Bagaimana Pola Pikir Berubah?

Apakah pola pikir bisa berubah? Jawabannya: ya. Kerangka berpikir setiap orang sebenarnya berubah. Setiap hari informasi diserap dan sedikit banyaknya ini mempengaruhi 'mind-set' seseorang. Yang menjadi pertanyaan adalah ke arah manakah pola itu berubah?

Hanya ada dua arah perubahan mind-set: reformatif (positif) atau deformatif (negatif). Perubahan reformatif adalah perubahan mind-set yang menunjukkan tren reformatif. Artinya, perubahan itu makin lama makin baik. Pemikiran sehat semakin mengental, yang diikuti oleh perubahan sikap yang positif. Dalam konteks komunikasi, isi pembicaraan makin baik dari hari ke hari. Orang yang tadinya sering mengkritik, sekarang frekuensi kritiknya berkurang; nada kritiknya mulai berubah dari yang sarkastis menjadi sopan. Di lingkungan kantor misalnya, perubahan dapat dilihat  dengan munculnya rasa tanggungjawab terhadap pekerjaan; datang tepat waktu ke setiap pertemuan; waktu dihargai. Muncul kepedulian terhadap organisasi sekalipun status sebagai pekerja.

Perubahan reformatif bisa juga sampai menyentuh inisiatif. Ada dorongan untuk membuat perubahan dalam organisasi; tidak harus disuruh untuk melakukan sebuah perbaikan. Perubahan reformatif bisa juga sampai memiliki sikap tidak takut dipecat oleh organisasi bahkan tidak merebut jabatan untuk kepentingan sendiri. Ia memberikan kinerja baik sekalipun organisasi kurang menghargainya. Dengan kata lain, tindakan dan sikapnya tidak didikte oleh hal-hal yang bersifat materi, jabatan atau populeritas.  

Perubahan yang deformatif sebaliknya, adalah perubahan yang menuju hal yang tidak baik. Tren perubahan makin lama makin negatif. Misalnya, orang suka bicara tapi tidak diikuti oleh usaha untuk melakukan apa yang ia katakan. Orang yang tadinya senang berdebat, sekarang cenderung berdebat dengan emosi yang berlebihan. Yang tadinya semangat ketika datang ke kantor, motivasinya berkurang. Kinerja makin lama makin menurun dan makin sering mengeluh. Tindakan-tindakan buruk sering dipertontonkan dan ujung-ujungnya suka melakukan tindakan-tindakan anarkis dan menggunakan phisik untuk meminta kenaikan upah atau fasilitas tambahan dari kantor. Muncul sikap yang sulit diajar, sulit mendengar orang lain, sulit berkomunikasi, memilih sikap yang-mau-menang-sendiri, tidak mau mendengar nasihat, selalu menyalahkan orang lain tanpa bukti yang autentik, tidak tahan mendengar kritik.

Bagaimana agar pola pikir berubah ke arah yang reformatif?

Salah satu pra-syarat adalah masuknya informasi-informasi yang baik atau pemikiran sehat ke dalam pikiran. Infomasi yang baik ini akan memicu pertarungan dalam pikiran- antara pemikiran yang baru dan pemikiran yang lama. Bila pemikiran lama adalah pemikiran yang buruk, pemikiran ini bisa tergusur oleh pemikiran baru. Namun, ini tidak selalu terjadi; bisa juga pemikiran lama tetap bertahan dan pemikiran baru tersingkir. Yang jelas, pemikiran yang baik dan baru tidak selalu diterima dalam sekejap sekalipun bisa juga terjadi secara radikal.

Pendidikan bagus adalah salah satu wadah terbaik untuk menghadirkan perubahan pola pikir yang reformatif.

Aktifitas yang memberikan pemikiran-pemikiran positif bagi pikiran sangat penting untuk merangsang munculnya perubahan yang reformatif. Pendidikan adalah salah satu wadahnya- mulai dari senang membaca, mengikuti pelatihan, terlibat dalam diskusi sehat, menonton film-film yang bagus dan mendengar pidato-pidato yang menginspirasi.

Dakam konteks dunia kerja, memberikan pendidikan atau pelatihan merupakan tugas dari Top Management. Pekerja mendapat pendidikan, training atau program-program yang membangun pikiran.  Inilah salah satu elemen terpenting yang harus ada bila kita mengharapkan munculnya perubahan pola pikir reformatif dalam diri Anda ataupun orang lain. Lewat pendidikan ada kemungkinan perubahan 'mind-set' ke arah positif dalam diri seseorang. Ini baru langkah pertama saja. Masih ada faktor X dalam proses perubahan kerangka berpikir. Apakah faktor X ini?


Butuh Seminar Mindset: Habits of the Mind &
Thinking with Six Hats? Hubungi kami di:
021-8430-3041; 0813-1141-8800

PEMBICARA: JUDIKA MALAU
TRAINING PROVIDER: BUSINESS EXCELLENCE LUMINANCE
E-MAIL: info@business-excellence-luminance.co.id


Link Terkait

Kerangka Berpikir Sebagai Fondasi Seluruh Tindakan Kita


Asal-Usul Kebiasaan Mengkritik

Bagaimana Pola Pikir Terbentuk?

Bagaimana Mindset Berubah?

Faktor X dalam Proses Perubahan Pola (Kerangka) Pikir

Tips Merubah Mind Set


Mata Kuliah Filsafat: 'Nutrisi' untuk Pikiran


Melatih Pikiran dengan Membaca

Kekuatan Berpikir Negatif (Kritis)

Tips Mengurangi Kebiasaan Mengkritik

Delapan (8) Tips Mencegah Stress Berlebihan


Copyright 2009-2016 putra-putri-indonesia.com


Berlangganan
Putra-Putri-Indonesia.com (Free)

Enter Your E-mail Address
Enter Your First Name (optional)
Then

Don't worry — your e-mail address is totally secure.
I promise to use it only to send you Putra-Putri-Indonesia.com.

PELATIHAN

Habits of the Mind

Thinking with Six Hats

Mastering Emotion

KONTAK
021-8430-3041
0813-1141-8800