Bagaimana Pola Pikir Berubah?

Bagaimana pola pikir berubah? Ini hal yang misterius. Tidak banyak yang dapat diketahui bagaimana perubahan ini terjadi dalam diri seseorang. Yang dapat dilihat adalah dampak dari perubahan itu. Dengan kata lain, bagaimana orang berkata-kata dan bertindak dalam kehidupannya sehari-hari- ini merupakan wujud dari perubahan mind-set yang terjadi. Namun, bagaimana perubahan itu terjadi- ini tetap misteri.

Arah perubahan mind-set itu hanya dua: reformatif (baik) atau deformatif (buruk). Perubahan yang reformatif adalah perubahan mind-set yang menunjukkan tren reformatif; makin lama makin kelihatan buah-buah yang baik dari kehidupan seseorang. Misalnya, yang tadinya mudah tersinggung, sekarang tidak  gampang tersinggung; yang tadinya suka marah, sekarang tidak sering marah; yang tadinya banyak bicara tanpa tindakan, sekarang ada keseimbangan antara ucapan dan tindakan; yang tadinya suka iri, sekarang tidak; yang tadinya bicara kasar, sekarang bicara sopan; yang tadinya sering terlambat, sekarang selalu datang on-time pada setiap pertemuan; yang tadinya takut dipecat, sekarang tidak takut dipecat; yang tadinya pengecut, sekarang jadi pemberani; yang tadinya malas kerja, sekarang rajin; yang tadinya ingin mengejar jabatan, sekarang ingin melayani; yang tadinya hanya mau untung, sekarang mau berbagi dan tidak takut rugi.

Sebaliknya, perubahan yang deformatif adalah perubahan yang menuju hal yang buruk. Tren perubahan menuju pembusukan baik dalam pemikiran, ucapan dan tindakan. Misalnya, yang tadinya orang suka bicara, sekarang makin suka bicara tanpa tindakan; yang tadinya senang berdebat, sekarang cenderung berdebat dengan emosi yang berlebihan; yang tadinya semangat kerja, sekarang motivasi berkurang; yang tadinya rajin kerja, sekarang malas kerja; yang tadinya sering bersyukur, sekarang sering mengeluh.

Fenoma perubahan yang deformatif ini juga bisa mengambil bentuk seperti suka membantah, sulit menerima nasihat, sulit mendengar orang lain, sulit berkomunikasi, memilih sikap mau-menang-sendiri, selalu menyalahkan orang lain, tidak tahan mendengar kritik dan lain-lain.

Apa Pra-syarat Perubahan Pola Pikir
yang Reformatif?

Banyak pra-syarat agar terjadi perubahan yang reformatif. Salah satu pra-syarat adalah masuknya informasi-informasi yang baik ke dalam pikiran. Dengan kata lain, pemikiran baik masuk ke dalam pikiran. Infomasi-yang-baik ini tentu tidak langsung mendapat sambutan yang hangat dari penghuni-pikiran yang lama. Muncul persaingan antara pemikiran-yang-baru dan pemikiran-yang-lama. Kedua belah pihak saling adu kekuatan dan selalu berusaha untuk menempati ruang-ruang kosong dalam pikiran. Bila ruang itu ternyata sudah dikuasai pemikiran-lama, pemikiran baru akan menggunakan segenap kekuatannya untuk mengusir penghuni lama. Sebaliknya, bila penghuni lama terusik dan terganggu, ia akan berusaha sekuat mungkin untuk mempertahankan wilayahnya selama mungkin di pikiran; ia tidak akan menyerahkan wilayah kekuasaannya begitu saja kepada penghuni baru (pemikiran-baik baru).

Bila memang sudah waktunya, pemikiran-buruk bisa tergusur oleh pemikiran baik. Dan bila informasi-informasi baik terus diberikan kepada pikiran, pemikiran buruk lama-lama bisa tersingkir. Bila sudah tersingkir, ia akan tetap mengintai dan mengintip kapan waktu yang baik untuk bisa masuk kembali ke dalam pikiran.

Namun, proses perubahan reformatif tidak selalu terjadi. Bisa juga pemikiran lama tetap bertahan dan pemikiran baru ditolak. Benteng pemikiran buruk sudah begitu kokoh sehingga pemikiran baik harus menunggu waktu yang lama agar bisa menyelinap secara perlahan atau tiba-tiba masuk karena ada keajaiban. Jadi, pemikiran yang baik tidak selalu diterima pikiran. Jadi, jangan heran kalau Anda melihat perubahan yang terjadi pada seseorang; yang tadinya baik dan Anda kagum kepadanya, sekarang Anda geleng-geleng kepala melihat kehidupannya yang menyedihkan atau Anda kagum pada orang yang tadinya Anda pikir tidak berguna, sekarang diam-diam Anda kagum atas perubahan-baik yang terjadi pada dirinya. Ada misteri di balik perubahan pola pikir. (JM)


SEMINAR: PARADIGM CHANGE
KONTAK: 0813-1141-8800; 0813-1122-1148


Link Terkait

Kerangka Berpikir Sebagai Fondasi Seluruh Tindakan Kita


Bagaimana Pola Pikir Terbentuk?

Bagaimana Mindset Berubah?

Faktor X dalam Proses Perubahan Pola (Kerangka) Pikir

Tips Merubah Mind Set


Mata Kuliah Filsafat: Mungkinkah Diberikan kepada Mahasiswa?


Melatih Pikiran dengan Membaca

Kekuatan Berpikir Negatif (Kritis)

Tips Mengurangi Kebiasaan Mengkritik

Delapan (8) Tips Mencegah Stress Berlebihan


Copyright 2009-2017 putra-putri-indonesia.com


Berlangganan
Putra-Putri-Indonesia.com (Free)

Enter Your E-mail Address
Enter Your First Name (optional)
Then

Don't worry — your e-mail address is totally secure.
I promise to use it only to send you Putra-Putri-Indonesia.com.

PELATIHAN

Habits of the Mind

Thinking with Six Hats


KONTAK
0813-1141-8800

Bagaimana Mewujudkan Revolusi Mental?

Dari Mana Memulai Reformasi Birokrasi?