeri. Anda perlu memastikan bahwa legalitas perusahaan Anda valid, ada Business Plan, laporan keuangan perusahaan diaudit oleh akuntan publik, tanah bersertifikat dan perizinan on-hand (untuk proyek dari nol), rekening koran yang aktif, sejumlah dana dan ada nyali.

Bila Anda menerima skema pinjaman dari luar negeri, itu sudah mengikat dan pinjaman hanya diberikan kalau ada jaminan. Jaminan bisa dalam bentuk Bank Guarantee (BG).

Seperti mau mendapatkan kredit, jaminannya adalah asset- rumah atau ruko. Pinjaman dari luar negeri juga menerapkan prinsip yang sama.

Setiap pinjaman tetap pakai jaminan dan dalam pinjaman dari luar, jaminannya adalah berupa kolateral atau BG.

Kalau Anda memiliki jaminan berupa kolateral, maka pemberi pinjaman (Lender) mau memberi pinjaman dengan asumsi proposal Anda feasible, doable dan profitable. 

Resiko Mengambil Pinjaman:
Jaminan (Kolateral)

Pemberi pinjaman biasanya membantu Anda mencari penyedia kolateral. Anda menyewa kolateral dengan bunga tertentu per tahun. Biasanya di kisaran 8 sampai dengan 10 % per tahun.

Ini tergantung dari besar nilai kolateral; makin besar nilai kolateralnya makin kecil bunganya dan ini akan dituangkan dalam kontrak Sewa Kolateral.

Anda juga harus menyiapkan deposit dengan sejumlah uang dalam mata uang asing (Euro atau US) setelah Anda menandatangani kontrak tersebut. 

Anda perlu memahami sekilas bagaimana kolateral (BG) ini dapat sampai ke tangan Anda lewat bank Anda.

Bila permohonan pinjaman Anda diterima dan Anda telah menandatangani kontrak sewa kolateral dan pinjaman dana, Anda akan menerima kolateral dengan memakai SWIFT dengan MT-760.

SWIFT adalah singkatan dari Society of Worlwide Interbank financial Telecommunication. Setiap bank mempunyai SWIFT dan masing-masing mempunyai kode tersendiri termasuk bank cabang. 

Bank di kota Klaten misalnya, mempunyai SWIFT dengan kode tertentu. Dengan SWIFT ini, bank dari luar negeri dapat mengirimkan kolateral (BG) kepada Anda lewat bank Anda. 

Namun, kolateral (BG) tersebut mungkin tidak langsung dikirim ke rekening Anda karena bank penerbit kolateral (The Issuing Bank) belum tentu mempunyai Relationship Management Application (RMA) dengan bank Anda.

Karena bank Anda tidak mempunyai RMA dengan The Issuing Bank, maka The Issuing Bank akan mencari intermediary atau corresponding bank di mana bank Anda sudah mempunyai RMA dengan corresponding bank itu

The Issuing Bank akan memberikan instruksi atau mengirimkan interbank communication ke bank Anda. The Issuing Bank meminta agar bank Anda memberikan RMA.

Artinya, bank Anda memberikan konfirmasi ke pihak pemberi kolateral bahwa bank Anda dapat menerima kolateral dari The Issuing Bank yang mempunyai RMA dengan corresponding bank. 

Tidak semua bank mempunyai RMA dengan The Issuing Bank. Bila Anda mempunyai rekening di BRI misalnya, BRI mungkin hanya mempunyai RMA dengan bank-bank besar di Eropa seperti Raiffeisen Bank International di Vienna atau Credit Suisse Bank di Geneva.

The Issuing Bank akan menerbitkan dan mengirimkan BG lewat intermediary atau corresponding bank kepada Anda lewat bank Anda. 

Karena bank Anda hanya mempunyai RMA dengan corresponding bank, maka bank ini dapat meneruskan BG itu kepada Anda lewat bank Anda. 

Bank Penerima BG Memiliki RMA dengan The Issuing Bank atau Intermediary Bank

Yang perlu diperhatikan adalah apakah bank Anda dapat menerbitkan konfirmasi tertulis bahwa bank Anda mempunyai RMA dengan bank-bank tertentu di luar negeri yang berfungsi sebagai intermediary bank bagi The issuing Bank.

Kalau Anda tidak mendapatkan konfirmasi tertulis ini, Anda lebih baik mengurungkan niat mengambil pinjaman dari luar negeri atau Anda bernegosiasi bahwa penyedia kolateral Anda tidak mengharuskan Anda memberikan konformasi tertulis tentang RMA.   

Penyedia kolateral kadang meminta konfirmasi tertulis ini dari Anda. Bila itu tidak dapat Anda sediakan sedangkan hal itu dituliskan dalam kontrak, transaksi Anda akan gagal.

Anda akan mengalami kerugian. Deposit Anda akan hangus. Jadi, berkonsultasilah dengan bank official Anda apakah Anda mungkin mendapatkan konfirmasi tertulis tentang RMA. 


Bila Anda membutuhkan jasa konsultasi pinjaman dri luar negeri, silahkan menghubung kami.

KONTAK: 0813-1141-8800



LINK TERKAIT:

Inilah Persyaratan Pinjaman dari Luar negeri

Bagaimana Mekanisme Pinjaman dari Luar Negeri


Copyright 2009-2020 putra-putri-indonesia.com


Berlangganan
Putra-Putri-Indonesia.com (Free)

Enter Your E-mail Address
Enter Your First Name (optional)
Then

Don't worry — your e-mail address is totally secure.
I promise to use it only to send you Putra-Putri-Indonesia.com.

KONTAK
0813-1141-8800

Opsi Pendanaan Bagi Hasil (Profit Sharing)